• Editor

Panduan Yamaha Y-Connect (1): Cara Menghubungkan Ponsel dengan Motor

Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pairing atau menghubungkan ponsel dengan motor.

Yamaha All New Aerox Connected yang dipasarkan mulai Rp 27.215.000 sampai Rp 31.005.000 (ABS) sudah dilengkapi fitur Y-Connect


OTOPLUS-ONLINE I Yamaha menjadi produsen sepeda motor pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi Communication Control Unit (CCU) pada motor produksi mereka.


Teknologi tersebut di antaranya dapat dijumpai pada All New NMAX ABS/Connected 155 atau NMAX 155 versi Standard tahun 2020 ke atas, dan All New Aerox 155 Connected tahun 2021.

Logo Y-Connect ini menunjukkan motor telah dilengkapi fitur Y-Connect sehingga memungkinkan untuk dihubungkan dengan ponsel melalui koneksi Bluetooth


Teknologi ini memungkinkan sepeda motor terhubung dengan ponsel melalui aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) berbasis Bluetooth.


Apa sih istimewanya fitur Y-Connect ini? Banyak! Selain memberitahu lokasi parkir terakhir, bisa juga menyampaikan rekomendasi perawatan, menyediakan info konsumsi BBM, atau notifikasi jika ada kesalahan pada motor. Semua disajikan secara lengkap ke ponsel kamu. Sabar yaa.... akan kita bahas di seri-seri selanjutnya.


Baca juga: Update dan Penambahan Fitur Baru Aplikasi Y-Connect


Nah, kita balik lagi. Agar dapat terkoneksi dengan CCU, spesifikasi ponsel atau smartphone minimal sudah menggunakan sistem operasi Android versi 7.0 (Agustus 2016 - terbaru) atau IOS (Juni 2017 - terbaru) serta Bluetooth versi 4.0 - terbaru.


Sebelumnya tentu saja kalian harus mengunduh terlebih dulu aplikasi Y-Connect di Playstore atau App Store.


Setelah itu lakukan registrasi e-mail kemudian setelah mendapatkan e-mail verifikasi dan diverifikasi maka akun akan aktif dan dapat melakukan pairing. Jangan lupa untuk mengaktifkan koneksi Bluetooth.


Baca juga: Yamaha Tambahkan Fitur Y-Connect dan Smart Key Pada NMAX 155 Versi Standard


Hanggi Nurakhman, IT Staff Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menuturkan, “Y-Connect memungkinkan pairing dengan beberapa ponsel, tetapi hanya satu yang terkoneksi.”


Setelah login akan muncul permintaan untuk memasukkan VIN (Vehicle Identification Number) agar dapat melakukan pairing.


Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pairing atau menghubungkan ponsel dengan motor, seperti berikut ini:


Melakukan scan QR Code pada CCU

Lokasi CCU tersimpan berdampingan dengan baterai


Itu karena CCU dan rangka merupakan satu kesatuan, dan lokasi CCU tersembunyi di balik kotak baterai atau aki, seperti yang tampak pada foto di atas.


Melakukan scan barcode nomor rangka

Posisi nomor rangka ada pada rangka bagian belakang di bawah sadel


Biasanya barcode itu ditempelkan di plastik pembungkus jok atau di sepatbor belakang saat motor diserahterimakan kapada pembeli.


Mengetikkan nomor rangka yang tertera di STNK

Pairing dapat dilakukan setelah memasukkan VIN


Saat mengetikkan nomor rangka yang tertera di STNK ini ke kolom pada aplikasi, jangan lupa gunakan huruf kapital agar terbaca oleh sistem. Kemudian tekan ENTER, nah terkoneksi deh…

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, DOK. OTOPLUS-ONLINE