• Editor

Mengetahui Biaya Kepemilikan Mobil, Apa Untungnya?

“Biaya kepemilikan mobil harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga.” (Hariadi - Service Assistant to Department Head PT Suzuki Indomobil Sales).

OTOPLUS-ONLINE I Hariadi selaku Service Assistant to Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, salah satu poin penting dalam membeli mobil pribadi, baik untuk keperluan harian ataupun mendukung usaha adalah mempertimbangkan biaya kepemilikan.


“Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga,” buka Hariadi.

Menurut Hariadi, untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah Biaya Perawatan Berkala, Biaya Pajak, serta Biaya Bahan Bakar Kendaraan.

Namun, seluruh biaya tersebut dapat berubah dan harus disesuaikan kembali dengan penggunaan kendaraan, kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai variabel lain yang berbeda-beda pada setiap pelanggan.


Baca juga: Pangsa Pasar Suzuki Finance Naik 5% Jadi Indikasi Daya Beli Berangsur Pulih

“Selanjutnya kami akan jabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis, yang ternyata sangat terjangkau bagi para pelanggan. Kami harap perhitungan biaya ini dapat memudahkan konsumen untuk semakin yakin atas produk Suzuki,”ujar Hariadi.


Biaya Perawatan Berkala (Servis)

Estimasi biaya servis atau perawatan berkala New Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp7.877.300 atau Rp7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut juga sudah termasuk program gratis biaya jasa pada servis 1.000 km – 50.000 km.


Biaya Pajak

Bukan hanya mempersiapkan biaya perawatan rutin secara berkala saja, namun untuk kepemilikan New Ignis atau jenis mobil lainnya, konsumen juga harus menyiapkan pajak tahunan. Untuk estimasi ini menggunakan pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaranRp2.940.000 per tahun atau Rp8.054 per hari.


Biaya Bahan Bakar

Selain biaya servis dan biaya pajak tahunan, konsumen juga perlu memperhatikan biaya bahan bakar yang diperlukan. Pada estimasi ini menggunakan konsumsi bahan bakar mobil secara rata-rata yaitu 10 km per liter. Apabila dalam 1 hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km, maka ia akan menghabiskan 5 liter bensin. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini (Rp7.650), biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp38.250 per harinya.


Penghitungan Biaya Kepemilikan

Dari sini bisa diketahui biaya kepemilikan New Ignis dengan menghitung variabel sebelumnya, yaitu: Biaya Perawatan Berkala + Biaya Pajak Tahunan + Biaya Konsumsi Bahan Bakar:

Rp7.193 + Rp8.054 + Rp38.250 = Rp53.497 / hari (hingga 3 tahun)


Baca juga: Penjelasan Diskon 100% PPnBM DTP Diperpanjang Hingga Agustus 2021


“Dengan menghitung biaya kepemilikan tersebut atau Total Cost of Ownership, maka estimasi biaya memiliki New Ignis hingga 3 tahun hanya sebesar Rp53.497 per hari dan sudah termasuk dengan biaya bensin. Sehingga New Ignis benar-benar dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil yang nyaman dan aman dengan biaya kepemilikan terjangkau serta memberikan value for money yang maksimal bagi pelanggan,” tutup Hariadi sambil menambahkan biaya ini belum termasuk hal tidak terduga atau faktor lainnya.


Teks: Indramawan

Foto: DOK. OTOPLUS-ONLINE, SIS