• Editor

Komparasi All New CB150R StreetFire dengan CB150R Generasi Sebelumnya

Naim Muhdori dari Technical Service Development MPM Honda Jatim mengungkapkan, setidaknya ada 6 titik perubahan pada tampilan generasi keempat CB150R tersebut.

OTOPLUS-ONLINE I PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mengadakan workshop untuk para jurnalis yang mengupas teknologi All New Honda CB150R StreetFire.

Jurnalis diajak mengupas teknologi All New Honda CB150R StreetFire.


Naim Muhdori dari Technical Service Development MPM Honda Jatim mengungkapkan kalau setidaknya ada 6 titik perubahan pada tampilan generasi keempat CB150R tersebut.


Baca juga: All New CB150R Streetfire Resmi Diluncurkan di Jatim dan NTT


Mencakup penggunaan sok depan inverted (upside down) tipe SFF BP, setang baru berikut holder-nya, tangki yang kini menggamit model kondom, pelek dengan desain baru berbentuk huruf Y, panel meter, posisi ignition switch baru sampai end tail pipe cap baru.

Jurnalis diajak membandingkan dan merasakan perbedaan generasi ketiga dan keempat CB150R secara langsung


Selain itu pengembangan juga menjamah ke sektor mesin dengan perubahan pada mapping ECM (Electronic Control Module), radiator berukuran lebih besar sampai ditanggalkannya kick starter.


Baca juga: All New CB150R Streetfire Alami Evaluasi Desain Tampil Mirip Moge


Perubahan-perubahan itu tentunya berdampak pada perubahan ergonomi berkendara, karakter pengendalian serta performa.

Untuk merasakan perubahan tersebut para jurnalis diajak mencobanya secara langsung dan membandingkannya dengan CB150R generasi sebelumnya yang juga disediakan.

OTOPLUS ONLINE merasakan secara langsung karakter dan performanya


Dengan setang baru yang posisinya lebih tinggi dan lebar, OTOPLUS ONLINE merasakan posisi berkendaranya lebih santai tidak merunduk seperti sebelumnya.

Sok depan model inverted lebih progresif dipadu pelek desain baru yang lebih enteng


Didukung dengan jok yang lebih lebar sehingga nyaman diduduki saat perjalanan jauh. Ketinggian jok dan ground clearance masing-masing terpangkas sebanyak 2 mm dan 5 mm.

Handle holder terlihat menjulang, dilengkapi tapper untuk meredam getaran


Pengendara jadi lebih mudah menapakkan kaki ke tanah. “Posisi berkendara ini lebih nyaman dan tidak lekas capek saat riding,” tukas Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim di sela acara yang diadakan di MPM Learning Center, Sedati, Sidoarjo 3 Juni 2021 lalu.

Kick starter ditanggalkan di generasi terbaru


Absennya kick starter serta aplikasi pelek dengan desain baru yang lebih ringan berhasil memangkas bobot keseluruhan sekitar 1 kilogram.


Baca juga: Test Ride All New CB150R StreetFire: Jajal Fitur Andalan Fork Upside Down dan Handlebar


Terlihat tidak signifikan namun jika dipadu dengan setang lebih lebar dan bodi tangki lebih besar sehingga enak diapit jelas membuat pengendaliannya semakin ringan.

Kalau sebelumnya dari plat besi, tangki All New CB150R menggunakan kondom plastik


Hal itu kami rasakan ketika mencobanya memindahkan bobot secara mendadak untuk bermanuver di lintasan safety riding course milik MPM Honda Jatim.

Panel meter lebih lengkap dengan posisi indikator gigi, jarak tempuh bahan bakar saat ini, konsumsi bahan bakar rata-rata


Dari perubahan itu jelas kalau Honda menyiapkan CB150R sebagai motor cruiser. Itulah yang menjadi alasan memasang radiator lebih lebar 20 mm dibandingkan generasi sebelumnya.

Generasi terbaru mengadopsi gir sproket dengan 6 baut pengunci


Mapping ECM juga mengubah karakter mesin dari yang tadinya menghentak sejak putaran bawah jadi lebih kalem namun memiliki sebaran tenaga lebih merata di semua rentang rpm. Limpahan tenaga dari mesin 4 katup berpendingin cairan ini terasa membuncah pada 7.000-9.000 rpm.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Hendra Sonie