• Editor

Panduan Modifikasi Menggunakan Aksesori Resmi

Pahami dulu masing-masing fungsi aksesori ini agar sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya secara tampilan saja.

Foto ilustrasi: Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition


OTOPLUS-ONLINE I Setiap pemilik mobil pasti ingin besutannya tampil beda. Salah satu cara paling mudah untuk membuat mobil terkesan sporty, mewah, atau elegan adalah dengan memasang parts aksesori.


Namun, agar tidak menimbulkan risiko penurunan performa mobil, disarankan untuk memasang aksesori sesuai standar dari manufaktur atau OEM (Original Equpment Manufacturer).


Bagi pemilik mobil Suzuki misalnya yang dapat memilih aksesori resmi Suzuki Genuine Accessories atau biasa dikenal dengan sebutan SGA.


Baca juga: Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition Ini Diproduksi Hanya 50 Unit


“Penggunaan aksesori tambahan yang tepat dapat memperindah tampilan mobil, namun sebaiknya tetap gunakan aksesori dan komponen original yang kami sediakan melalui SGA agar terjaga keamanan dan kenyamanannya," ujar Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).


Pada laman resmi https://www.suzuki.co.id/eparts/other-part/suzuki-genuine-accessories dapat ditemukan berbagai aksesori untuk berbagai model Suzuki.


Aksesori-aksesori yang terdapat dalam SGA tentunya dibuat dengan memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan, serta estetika bagi penggunanya.


Baca juga: Lewat Aplikasi My Suzuki, Beli Suku Cadang Semakin Mudah


Nah, sebagai konsumen yang baik, pahami dulu masing-masing fungsi aksesori ini agar sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya secara tampilan saja.



Berikut ini beberapa contoh aksesori resmi untuk Suzuki Wagon R, dan kegunaannya. Ada baiknya selalu konsultasikan dengan bengkel resmi untuk pemasangannya, jangan sampai mengganggu garansi.

"Pemasangan aksesori yang sesuai keinginan dan fungsi dapat dilakukan sendiri maupun di bengkel resmi. Namun, sangat disarankan agar memasang aksesori dan komponen di bengkel resmi karena teruji kelaikannya dan bergaransi," jelas Christiana Yuwantie.

Baca juga: Ketika After Sales Suzuki Menjadi Tulang Punggung


"Selain itu, pemasangan di bengkel resmi juga bisa menghindarkan kesalahan instalasi, khususnya kelistrikan dan mesin."


Spoiler

Rear Upper Spoiler (Color), Kode: 990H0-990AW-02, Harga: Rp1.320.000

Rear Under Spoiler (Color), Kode: 990H0-990AU-42, Harga: Rp1.250.000


Penggunaan spoiler, khususnya di bagian belakang, bukan hanya menambah estetika mobil agar terlihat lebih sporty. Namun, spoiler menjadi salah satu komponen yang dapat mempengaruhi aerodinamika.


Penggunaan spoiler dapat menambah downforce atau gaya tekan ke bawah sehingga mampu mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi saat berkendara.

Front Under Spoiler (Color), Kode: 990H0-990AU-41, Harga: Rp1.315.000

Side Under Spoiler (Color), Kode: 990H0-990AU-43, Harga: Rp1.925.000


Gaya angkat ini dapat membuat mobil melayang dan tidak stabil serta berpotensi membuat pengemudi hilang kontrol. Namun, pemasangan spoiler pada belakang mobil sebisa mungkin diimbangi dengan pemasangan spoiler di depan, dan samping untuk menjaga agar mobil lebih terkendali.


Door Visor

  • Door Visor, Kode: 990H0-990AB-016, Harga: Rp396.000

Door visor menjadi aksesori tambahan wajib yang cukup penting pada mobil. Door visor berguna sebagai talang air yang dapat mengurangi cipratan air yang masuk ke kabin saat kaca dibuka.


Air hujan yang masuk terlalu banyak ke dalam kabin dapat memengaruhi komponen kelistrikan pada pintu mobil, seperti power window yang terdapat pada door trim yang rawan terjadi hubungan arus pendek jika terkena tampias air hujan.


Grille

Front Grille Upper, Kode: 990H0-990AW-009, Harga: Rp430.000

Front Grille Lower, Kode: 990H0-990AW-011, Harga: Rp580.000


Pemasangan grille bukan hanya mendongkrak estetika eksterior mobil, memiliki beberapa fungsi. Grille memiliki fungsi utama sebagai saluran udara dari mesin yang memiliki temperatur panas yang cukup tinggi.


Pada fungsi ini, grille berguna untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil sehingga tidak mencapai titik overheat. Selain itu, grille pada mobil juga dapat berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal sehingga memiliki performa yang konsisten.


Fog Lamp Set

Fog Lamp Set, Kode: 990H0-990AL-044, Harga: Rp1.136.000


Fog lamp atau lampu kabut memiliki fungsi penting sebagai komponen keselamatan ketika berkendara. Komponen ini berfungsi membantu visibilitas dan pandangan pengemudi ketika melalui jalan yang berkabut atau hujan.


Fog lamp dirancang untuk dapat mengimbangi kemampuan headlamp saat kondisi jarak pandang pengemudi terbatas.


Parking Sensor

Rear Parking Sensor, Kode: 990H0-990AO-021, Harga: Rp470.000


Parking sensor memiliki fungsi utama sebagai pemberi tanda kepada pengemudi yang hendak memarkirkan kendaraan. Parking sensor dapat memberikan alarm suara jika mobil mendekati sebuah objek. Jika suara alarm berbunyi, tandanya pengemudi harus lebih waspada terhadap kondisi sekitar tempat parkir mobil.


Parking sensor pada kendaraan harus terawat kebersihannya, dipastikan terbebas dari debu atau kotoran lainnya, sehingga sensor dapat berfungsi secara optimal.


Teks: Indramawan

Foto: SIS