• Editor

Nogogeni VII Evo Buatan ITS Hanya Perlu Biaya Rp9,1/Km

Nogogeni pertahankan gelar juara pertama kategori Urban Concept Motor Listrik di KMHE 2022 pada 3 November 2022.

Mobil Nogogeni VII Evo milik Tim Nogogeni ITS melaju kencang di arena Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada KMHE 2022


OTOPLUS-ONLINE I Tim mobil hemat energi, Nogogeni, dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mempertahankan gelar juara di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 yang diadakan pada 3 November 2022 dengan meraih juara pertama untuk kategori Urban Concept Motor Listrik.


General Manager Tim Nogogeni ITS, Ghalib Fakhrizal menjelaskan, kompetisi tahunan yang yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek ini menuntut peserta lomba untuk membuat mobil dengan efisiensi bahan bakar sebaik mungkin. Setelah dua tahun digelar secara daring, tahun ini KMHE 2022 kembali digelar secara luring berlokasi di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.


Baca juga: Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 Dimeriahkan Fun Drag Race dan Eco Race


Gelaran KMHE 2022 terbagi menjadi dua kategori kendaraan, yaitu Prototype dan Urban Concept serta empat kategori bahan bakar yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) bensin, MPD diesel, MPD etanol, dan Motor Listrik. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh lebih dari 40 tim yang berasal dari 29 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.


Ghalib mengungkapkan, timnya sudah mengikuti ajang bergengsi ini secara berturut-turut sejak tahun 2015. Sejak tahun 2015 itu pula, Tim Nogogeni tak pernah absen untuk memboyong penghargaan dari berbagai kategori yang diadakan. “Empat tahun terakhir ini (2019-2022) secara berturut-turut tim Nogogeni selalu berhasil menjadi juara pertama KMHE di kategori Urban Concept Motor Listrik,” bangga Ghalib.


Baca juga: Garuda UNY Eco Team Menangkan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 Kategori Urban Gasoline


Ghalib menjelaskan kalau pada KMHE 2022 timnya turun dengan mobil andalan Nogogeni VII Evo. Pada kategori Urban Concept Motor Listrik peserta ditantang untuk merancang kendaraan roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk berkendara di jalan raya dengan menggunakan energi sehemat mungkin. “Mobil tersebut ditantang untuk melakukan balapan delapan lap dalam waktu 25 menit,” imbuhnya.

Tim Nogogeni ITS dengan mobil Nogogeni VII Evo usai balapan pada KMHE 2022


Untuk menjawab tantangan tersebut, mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri ini menjelaskan, Nogogeni VII Evo kali ini dirancang dengan desain bodi yang lebih aerodinamis dan ringan. “Kedua hal tersebut merupakan kunci utama untuk tercapainya efisiensi yang tinggi,” papar pemuda asal Magetan ini.


Dengan kriteria penilaian didasarkan pada capaian kehematan tertinggi dan kecepatan waktu tempuh, Nogogeni VII Evo tersebut berhasil menempuh balapan dalam waktu kurang dari 25 menit dan dengan efisiensi energi sebesar 186,56 kilometer per kilowatt hour.


Baca juga: GARNESA Racing Team Penuhi Target Juara 1 KMHE 2021 Kategori Urban Concept-Diesel


Artinya jika kita ketahui harga listrik per kWh tertinggi untuk golongan R-2/TR dengan batas daya 3.500-5,500 Watt sesuai tarif PLN adalah Rp 1.699,53 maka untuk tiap kilometer, Nogogeni hanya perlu Rp 9,1!


Capaian itu berhasil mengantarkan Tim Nogogeni ITS membawa titel juara pada kategori tersebut. “Harapannya, untuk tahun-tahun berikutnya Nogogeni ITS dapat terus mempertahankan gelar juara ini,” pungkasnya.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: ITS