• Editor

New Carry Pick-Up, Andalan Suzuki Untuk Bertahan Selama Pandemi Covid-19

New Carry berhasil menguasai market share pasar kendaraan niaga kecil dengan pangsa pasar 59,5 persen secara wholesales, dan 61 persen untuk pangsa pasar retail.

OTOPLUS-ONLINE I Sepanjang 2020 pangsa pasar mobil niaga ringan atau pikap naik menjadi 17 persen sementara tahun 2019 pangsa pasarnya masih 13 persen. Ditengarai meningkatnya kebutuhan akan armada angkutan barang dan logistik imbas melonjaknya tren belanja online selama pandemic Covid-19. Tren ini terus berlanjut di 2021.


Pada triwulan pertama 2021 penjualan wholesales mobil pikap mencapai 32.853 unit. New Carry berhasil menguasai market share pasar kendaraan niaga kecil dengan pangsa pasar 59,5 persen secara wholesales dan 61 persen untuk pangsa pasar retail.


Baca juga: Wow, Carry Pick Up Lama Bisa Diupgrade Jadi Model 2021 Cuma Modal Rp 3,9 Juta!


Selain gencarnya program vaksinasi Covid-19 yang digulirkan Pemerintah sehingga secara perlahan mulai menggerakkan roda perekonomian, Donny Saputra, Direktur Pemasaran Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan meningkatkan penjualan pikap dipicu dari beberapa sektor industri yang justru berkembang selama pandemi seperti perkebunan, pertambangan, perikanan dan peternakan.

Power steering menjadi salah satu keunggulan Suzuki New Carry Pick Up, dan Air intake diposisikan lebih tinggi dari roda, sehingga cukup aman menerabas genangan air dengan ketinggian hingga separo roda.


PT SIS menyiapkan beberapa strategi demi mendongkrak penjualan Suzuki New Carry Pick Up yaitu dengan menerapkan Customer Relationship Management. “Strategi CRM ini akan kami terapkan bukan hanya dalam proses penjualan tapi juga pada layanan purna jual,” tambah Donny. Harapannya konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan APM.

Yacob Akioe, sudah pakai Carry sejak 1981


Yacob Akioe, pemilik Indo Kreatif, bengkel body repair di Kediri mengatakan, “Saya sudah pakai Carry sejak 1981, pikap ini tangguh dan teruji.”

Agus Maduranto, pengusaha mebel asal Jombang mengandalkan New Carry Pick Up 2019


Berikutnya melalui inovasi produk seperti penambahan fitur power steering dan AC. Soal fitur ini Agus Maduranto, pengusaha mebel di Jombang menuturkan, “Dengan power steering jadi mudah dan ringan untuk bermanuver.”


Baca juga: Begini Rasanya Menjajal Sang Raja Pick Up, Suzuki New Carry Pick Up FD AC/PS


Yang ketiga melalui program penjualan seperti yang pernah digelar yakni hadiah satu unit sepeda motor bagi konsumen yang membeli Suzuki Pikap. Hasilnya selama semester I 2021, Suzuki New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 80 persen terhadap total penjualan Suzuki dan menjadi tulang punggung Suzuki di Indonesia.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto