• Editor

McEasy VSMS dan TMS: Layanan Telematics yang Dapat Diaplikasikan di Semua Merek Kendaraan

VSMS dan TMS milik McEasy juga mudah digunakan dalam satu dashboard yang terintegrasi dengan sistem perusahaan yang sudah ada.

Raymond Sutjiono dan Hendrik Ekowaluyo, co-founder McEasy: McEasy memberikan solusi manajemen transportasi


OTOPLUS-ONLINE I Telematics merupakan sistem komunikasi nirkabel berteknologi tinggi yang berfungsi untuk memonitor armada kendaraan dengan maksimal sehingga operasional kendaraan dapat lebih efektif dan efisien.


Telematics memungkinkan pemilik akses membangun sistem manajemen armada kendaraan sehingga lebih efisien dan menguntungkan.


Teknologi ini memungkinkan kita untuk memantau lokasi kendaraan secara real-time dan otomatis. Informasi terkait posisi, arah, kecepatan dan riwayat rute yang diambil oleh kendaraan bisa dengan mudah dapat diakses melalui layar komputer ataupun smartphone.

Mitsubishi Fuso dan Astra UD Trucks masing-masing telah menawarkan layanan telematics


Telematics saat sudah ditawarkan sebagai layanan di beberapa merek kendaraan komersial seperti UD Trucks dan Mitsubishi Fuso.


Telematics di Mitsubishi Fuso memungkinkan perusahaan untuk melakukan Job Order Planning, Real time Monitoring, Vehicle Management, Driver Management termasuk Report and Evaluation.


Baca juga: Fuso dan Kemenhub Kerjasama Lewat Teknologi Runner Telematics


UD Trucks mengklaim dengan adanya teknologi ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengendalikan biaya bahan bakar, meningkatkan produktivitas driver, memantau armada dan driver, mengurangi pekerjaan administratif, mendukung peningkatan kualitas driver.


Lalu bagaimana jika sebuah perusahaan yang memiliki banyak armada yang terdiri dari berbagai merek kendaraan? Tentunya akan merepotkan lantaran setiap merek akan menggunakan layanan Telematics masing-masing.

Perusahaan dapat memantau kendaraannya secara real time baik melalui desktop maupun mobile device seperti smartphone


“Vehicle Support Management System (VSMS) dan Transportation Management System (TMS) milik McEasy dapat diaplikasikan di berbagai merek kendaraan dan mudah digunakan dalam satu dashboard yang dapat terintegrasi dengan sistem perusahaan yang sudah ada sehingga cukup dengan menggunakan satu aplikasi untuk mengatur seluruh armada,” ungkap Hendrik Ekowaluyo, Co-founder McEasy. Fitur yang dimiliki VSMS.


McEasy VSMS dapat melakukan update secara live view tiap 10 detik hingga lebih real time, sistem ini juga dapat disandingkan dengan sensor-sensor tambahan seperti iTemp, door sensor, fuel sensor (ini yg disebut telematics). Termasuk juga Trackvision yang memanfaatkan AI untuk pantau habis dan meningkatkan keamanan berkendara.


Baca juga: Aplikasi TMS Mobile dari McEasy Bantu Digitalisasi UKM di Sektor Logistik dan Transportasi


McEasy TMS digunakan untuk perencanaan kerja, pengaturan kendaraan, pengaturan pengemudi, mengawasi proses pengiriman dan mengelola dan analisa data pelanggan.


TMS akan memberikan solusi end to end untuk pelanggan mulai dari pembuatan deliver order (surat jalan), memantau posisi kendaraan, memonitor cara driver mengemudi, hingga membuat rekonsiliasi uang ongkos pengemudi selama perjalanan.


Lalu bagaimana jika aplikasi Telematics sudah tertanam di armada perusahaan? “Aplikasi McEasy bisa menjadi pelengkap dan mengintegrasinya dalam sistem lain yang dimiliki perusahaan,” pungkas Hendrik.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, McEasy