top of page
  • Gambar penulisEditor

Mini Trail Hasil Kolaborasi WS Udek Oto dan JMM Garage

Mumpuni untuk light off-road, nggak kalah mewah sama motor kontes.

OTOPLUS-ONLINE I Pada mini trail project kali ini, WS Udek Oto berkolaborasi dengan JMM Garage yang ada di Besakih, Karangasem-Bali.

“JMM Garage yang membuat desain konsepnya, sementara WS Udek Oto sebagai eksekutornya,” buka WS Udek yang baru saja merampungkan Sarimin Project, mini bobber pesanan Andre Taulany, aktor, musikus, pembawa acara, penyanyi, dan pelawak ternama.

Yang menarik pada project ini, menurut WS Udek adalah pemakaian rangka Honda Monkey Z-50 mini trail custom handmade, yang secara dimensi diperuntukkan bagi mesin 50cc.

“Tapi agar performanya mumpuni sesuai peruntukan motor ini nantinya untuk light off-road, maka kami coba tanamkan mesin 125cc milik Honda Supra X125,” kata WS Udek, mantan mekanik road race tim Suzuki era 1990-an yang kini menekuni usaha di bidang bengkel modifikasi ini.



Tantangannya adalah bagaimana mesin 125cc ini bisa terpasang tanpa mengubah ukuran wheelbase, ground clearance, dan rake yang masih sama seperti pada rangka Honda Monkey Z-50 mini trail.

“Untuk itu kita cuma ubah posisi bracket atau dudukan mesin. Kalau aslinya 2 titik, ini saya pakai 3 titik. Jadi baut mesin ada 3,” jelas Udek yang juga dipercaya memasarkan AP10 Indonesian MiniGP Bike, motor balap yang dipakai di ajang balap pembibitan mulai usia 8 tahun di Indonesia dan diproduksi oleh Alrasyid Indo Racing (AIR).



Saat dicoba, performa terbukti lebih bagus dari umumnya mini trail. “Torsi dan top speed dapat semua untuk ukuran minibike,” puas Udek.

Menariknya lagi, meski mini trail ini dibuat untuk keperluan trabasan, tapi secara tampilan nggak kalah dengan motor-motor kontes.

Itu karena pihak JMM menginginkan komponen kaki-kaki full barang aftermarket impor. “Kita memakai pelek aftermarket cnc dari bahan aluminium,” ujar WS Udek mencontohkan.

Selain itu untuk finishing, mini trail ini dilapis full krom. “Karena itu motor ini diberi nama Minichrome,” pungkas Udek.


Data Modifikasi:

Mesin: Honda Supra X125 Frame: custom handmade Fork depan: aftermarket impor (aluminium) Swingarm: custom handmade Sadel: custom handmade Tangki: aftermarket impor Knalpot: aftermarket impor Spatbor depan-belakang: aftermarket impor Wheelset: aftermarket impor (cnc) Footstep: custom handmade Pedal rem: custom handmade Pedal persneling: custom handmade Nomor start dan bracket: custom handmade Setir: aftermarket Master dan kaliper: aftermarket Gas spontan: aftermarket


Modifikator:

W.S Udek Oto

Perum Bukit Cemara Wangi B5/07 Hulaan, Menganti-Gresik

HP: 081335158055

Instagram: @wsudekoto

Facebook: Ws Udek Oto

Youtube: w.s udek oto

Tiktok: @wsudekoto


Teks dan Foto: Indramawan

bottom of page