• Editor

Menangkan MotoGP Catalunya, Quartararo Kembali Pimpin Klasemen MotoGP 2020


Kemenangan Quartararo di MotoGP Catalunya – Barcelona hari ini (27/9) adalah kemenangan yang ketiga musim ini.


Memasuki putaran ke-9, pemimpin klasemen sementara MotoGP 2020 kembali berputar. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali menempati posisi teratas, yang terakhir digenggamnya pada seri ke-3 MotoGP Andalucia – Jerez lalu.

Quartararo kembali menemukan performa terbaiknya, setelah bulan lalu bermasalah dengan motor.


Raihan ini dibuat Quartararo setelah berhasil memenangkan MotoGP Catalunya – Barcelona hari ini (27/9), dan sebaliknya, Andrea Dovizioso (Ducati Team), pemimpin klasemen sementara sebelumnya mengalami crash pada putaran awal, setelah bersenggolan dengan Johann Zarco.

Sejauh ini Quartararo mengumpulkan poin terbanyak (108) sehingga berhak menempati posisi teratas klasemen sementara.


Kemenangan ketiga yang dibuat Quartararo ini membuatnya unggul dalam hal pengumpulan angka, yakni 108 poin. “Ini adalah moment paling indah dalam hidup saya… melebihi Jerez!” girang Quartararo membandingkan kemenangan ketiganya musim ini dengan kemenangan sebelumnya di Andalucia – Jerez.

Team Suzuki Ecstar berhasil menempatkan dua pembalapnya, Joan Mir (kanan) dan Alex Rins di podium ke-2 dan 3 MotoGP Catalunya.


Aplaus sekali lagi patut diberikan kepada Joan Mir yang secara meyakinkan naik podium 3 kali berturut-turut. Hebatnya lagi, sukses Mir ini juga diikuti rekan satu timnya di Team Suzuki Ecstar, Alex Rins yang menempati podium ke-3. “Ini adalah penantian yang panjang…” komentar Rins yang harus menunggu 13 bulan lamanya untuk bisa naik podium lagi.

Konsistensi Joan Mir naik podium (sejauh ini empat kali) menjadi modal dalam perburuan gelar juara dunia,


Konsistensi Mir yang sejauh ini telah berhasil naik podium sebanyak empat kali, membuatnya pantas menempati posisi ke-2 klasemen sementara, dengan selisih 8 poin dari Quartararo.

Tampil kurang prima, Maverick Vinales yang tetap di posisi ke-3 klasemen, kini tertinggal 18 poin dari Quartararo.


Kalau pada putaran 8 lalu Maverick Vinales menempati posisi ke-3 klasemen dengan poin sama bersama Quartararo (80 poin), maka dengan hasil kurang memuaskan finish di urutan ke-9 di seri ke-8 ini, Vinales tertinggal 18 poin dari Quartararo. Namun demikian Vinales masih menempati posisi ke-3 klasemen sementara.

Foto insiden Andrea Dovizioso yang ditabrak dari dalam oleh Johann Zarco, hingga Dovi melorot ke posisi 4 klasemen dan tertinggal 50 poin.


Paling tragis tentu adalah Dovizioso yang melorot dari posisi teratas klasemen, kini harus turun ke posisi 4 klasemen sementara, tertinggal 50 poin dari pemimpin klasemen.



Teks: Indramawan

Foto: motogp.com