• Editor

Panduan Yamaha Y-Connect (3): Bisa Tahu, Kapan Waktunya Perawatan dan Perbaikan Motor

Selain rekomendasi perawatan, Y-Connect akan memberikan notifikasi atau pesan apabila terjadi error atau kesalahan pada sistem motor.

Kondisi mesin mudah dipantau melalui Y-Connect


OTOPLUS-ONLINE I Dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect), pengguna tidak perlu mengingat-ingat terakhir kapan kali mengganti oli, karena data terakhir penggantian oli berikut rekomendasi perlakuannya sudah disodorkan melalui aplikasi Y-Connect.

Indikator oli berwarna kuning menyarankan untuk dilakukan pengecekan. Sementara indikator aki berwarna hijau menunjukkan kalau aki dalam kondisi baik


Rekomendasi perawatan akan membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan tegangan baterai (aki) serta memberikan rekomendasi perawatan.


Indikator lingkaran hijau menunjukkan kondisi oli dan baterai masih dalam kondisi baik. Indikator ini akan tampil setelah motor dihidupkan, secara otomatis sistem akan melakukan scanning terlebih dulu.


Baca juga: Panduan Yamaha Y-Connect (1): Cara Menghubungkan Ponsel dengan Motor


Bila indikator lingkaran berwarna kuning pengguna disarankan untuk melakukan pengecekan karena menunjukkan oli sudah memasuki periode penggantian rutin serta baterai kemungkinan sudah mulai mengalami penurunan kemampuan menyimpan daya listrik. Apabila lingkaran menyala merah, maka sebaiknya dilakukan penggantian.

Tak perlu buka kotak aki untuk memeriksa tegangannya, cukup lewat Y Connect kondisinya terpantau. Mudah kan?


Untuk baterai, informasi ini tentunya berguna untuk motor-motor masa kini yang makin jamak tidak dibekali dengan kick starter. Jika indikator sudah berwarna kuning maka siapin anggaran untuk menebus aki baru. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri rekomendasi penggantian oli berdasarkan jarak atau waktu.


Selain rekomendasi perawatan, CCU melalui Y-Connect akan memberikan notifikasi apabila terjadi error pada sistem di motor. Notifikasi INI berupa e-mail yang alamatnya telah kita tentukan sebelumnya.

Login dulu menggunakan e-mail, setelah mendapat verifikasi pengguna akan terhubung ke motor melalui aplikasi di smartphone


Untuk itu aktifkan dulu notifikasi mal function pada setting, lalu pilih alamat e-mail untuk mengirimkan notifikasi tersebut.


Baca juga: Panduan Yamaha Y-Connect (2): Mengenal Fitur-Fitur Apa Saja yang Dimiliki


Setelah itu, apabila terjadi kerusakan atau ketidaknormalan pada motor, maka daftar malfungsi (list malfunction) akan tampil dan bisa dikirimkan ke dealer untuk referensi dan persiapan penanganan perbaikan.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto