• Editor

Kunci Immobilizer Hilang? Tenang, Bisa Dibuatkan Baru & Aman Kok

Jasa Pembuatan & Duplikasi Kunci Immobilizer Langganan Dealer & Showroom Mobil

Ada yang menarik ketika OTOPLUS-ONLINE melintas di pusat penjualan spare parts dan aksesori mobil di kawasan Kedungdoro, Surabaya. Di situ ada spesialis pembuat dan duplikasi kunci mobil immobilizer! Tentu ini sangat menarik. Sebab ada anggapan, jika seluruh kunci immobilizer hilang, maka Anda harus mengganti ECU (Electronic Control Unit) pada mobil, yang harganya belasan juta rupiah, dan juga satu set rumah dan anak kunci yang berharga jutaan rupiah!

Kunci anti-maling immobilizer ternyata bisa diduplikasi atau dibuatkan baru ketika hilang.

Ada juga anggapan, kalau kunci canggih anti-maling ini sampai hilang, maka cuma dealer resmi yang bisa membuat penggantinya.


“Justru salah satu langganan kami adalah dealer atau showroom mobil,” enteng Andrianto (38 tahun) dari Mira Variasi Immobilizer Key Specialist yang menawarkan jasa pembuatan atau duplikasi kunci immobilizer, dan biasa mangkal di kawasan Kedungdoro.


Bagi dealer dan showroom mobil bekas, kelengkapan kunci immobilizer ini sangat penting untuk menjaga harga jual dagangannya tinggi. Sebab ketika konsumen membeli mobil baru di dealer resmi, dia mendapatkan 1 kunci immobilizer utama, dan 1 atau 2 kunci cadangan. Nah ketika dijual seken, kadang mobil tersebut hilang kunci cadangannya.

Microchip salah satu komponen penting, tidak bisa didapatkan begitu saja.

“Karena itu biasanya dealer atau showroom mobil menggandakan kunci immobilizer. Jadi konsumennya bisa puas dan tak was-was ketika kunci utama hilang,” sergah Andri.


Selain melayani showroom mobil, Andri juga terima pembuatan kunci cadangan immobilizer dari pemilik mobil, atau juga kunci baru kalau kunci immobilizer yang asli hilang.


“Biaya bikin kunci baru lebih mahal ketimbang kalau cuma menggandakan. Tiap mobil biaya beda tergantung merek, tipe dan tingkat kesulitan pengerjaannya,” tutur Andri yang kasih kisaran Rp 1,5 juta untuk duplikat kunci immobilizer Honda Jazz, dan Rp 5 juta untuk bikin kunci baru.

Andrianto (38 tahun) dari Mira Variasi Immobilizer Key Specialist.

Meski menggiurkan, namun Andri mengaku tak begitu saja menerima order pembuatan atau duplikasi kunci immobilizer ini. “Syaratnya, harus bisa menunjukkan kartu identitas berupa KTP atau SIM, dan STNK yang sesuai. Kecuali kalau sudah saling kenal atau langganan. Ini penting untuk menghindari penyalahgunaan atau pencurian mobil,” jelas Andri.


Komunitas Pembuat Kunci

Pelatihan kepada masyarakat yang ingin berprofesi sebagai tukang pembuat kunci atau locksmith.

Tak hanya konsumen yang harus jelas identitasnya. Si tukang pembuat kunci immobilizer seperti dirinya pun tak bisa seenaknya kulakan komponen yang dibutuhkan, seperti microchip.


“Hanya anggota komunitas pembuat kunci immobilizer yang dilayani. Ini penting untuk menghindari penyalahgunaan,” tutur Andri sambil menyebut nama toko dan lokasinya. Kebetulan tidak jauh dari tempatnya mangkal.

Melayani pembuatan dan duplikasi kunci immobilizer mobil Jepang dan Eropa berbagai merek dan tipe.

Singlock. Itulah nama toko yang disebut Andri. Letaknya tak jauh dari perempatan jalan dan traffic lights tempat dia mangkal. OTOPLUS-ONLINE pun segera menghampiri laki-laki yang duduk di dalam toko. Ternyata dia adalah si pemilik.

mesin potong untuk membentuk anak kunci, baik otomatis maupun manual ada.

“Di Singlock ini kami tak hanya melayani pembuatan dan duplikasi kunci immobilizer, tapi juga menjual komponen-komponennya,” jelas Sugondo, nama pemilik CV Singlock.


Untuk itu mereka memiliki mesin scanner untuk memprogram microchip pada kepala kunci supaya dikenali oleh ECU pada mobil, dan mesin potong untuk membentuk anak kunci, baik yang otomatis maupun manual pun ada.



Mesin scanner untuk memprogram microchip pada kepala kunci supaya dikenali oleh ECU pada mobil,

Tak hanya itu saja, bahkan mereka pun memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ingin berprofesi sebagai tukang pembuat kunci atau locksmith.

Sugondo, pemilik CV Singlock mengantongi sertifikat dari ShenZhen Xtool Tech Co LTD (manufaktur peralatan scanners dan diagnostic tools untuk mobil asal Cina) sebagai General Distributor di Indonesia.

Nah mereka-mereka inilah yang kemudian diwadahi dalam satu komunitas, yakni Indonesia Locksmith Group. “Kami hanya melayani pembelian komponen pada anggota komunitas ini. Jadi, sangat kecil kemungkinan terjadi penyalahgunaan, meskipun anggota kami tersebar ke seluruh pelosok Tanah Air,” yakin Sugondo yang telah mengantongi sertifikat dari ShenZhen Xtool Tech Co LTD (manufaktur peralatan scanners dan diagnostic tools untuk mobil asal Cina) sebagai General Distributor di Indonesia.


CV Singlock

Jalan Kedungdoro No. 82A, Surabaya 60261

HP: 081 233 237 426

Email: singlockind@gmail.com

Website: singlockindonesia.com


Naskah: Indramawan

Foto: Indramawan, SINGLOCK for OTOPLUS-ONLINE


© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.