• Editor

Mario Suryo Aji, Rider Asal Magetan Balapan di Dua Seri Moto3 World Championship 2021

Masing-masing di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia pada 24 Oktober 2021, dan Algarve Internacional Circuit, Portimao, Portugal pada 7 November 2021.
Mario Suryo Aji saat mengikuti putaran ke-3 FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2021 di Catalunya - Barcelona (Foto: FIM CEV Repsol)

OTOPLUS-ONLINE I Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Mario Suryo Aji siap wujudkan mimpinya balap di kejuaraan dunia Moto3 2021.


Mario akan turun pada dua seri gelaran Moto3 tahun ini melalui kesempatan menjadi pembalap wildcard. Masing-masing di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia pada 24 Oktober 2021, dan Algarve Internacional Circuit, Portimao, Portugal pada 7 November 2021.


Patut dicatat, Mario yang berada di bawah naungan Honda Team Asia ini menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang memiliki kesempatan wildcard tanpa menggantikan pembalap lain di ajang Grand Prix, hingga dua race.


Baca juga: Crosser Jatim, Ananda Rigi Rebut Medali Emas MX 125cc Perorangan, Meski Sempat Terjatuh


“Perasaan saya campur aduk mendengar kesempatan langka ini. Selain terkejut, tentunya senang dan bangga dapat mengikuti balapan World Championship untuk pertama kalinya," ujar pembalap muda asal Magetan, Jawa Timur ini seperti dikutip dari laman resmi Astra Honda.


"Hal ini tentu menjadi motivasi besar untuk saya. Berbekal pengalaman balap di Misano dan Algarve pada FIM CEV, membuat saya semakin bersemangat. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Indonesia dan orang-orang yang selalu mendukung saya,” lanjut Mario, jebolan Astra Honda Racing School tahun 2016.

Mario berhasil merebut pole position di seri ke-3 FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2021 di sirkuit Catalunya (Foto: FIM CEV Repsol)

Saat ini, Mario masih menjalani sisa dua balapan FIM CEV Moto3 Junior World Championship tahun ini dengan menempati posisi ke-9 pada klasemen sementara.


Karier Mario menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dimulai dengan mengikuti ajang Thailand Talent Cup pada tahun 2017.


Baca juga: Tim dan Pembalap Surabaya Mulai Latihan Lagi, Kenjeran Park Dijadikan Tempat Latber


Setelah mampu menunjukan aksi gemilang, Mario terpilih menjadi bagian dari pembalap AHRT yang turun di ajang Asia Talent Cup (ATC), dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada tahun 2018.


Di ajang balap ATC, Mario mampu mengisi posisi 5 besar dan pada ajang ARRC AP250, Mario dapat menembus posisi 6 besar.


Kemampuan balap Mario pun terus berkembang. Pada tahun 2019, ia didaulat oleh AHRT untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship.


Baca juga: Latber IOF Pengcab Pati Jadi Role Model Event di Masa Pandemi


Saat ini, perjalanan Mario Aji di FIM CEV telah memasuki tahun ketiga. Penampilan yang semakin impresif ditunjukkan oleh rider berusia 17 tahun ini. Finish di posisi keempat pada seri Estoril dan mengisi pole position di seri Catalunya merupakan raihan terbaik Mario di musim ini.

Dua pembalap Repsol Honda Team di MotoGP, Marc Marquez dan Pol Espargaro memberikan motivasi kepada Mario Suryo Aji di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia, 17 September 2021 lalu (Foto: Astra Honda)

Kini Mario memiliki kesempatan jalani debut di Grand Prix, bersaing di kejuaran dunia Moto3, bersama dengan idolanya Marc Marquez yang bertarung di kelas puncak MotoGP.


Teks: Indramawan

Foto: FIM CEV Repsol, Astra Honda Motor