• Editor

Knalpot Yoshimura Hepta Force TSS untuk Kawasaki ZX-25R Sudah Beredar di Toko Online

Didesain untuk balap, perhatikan tingkat kebisingan suara dan anjuran dari Yoshimura sebelum memasangnya.

OTOPLUS-ONLINE I Yoshimura Japan merilis knalpot full racing untuk Kawasaki ZX-25R dengan label Hepta Force TSS.


Hasil dyno test yang dilakukan Yoshimura menunjukkan ada peningkatan tenaga dibanding knalpot bawaan ZX-25R.


Dari grafik power curve hasil pengujian dyno tersebut menunjukkan kenaikan power dan torsi mulai terlihat setelah 7000 rpm hingga 12000 rpm.


Baca juga: Riding Impression Kawasaki Ninja ZX-25R (1): Bagaimana Rasanya untuk Pemakaian Sehari-hari?



Yoshimura juga memberikan catatan, bahwa layout pipa knalpot ini didesain untuk balap, dan direkomendasikan digunakan dengan radiator berukuran lebih besar, atau oil cooler tambahan.


Selain itu juga ada catatan bahwa penggantian filter oli tidak mungkin dilakukan saat memasang knalpot ini. Juga disarankan untuk memastikan apakah tingkat kebisingan suara knalpot ini sesuai dengan regulasi balap.


Yoshimura memberikan catatan knalpot dengan bahan utama stainless steel (ada juga berbahan titanium) ini memiliki tingkat kebisingan 104dB (desibel) saat diukur pada 7.750 rpm.


Baca juga: Riding Impression Kawasaki Ninja ZX-25R (2): Pengendalian dan Karakter Suspensi


Secara tampilan, Hepta Force TSS hadir dengan desain silencer lebih pendek, dengan finishing carbon fiber pada ujungnya.


Dari sumber lain (young-machine.com) kami juga mendapat data lain, bahwa perbedaan paling signifikan antara Hepta Force TSS dengan knalpot bawaan ZX-25R adalah bobot jauh lebih ringan.


Knalpot bawaan ZX-25R punya bobot 8,6 Kg, sementara Hepta Force TSS (versi titanium) hanya 3,7 kg.


Baca juga: Riding Impression Kawasaki Ninja ZX-25R (3 - Habis): Karakter Mesin dan Performa


Sementara untuk versi stainless steel, bobot Hepta Force TSS adalah 5,1 Kg untuk model dengan cover silencer warna satin, dan untuk model dengan cover silencer warna biru titanium adalah 4,9 kg.

Yoshimura merilis knalpot ini pada akhir Juni 2021 lalu, dan sekarang sudah beredar di toko online seperti Tokopedia atau Shopee dengan harga kisaran Rp18.450.000 - Rp23.580.000 (pre order).


Teks: Indramawan

Foto: Yoshimura Japan