• Editor

New Alphard dan New Vellfire Makin Perkuat Pangsa Pasar Toyota di Segmen MPV Luxury

Total penjualan Alphard dan Vellfire sejak 2008 sampai April 2021 sudah mencapai 28.458 unit. Sementara untuk tahun 2021, Alphard dan Vellfire mempunyai pangsa pasar sebesar 70,3% selama Januari – April.

OTOPLUS-ONLINE I Alphard secara resmi dipasarkan oleh PT TAM di Indonesia pada tahun 2008. Kemudian pada tahun 2015, TAM mulai memasarkan Vellfire.


Sejak awal kehadirannya di pasar otomotif nasional, Alphard dan Vellfire mendapat sambutan yang positif dari masyarakat Indonesia. Ini terlihat pada kinerja penjualannya yang terus menjadi market leader di segmennya.


Total penjualan whole sales Alphard dan Vellfire sejak 2008 sampai April 2021 ini sudah mencapai 28.458 unit. Sementara untuk tahun 2021, Alphard dan Vellfire mempunyai pangsa pasar whole sales sebesar 70,3% selama Januari – April.


Baca juga: Top Speed Toyota Raize Mentok 160 Km/Jam!


Mengisi segmen MPV Luxury Toyota yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang sangat berbeda.

Alphard tampil dengan desain bernuansa mewah, anggun, dan formal, sedangkan Vellfire menonjolkan tampilan modern dan high tech dengan kesan berani dan sporty.


Di pertengahan tahun 2021 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali memberi sentuhan baru pada kedua MPV Luxury ini.


“Di momen 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia ini, kami kembali hadirkan improvement pada New Alphard dan New Vellfire dengan meningkatkan fitur safety dan menyegarkan tampilan untuk menghadirkan pengalaman bermobilitas yang enjoyable dan personalized bagi para pelanggan,” ujar President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda.


Baca juga: Varian All New Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 A/T Paling Mahal Karena Hemat BBM


New Vellfire hadir dalam tipe 2.5 G yang ditawarkan dengan harga Rp 1.247.850.000. Sementara New Alphard hadir dalam tiga tipe yaitu 3.5 Q, 2.5 G, dan 2.5 X dengan harga mulai Rp1.065.450.000.

.

New Alphard

Sementara untuk New Alphard, perubahan pada eksterior meliputi pemasangan New Front Aerokit Design, dan New Rear Aerokit Design untuk semua tipe. Juga Power Backdoor untuk kenyamanan dan kemudahan membuka dan menutup pintu belakang secara otomatis.

New Alphard dilengkapi detail interior yang mencerminkan kemewahan dan kenyamanan. Dimulai ketika memasuki kabin, suasana terasa menyenangkan berkat Color Ceiling Illumination yang mempunyai 16 warna berbeda sesuai atmosfer yang diinginkan.

Apalagi hadirnya fitur Sunshade pada baris kedua dan ketiga (4 windows) sehingga perjalanan terasa menyenangkan, aman dan private.

Adjustable Seatings memungkinkan penataan tempat duduk secara fleksibel, dan ini berlaku untuk setiap penumpang.

Untuk entertainment tersedia Multifunctional Audio Head Unit layar premium 9 inci dengan kualitas high definition dan fitur phone mirroring. Steering Switch memungkinkan pengaturan audio dan MID secara mudah menggunakan telunjuk jari.

Untuk Entertainment pada tempat duduk belakang, disediakan LCD monitor 13-inci dengan HDMI connection dan phone mirroring.

Sementara control panel pada Captain Seats baris kedua dilengkapi A/C dan Heater yang bisa diatur sesuai keinginan. USB Port pada konsol tengah bisa diakses setiap penumpang semakin memberikan kenyamanan maksimum.

Fitur kenyamanan lain berupa tempat barang bawaan yang sangat lega. Apalagi dengan Foldable Center Table untuk penataan barang bawaan.


Yang perlu diketahui, fitur-fitur ini berbeda untuk tipe yang ditawarkan.


New Vellfire

Sebagai MPV Luxury yang kental dengan nuansa sporty, New Vellfire kini hadir dengan desain eksterior yang lebih sporty.

Aura sporty New Vellfire terpancar dari desain baru mulai dari Impressive Front Lower Bumper, Dynamic Side Skirt, hingga Sleek Rear Bumper. Sama dengan New Alphard, ditambahkan juga Power Backdoor untuk kenyamanan dan kemudahan membuka dan menutup pintu belakang secara otomatis.

Sementara pada sisi interior, New Vellfire dilengkapi fitur yang hampir sama dengan saudaranya, New Alphard. Hanya saja, Speedometer Ring pada New Vellfire kini juga diberikan aksen warna merah untuk meningkatkan aura sporty di dalam mobil.

Untuk melengkapi pilihan pelanggan, Toyota juga menawarkan pilihan warna baru untuk New Vellfire yaitu Sparkling Black Pearl.


Fitur Safety

Peningkatan safety atau keselamatan terlihat pada fitur Adaptive Cruise Control (ACC) pada New Alphard dan New Vellfire yang mengalami penyempurnaan. Fitur ACC dapat mulai diaktifkan sejak kecepatan 0 km/jam, dari yang sebelumnya baru bisa diaktifkan jika mobil sudah menyentuh kecepatan 50 km/jam.


Penyempurnaan fitur ACC ini dapat semakin memberikan kenyamanan kepada pengguna New Alphard dan New Vellfire, sekaligus meningkatkan faktor keselamatan dalam bermobilitas.


ACC sendiri merupakan bagian dari fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang sudah diaplikasikan pada Alphard dan Vellfire sejak awal tahun 2020 lalu.


TSS terdiri dari fitur safety dalam bentuk Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).


Selain itu, Alphard dan Vellfire juga sudah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).


Teks: Indramawan

Foto: Toyota Astra