• Editor

Layanan Bodi dan Cat Auto2000 Menerima Semua Merek


Pelanggan tidak harus datang ke Auto2000 Kenjeran untuk mendapatkan layanan Bodi & Cat. Layanan penerimaan order juga bisa dilakukan di semua cabang Auto2000 atau memanfaatkan layanan antar jemput.

Selama bulan November, layanan Bodi & Cat Auto2000 menggelar promo yang dinamai Kilau Sempurna Body Paint Auto2000. Promo berupa potongan harga jasa perbaikan bodi sebesar Rp 300 ribu akan diberikan bagi pelanggan yang bertransaksi minimal Rp 1,5 juta untuk perbaikan dan perawatan bodi.

  • Menerima perbaikan kerusakan ringan, seperti ganti kaca yang pecah.

Sementara khusus bagi pelanggan asuransi akan mendapatkan potongan harga dengan klaim minimal sebesar Rp 3,5 juta. Pembayarannya bahkan bisa diangsur dengan cicilan bunga 0%. Melengkapi promo yang ditawarkan, layanan Bodi & Cat Auto2000 juga memberikan potongan harga 5% untuk bermacam spare part pilihan.

  • Hingga kerusakan berat akibat kecelakaan.

Untuk gambaran, biaya pengecatan total (sebelum PPN) di bengkel Bodi & Cat Auto2000 yaitu Rp 7 juta (Toyota Agya), Rp 10,4 juta (Toyota Avanza), Rp 11,8 juta (Toyota Kijang Innova) dan Rp 17 juta (Toyota Fortuner).

  • Untuk kepuasan pelanggan seluruh proses pengerjaan baik perbaikan bodi maupun pengecatan telah terstandarisasi baik kualitas, bahan yang digunakan bahkan estimasi waktu pengerjaan.

Di Surabaya, layanan Bodi & Cat tersedia di Auto2000 Kenjeran. Layanan perbaikan yang ditawarkan mulai perbaikan kerusakan ringan contohnya baret hingga kerusakan berat seperti akibat mengalami kecelakaan.

  • Totok Tri, kepala bengkel Bodi & Cat Auto2000 Kenjeran, Surabaya.

“Kapasitas bengkel ini hingga 1.500 unit dalam sebulan,” ungkap Totok Tri, kepala bengkel Bodi & Cat Auto2000 Kenjeran, Surabaya.

Kapasitas itu dimungkinkan karena bengkel Bodi & Cat Auto2000 telah menggunakan TPS (Toyota Production System) yang sistematis dalam proses pengerjaannya.

  • Tahapannya dibuat sistematis, seperti ban berjalan.

Tahapan TPS dimulai dari pelepasan komponen bodi dilanjutkan dengan perbaikan bodi kemudian disambung dengan surface preparation, masking sebelum masuk tahap pengecatan. Puncak prosesnya yaitu pengecatan yang lantas disempurnakan dengan polishing sebagai tahap finishing dan pemasangan kembali komponen bodi. Seluruh langkah itu dilakukan seperti dalam satu rangkaian ban berjalan.

  • Setiap tahap pengerjaan dilakukan oleh teknisi bersertifikasi Toyota.

Sebagai bengkel authorized, proses pelayanan dan produksi di bengkel Bodi & Cat Auto2000 disertifikasi dan diotorisasi Toyota-Astra Motor (TAM), Totok menambahkan kalau pengerjaan perbaikan bodi dan pengecatan dilakukan dengan pelayanan standar Astra oleh teknisi-teknisi bersertifikasi Toyota.

  • Melayani perbaikan per panel.

Totok menambahkan kalau fasilitas produksi dan perbaikan di bengkel Bodi & Cat Auto2000 dilengkapi dengan peralatan canggih dan modern seperti correct system, frame aligner, washer welder dan body puller serta combi booth untuk ruang pengecatan khusus.

  • Auto2000 Kenjeran menerika perbaikan bodi dan pengecatan untuk semua merek mobil sejak tahun 2020 ini.

“Ovennya menggunakan SAIMA buatan Italia. Untuk cat kami menggunakan merek Dupont,” tukas alumnus Teknis Mesin ITS ini. Dengan begitu seluruh proses pengerjaan baik perbaikan bodi maupun pengecatan telah terstandarisasi baik kualitas, bahan yang digunakan bahkan estimasi waktu pengerjaan.

  • Tidak membatasi tahun produksi kendaraan.

Untuk mendapatkan layanan Bodi & Cat Auto2000, pelanggan tidak harus datang ke Auto2000 Kenjeran. Jadi bisa datang di semua cabang Auto2000 karena di setiap cabang ada petugas dari layanan Bodi & Cat yang siap melayani. Atau pelanggan dapat juga memanfaatkan layanan antar jemput.

  • Saat ini 80 persen konsumen yang datang dari pelanggan asuransi.

Saat ini pelanggan bengkel Bodi & Cat Auto2000 didominasi pelanggan asuransi sebanyak 80 persen, konsumen pribadi 10 persen dan sisanya lain-lain.

  • Mengedepankan kontrol kualitas ketat.

“Sejak 2020 Auto2000 Kenjeran sudah membuka layanan perbaikan bodi dan pengecatan tidak hanya untuk merek Toyota saja tapi semua merek,” tegas pria asli Tulungagung ini sembari menjelaskan kalau setiap perbaikan yang dilakukan akan disertai garansi selama 6 bulan.

  • Mengedepankan kontrol kualitas ketat.

“Apabila ada perubahan warna atau cacat yang muncul pada bagian yang diperbaiki akibat proses pengerjaan maka akan kami reparasi lagi tanpa mengenakan biaya,” tukasnya. Garansi itu tidak berlaku jika pada bagian yang mendapat perbaikan terkena insiden seperti baret atau terjadi perubahan warna akibat terkena kotoran burung yang merupakan kejadian di luar proses produksi.


Baca juga: Reparasi Bodi dan Cat Sehari Jadi di Auto2000 Express Service Body & Paint

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Hendra Sonie