• Editor

Mini Bike Enduro Race Bali Ajak Komunitas di Jawa Berkelana ke Puncak B29

"Konsep kegiatan ini adalah bersilaturahmi dengan komunitas motor mini yang ada di luar Bali, sekaligus melakukan fun offroad bersama." (Yuanito Henry Kurniawan - Mini Bike Enduro Race).

OTOPLUS-ONLINE I Mini Bike Enduro Race Berkelana merupakan salah satu kegiatan komunitas pecinta mini bike dan adventure di Bali, untuk mengeksplor tempat- tempat yang ada di luar melalui kegiatan trabasan melewati jalur offroad dan onroad menggunakan mini bike.


"Selain itu, konsep kegiatan ini juga adalah untuk bersilaturahmi dengan komunitas motor mini yang ada di luar Bali, sekaligus melakukan fun offroad bersama," buka Yuanito Henry Kurniawan dari komunitas Mini Bike Enduro Race.


Baca juga:


Mini Bike Enduro Race Berkelana sendiri merupakan kegiatan berseri. Pertama dulu mereka melakukan perjalanan ke Bromo - Dieng - Jogjakarta (19 - 25 Februari 2021).

"Dan yang baru lalu, tepatnya 25 - 27 Maret 2021, kami melakukan perjalanan kedua dengan destinasi Kawah Wurung - Bondowoso, dan Puncak B29 - Lumajang," timpal I Putu Gede Suka Ana atau lebih dikenal dengan sapaan John Polenx.

Menariknya, acara kemarin selain diikuti peserta internal dari Mini Bike Enduro Race, juga diikuti komunitas dari Jawa yang ikut bergabung, seperti komunitas Motor Cilik (MOCIL) Lumajang, Mini Bike Adventure, The Brandal Motor Mini, dan Motor Mini Jogja.

"Jadi total jumlah peserta yang ikut kemarin 20 orang," sahut Ida Bagus Sudanta alias Ajik Dante, salah satu personel yang ikut ambil bagian.

Memang diakui, selama perjalanan ada beberapa kejadian yang dirasakan sebagai penghalang. "Ada beberapa motor teman-teman kami yang mengalami overheat. jadi kalau kami evaluasi, ada beberapa hal teknis di lapangan yang perlu dipersiapkan Plan B. Terutama untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak bisa ditangani di lokasi," kata John Polenx lagi.

Ditambahkannya, prokes COVID-19 tetap diterapkan walaupun kita masuk jalur hutan, seperti riders wajib gunakan masker.dan safety gear. Termasuk wajib gunakan APD bahkan kelengkapan pribadi untuk antisipasi daerah dingin.

Di luar kendala itu, aktivitas ini ternyata banyak menginspirasi beberapa orang untuk ikut menikmati sensasi trabasan dengan motor mini. "Bahkan beberapa postingan kami di-share sampai dengan ke luar negeri," senyum I Wayan Nutirta Okta Kasnawan.

Dominicus Wisnu Hartoto (Brandal Motor Mini)

"Untuk track Berkelana 2 kemarin keren sekali, Om. Secara keseluruhan bagus, hanya saja harus diberitahunkan soal pemakaian ban yang tepat, jarak tempuh, waktu istirahat dan persiapan konsumsi. View sangat bagus, track juga sudah safety tidak ada bebatuan. Recomended buat acara tahunan Mini Bike Enduro."


Antoni Susilo (MOCIL - Motor Mini Lumajang)

"Kesanya luar biasa. Banyak persaudaraan yang kita dapat dari jalur kemarin dan saling menolong dengan yang lain. Dari pengalaman tersebut banyak hikmah yang kita petik dan tidak memandang ras, suku, agama, atau kedudukan. Kita tetap bersatu dan saling berbagi satu sama yang lain."


L. Noor Kurniawan (Mini Bike'Adventure)

"Selanjutnya kami tunggu teman-teman Mini Bike Enduro Race, Brandal Motor Mini, MOCIL Lumajang, dan teman teman penggemar motor kecil lainnya, untuk bersama Mini Bike'Adventure nyobain trabas bareng di lereng Gunung Merapi yang tidak kalah menantang... Siapkan minimu, Siapkan nyalimu."


Thanks to:

  • Brandal Motor Mini

  • Mini Bike Adventure

  • Motor Mini Jogja

  • MOCIL (Motor Mini Lumajang)

  • OTOPLUS-ONLINE


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa