• Editor

Kronologi dan Analisa Kecelakaan yang Tewaskan Hugo Millan di European Talent Cup Aragon

"Kalau dilihat dari hasil kualifikasi, ada banyak sekali pembalap yang ikut di kelas European Talent Cup ini. Kurang lebih ada 40-an pembalap..." (Gerry Salim - Pembalap Honda Asia Dream Racing).

Hugo Millan Gracia meninggal pada usia 14 tahun setelah insiden kecelakaan di putaran ke-5 European Talent Cup Race One di MotorLand Aragón (Minggu, 25 Juli 2021) kemarin.


OTOPLUS-ONLINE I Meninggalnya pembalap muda berbakat asal Spanyol, Hugo Millán (14 tahun) mengundang simpati dari insan balap dunia.


Selain Marc Marquez, dan Alvaro Bautista, pembalap tim Honda Asia Dream Racing, Gerry Salim pun mengaku sangat bersedih atas kejadian ini.


Secara khusus, kepada OTOPLUS-ONLINE, Gerry turut mengomentari bahwa insiden kecelakaan yang dialami Hugo Millán ini adalah murni kecelakaan.


"Memang dalam balap, insiden seperti ini kadang tidak dapat dihindari," kata Gerry yang pada musim 2021 ini berlaga di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) Asia Superbike (ASB) 1000 ini.


Gerry pun kemudian menunjukkan potongan rekaman video amatir insiden kecelakaan yang terjadi di putaran ke-5 European Talent Cup Race One di MotorLand Aragón (Minggu, 25 Juli 2021) kemarin.


"Gerry tidak tahu pada lap berapa insiden itu terjadi, tapi yang jelas saat kejadian itu pembalap sedang bergerombol banyak sekali. Jadi mungkin saja di lap-lap awal," tutur pembalap Surabaya kelahiran 19 April 1997 ini.


Gerry sendiri telah malang melintang di kejuaraan dunia seperti Asia Dream Cup (2013), All Japan Championship (2014 - 2015), Asia Talent Cup (2015), Asia Road Racing Championship SuperSport 600cc (2016) dan Asia Road Racing Championship AP 250cc, termasuk FIM CEV Moto3 Junior World Championship dan Red Bull Rookies Cup (2018), FIM CEV Moto2 (2019).

Detik-detik terjadinya insiden kecelakaan yang menewaskan Hugo Millán.


Ya, seperti terlihat pada foto hasil capture video tersebut tampak saat memasuki tikungan itu, Millán sedang bertarung di barisan depan, tepatnya di posisi keempat. Ketika rombongan terdepan ini keluar dari tikungan 5, tiba-tiba roda belakang motor Millán tampak sliding, hingga melemparkan tubuhnya dari motor.


Beberapa pembalap di rombongan terdepan yang berada di belakang Millán pun berhasil menghindar.


Sementara Millán yang tampak menyadari posisinya berada dalam bahaya karena tepat berada di jalur keluar tikungan, mencoba menyelamatkan diri keluar dari lintasan.


Sayang rombongan kedua yang datang kemudian, tidak melihat dengan jelas Millan yang sedang merangkak keluar lintasan.


Seketika itu juga, rombongan pembalap ini berhamburan menghindar. Sayang ada seorang pembalap yang tepat berada di jalur di mana Millan sedang mencoba berdiri.


Akibatnya insiden pun tak terelakkan lagi. Millan ditabrak dari belakang dengan kecepatan tinggi hingga tubuh kedua pembalap tersebut terpelanting dan tergeletak ke aspal.


Dari keterangan yang didapatkan dari situs resmi fimcevrepsol.com, setelah kejadian itu bendera merah sebagai tanda balap dihentikan langsung dikibarkan.


Kendaraan medis langsung tiba di lokasi kejadian, untuk melakukan pertolongan pertama sebelum upaya memindahkannya ke fasilitas pusat medis yang ada di sirkuit.


Meski upaya penyelamatan terbaik telaj dilakukan oleh staf medis yang ada di sirkuit, namun akhirnya pusat medis yang ada di sirkuit MotorLand Aragon mengumumkan bahwa Millán meninggal dunia akibat cedera yang dialaminya.


Menanggapi terjadinya insiden kecelakaan ini, Gerry mengatakan, "Pada kondisi bergerombol seperti ini, apalagi ketika keluar tikungan di mana pembalap pada buka gas dengan kecepatan tinggi, Gerry yakin pembalap tidak dapat melihat dengan jelas meskipun bendera merah atau kuning dikibarkan."

Apalagi menurut Gerry, European Talent Cup ini diikuti banyak sekali pembalap. "Gerry tidak tahu pasti jumlahnya, tapi kalau dilihat dari hasil kualifikasi, kurang lebih ada 40-an pembalap yang ikut ambil bagian," lanjutnya.


Pada starting grid atau urutan posisi start pembalap ini terlihat Hugo Millán menempati urutan ke-2 dari 38 pembalap yang start di European Talent Cup Race One


Dan memang benar. Hasil penelusuran OTOPLUS-ONLINE di situs resmi FIM CEV Repsol, kejuaraan tahun 2021 ini diikuti 56 peserta! Sementara dari starting grid putaran ke-5 European Talent Cup Race One di MotorLand Aragón (Minggu, 25 Juli 2021) kemarin, tercatat ada 38 pembalap yang ikut start.


Dari hasil balap European Talent Cup Race One ini tertulis nama pembalap yang retired (tidak dapat meneruskan balap) adalah Hugo Millán Gracia (#44), dan Oleg Maximilian Pawelec (#5) asal Polandia dari tim Wojcik Junior Racing Team. Dari sini kemungkinan Oleg Maximilian inilah yang menabrak Hugo Millán.


Apakah jumlah pembalap yang terlalu banyak ini akan mendapat perhatian dari FIM? Tentu masih dibutuhkan investigasi lebih lanjut.

Millán berada pada musim terbaiknya sejauh ini di kejuaraan FIM CEV Repsol, dengan keberhasilannya meraih beberapa podium, yang menempatkannya pada posisi puncak klasemen sementara.


Untuk itu federasi balap motor dunia, FIM, FIM Europe, Dorna (selaku penyelenggara) dan pihak MotorLand Aragón Circuit menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada keluarga, sahabat, tim dan orang-orang terkasih dari mendiang.


Baca juga: Jason Dupasquier, Pembalap Moto3 Meninggal Dunia


Selamat jalan SUPER HUGO!!!


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com