• Editor

Mengenal Teknologi SCR di UD Trucks Quester Euro 5

Sanggup memenuhi standar Euro 5 meski minum solar bersubsidi.

UD Trucks Quester Euro 5


OTOPLUS-ONLINE I Sejalan dengan rencana pemerintah yang akan mulai memberlakukan standar emisi gas buang Euro 4 dalam waktu dekat, UD Trucks resmi meluncurkan model terbaru Quester yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5 pada 24 Maret 2022 lalu.


Sebenarnya secara global, standar emisi Euro 4 sudah diberlakukan sejak Januari 2005 silam. Indonesia termasuk salah satu negara yang terlambat menerapkannya. Saat ini banyak negara di dunia yang bahkan telah mengadopsi standar emisi Euro 6.


Untuk dapat memenuhi standar emisi gas buang Euro 4 batas emisi yang diperbolehkan buat kendaraan bermesin diesel yaitu 0,50 (CO), 0,25 (NOx), 0,30 (HC+NOx) dan 0,025 (PM).


Ada 2 teknologi yang dapat diterapkan untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah yakni teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Penggunaan Teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) mengharuskan penggunaan bahan bakar diesel bersulfur maksimal 50 ppm dan atau setara dengan Pertamina Dex.


Dengan harga Pertamina Dex yang saat ini menyentuh Rp 14.000 tentunya menjadi tidak feasible untuk para pengusaha truk.


Dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia, maka UD Trucks memutuskan menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang dapat beradaptasi dengan solar berkualitas rendah, Bio Solar atau B30 atau Solar bersubsidi namun tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

Dari kiri: Budi Rudianto, Service Head Astra UD Trucks; Bambang Widjanarko, Chief Operating Officer Astra UD Trucks; Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks; Dhenny Nur Wakid, Region Head 1 - Jabodetabek & Bandung Astra UD Trucks


“Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia,” ungkap Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks.


Quester Euro 5 tetap menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan tahun 2015 yakni mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi Selective Catalytic Reduction atau (SCR) sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang. Cairan AdBlue ini dijual terpisah.

Cara kerja Selective Catalytic Reduction (Foto: researchgate.net)


Teknologi ini beroperasi pada suhu ruang bakar mesin yang optimal (suhu tinggi), sehingga memberi keuntungan buat para pengusaha dimana konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.


Di sisi lain, dengan tidak adanya pergantian mesin maka seluruh suku cadang relatif sama, sehingga memudahkan pengusaha truk di dalam pengadaan part, edukasi mekanik dan pengemudi.

Quester penuhi standar Emisi Euro 5 walaupun gunakan bahan bakar biosolar atau B30 atau bahan bakar bersubsidi


Saat ini Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan dibawah ambang batas Euro 5, sehingga Quester memenuhi standar Emisi Euro 5 walaupun menggunakan bahan bakar biosolar atau B30 atau bahan bakar bersubsidi.


Selain itu, Quester Euro 5 telah didaftarkan Sertifikasi Uji Tipe (SUT) di Kementerian Perhubungan, sehingga Truk Quester Euro 5 siap mengaspal di jalan, ” lanjut Winarto.


Baca juga: Quester Euro5, Truk Ramah Lingkungan Hadir di Indonesia dengan Teknologi Pengendali Emisi


Seperti disinggung di atas, teknologi SCR ini menggunakan Ad Blue sebagai cairan untuk mengurangi kadar NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga sesuai standar Euro 5.


Penggunaan Ad Blue ini sebesar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Jika 1 liter solar digunakan 3 Km, maka 1 Liter Ad Blue dapat digunakan untuk 75 Km. Harga 1 liter Ad Blue senilai Rp10.000.


Baca juga: UD Trucks Siap Produksi Truk Listrik dan Hybrid Tahun 2030


AdBlue bisa didapatkan di seluruh jaringan market place Astra UD Trucks seperti Seva, Tokopedia, Shopee dan Blibli serta di seluruh jaringan outlet Astra UD Trucks di Indonesia.

Pengusaha atau kepala operational truk pelanggan dapat memantau penggunaan Ad Blue melalui fitur di telematics secara akurat dan terkini


Pada umumnya pengusaha truk menjalankan armadanya sejauh 6000 km/bulan dengan rata-rata kebutuhan solar sebanyak 2000 liter, dengan asumsi penggunaan Ad Blue sebesar 4% diperkirakan akan membutuhkan Ad Blue sebanyak 80 liter/bulan atau senilai Rp 800.000.


“Kemasan Ad Blue ini menggunakan jerigen 10 liter, untuk diketahui tangki Ad Blue yang terdapat di Quester Euro 5 sebesar 50 Liter dan kami mengedukasi pelanggan untuk menyediakan 1 jerigen Ad Blue untuk cadangan saat kondisi darurat di dalam kabin truk. Ad Blue ini bukan cairan yang berbahaya dan tidak mudah terbakar, jadi aman dalam penyimpanan,” terang Winarto.


Selain itu, untuk mengontrol penggunaan Ad Blue pengemudi dapat melihat indikator Ad Blue yang ada di dashboard truk seperti indikator bahan bakar selama ini. Di sisi lain pengusaha atau kepala operational truk pelanggan dapat memantau penggunaan Ad Blue melalui fitur di telematics secara akurat dan terkini.

Setiap pembelian Quester sudah gratis AdBlue sebanyak 800 liter yang akan dikirim dalam 4 tahap pengiriman


Pada kesempatan ini, Astra UD Trucks meluncurkan paket penjualan spesial Quester Euro5 atau yang disebut Paket SUPER Euro 5, dimana setiap pembelian Quester sudah gratis AdBlue sebanyak 800 liter yang akan dikirim dalam 4 tahap pengiriman, UD Telematics 1 tahun dan free service 120.000 km atau 3 tahun dengan opsi dapat diperpanjang sampai dengan 5 tahun dengan warranty 100.000 km atau 1 tahun dan berhadiah berbagai jenis produk otomotif Astra Group mulai dari Truk, mobil, motor hingga paket umroh dan perjalanan yang didukung pembiayaan dari Astra Financing.

Quester Euro 5 hadir di Indonesia dengan berbagai tipe dan varian


Quester Euro 5 hadir di Indonesia dengan berbagai tipe dan varian, mulai dari 4x2 R, 4x2 TH, 6x2 R hingga 6x4 R dan 6x4 TH untuk mendukung pengusaha truk di Indonesia.


Astra UD Trucks siap memberikan dukungan total solusi purna jual Quester Euro 5 melalui berbagai layanan kontrak servis seperti UD Pro Care, UD Trust dan UD Ultimate, hingga layanan pelatihan pengemudi dan Astra UD Care yang siap membantu pelanggan melalui 24/7 Emergency Assitance, 24/7 Part Contact dan 24/7 Emergency Call serta dilengkapi berbagai pilihan layanan pelanggan yang mudah diakses mulai dari call center, email hingga whatsapp.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: ASTRA UD Trucks