• Editor

Mitsubishi New L300 Euro 4 Meluncur di Jawa Timur, Harga Mulai Rp 229,2 Juta

New L300 tersedia dalam dua pilihan varian, yakni Cab & Chasiss dan Pickup Flatbed.

New Colt L300 Super Launch-Customer Gathering diselenggarakan di Dyandra Convention Center pada Rabu, 20 Juli 2022


OTOPLUS-ONLINE I New L300 Euro 4 hadir di Jawa Timur dan dipasarkan dengan harga mulai Rp 229,2 juta. New L300 terbaru ini tersedia dalam dua pilihan varian, Cab & Chasiss dan Pickup Flatbed.


PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan secara langsung New Colt L300 ini kepada konsumen loyal melalui acara yang bertajuk “New Colt L300 Super Launch-Customer Gathering” yang diselenggarakan di Dyandra Convention Center pada Rabu, 20 Juli 2022.

Mungkin jadi satu-satunya mobil yang dijual di Tanah Air yang masih mengandalkan headlamp kaca


Mengamati wujudnya, tak ada yang berubah dengan desain baik eksterior maupun interior salah satu kendaraan legendaris Tanah Air ini sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981.

Ornamen bak dipertahankan atas permintaan konsumen loyalnya, begitu juga stiker MITSUBISHI ini


Satu-satunya perubahan yang terlihat hanyalah bentuk gril yang kini menggamit dua bilah panel krom yang dipasang horisontal.


Memasuki kabinnya, tidak ada suasana yang berbeda dengan pendahulu-pendahulunya. Semua sama, bahkan pengemudi tetap akan menikmati tongkat transmisi yang terpasang di kolom setir.

Bak lebih besar dengan penambahan panjang 20 cm


Menanggapi minimnya perubahan itu Tetsuhiro Tsuchida selaku Marketing Director Sales and Marketing Division MMKSI mengatakan, konsumen memang tidak menginginkan perubahan bentuk untuk L300 karena itu bentuknya kami pertahankan seperti ini.

Penambahan dimensi bak diikuti dengan penguatan sasis


”Meski begitu, untuk menyesuaikan dengan aturan standar emisi Euro 4 yang diberlakukan pada 2022 ini, mesin diesel yang lama berkode 4D56 terpaksa harus lengser dan digantikan dengan mesin generasi terbaru 4N14 yang telah mengadopsi teknologi DOHC 16 katup dan sistem injeksi common rail." kata Tetsuhiro Tsuchida.


Sebagai informasi platform mesin ini memiliki kesamaan dengan mesin New Pajero Sport yang berkode 4N15, perbedaannya ada pada kapasitas mesin yang lebih kecil serta spesifikasi turbonya.

Interior sama sekali tak berubah, dengan tongkat persneling tetap bersinggasana di kolom kemudi


Kalau mesin New Pajero Sport berkapasitas 2.442 cc maka kepunyaan New L300 kapasitasnya 2.268 cc. Perbedaan itu lantaran New Pajero Sport dibekali langkah piston lebih panjang (105,1 mm) sedangkan New L300 langkah pistonnya 97,6 mm. Sementara untuk diameter piston keduanya identik sama yakni 86 mm.


Bisa dibayangkan dengan basic mesin yang sama dengan Pajero Sport, performa New L300 bakal lebih menjanjikan.


Baca juga: Test Drive Mitsubishi New Xpander: Apa Saja Ubahan yang Diunggulkan?


Hal itu terbaca dari raihan tenaga maksimal yang menyentuh 99,25 ps/3.500 rpm yang mana ini 43% lebih tinggi dari sebelumnya.


Capaian torsi juga kini mencapai 200 Nm yang dicapai merata sejak putaran 1.000 rpm yang artinya nyaris saat stasioner sampai menyentuh 3.500 rpm. Besaran torsi ini bahkan 50% lebih besar dibandingkan L300 lama bermesin 4D56.


Baca juga: Mitsubishi Perkenalkan Branding Baru 'Live The Adventure' di IIMS Surabaya 2022


Selain mesin lebih ramah lingkungan dan lebih bertenaga, MMKSI juga melakukan improvement berupa penambahan dimensi bak lewat penambahan panjang sebesar 20 cm.


Dengan bak lebih besar, otomatis barang yang bisa dibawa akan lebih banyak yang mana akan semakin memudahkan para pengusaha mendapatkan cuan.

Nur Amin mewakili Sun Star Motor, sesi press conference juga dihadiri Wandy Koerniady (Direktur PT Srikandi Diamond Indah Motor), Dwi Hadi (Branch Manager Srikandi Wiyung), Suhardi Chandra (Vice President Director DIPO Group), Johan Tenacious (Dirut PT Dian Sarana Berlian Motors), Michael Sidartha (Dirut PT Murni Berlian Motors) dan Henry Kosaka (Dirut PT Bumen Redja Abadi)


Dealer Mitsubishi di Jatim, Sun Star Motor mengaku optimis dengan kehadiran Mitsubishi New L300 Euro 4. “New L300 terbaru yang sudah Euro 4 ini bakal mengikuti jejak versi lama yang laris manis di Jatim. Kontribusi market share di Jatim untuk yang versi lama saja sebesar 47 persen dari data penjualan di dealer Sun Star Motor,” jelas Nur Amin, General Manager Operasional Sun Star Motor Jatim – Bali.


“Kami optimis New L300 akan menunjukkan performa penjualan yang positif dan terus mempertahankan posisinya sebagai market leader. Di Jawa Timur, L300 memiliki market share sebesar 56,4% dan berkontribusi 12,5% terhadap penjualan nasional MMKSI,” ungkapTsuchida saat press conference di hadapan media.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto