• Editor

Pentingnya Memilih Pelumas Sesuai Tipe Mesin

“Untuk mengukur tingkat kekentalan pelumas otomotif digunakan standar SAE. Tingkat kekentalan atau angka viskositas ini ditunjukkan dalam bentuk angka. Makin kecil angka, pelumas makin encer” (Roni Agung - Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter).
  • Sesuaikan spesifikasi oli dengan tipe mesin

OTOPLUS-ONLINE I Selain melumasi komponen-komponen di dalam mesin, pelumas juga berfungsi sebagai pencegah karat, peredam getar, pengikat kotoran (gram) serta media yang membantu menjaga suhu mesin. Oleh karena itu, bicara perawatan mesin tak terlepas dari urusan pelumas atau oli. Penggantian pelumas secara periodik sesuai anjuran buku pedoman pemilik mutlak dipatuhi jika ingin mesin mobil awet.


Namun ada banyak pemilik mempasrahkan begitu saja penggantian pelumas mobilnya ke bengkel langganan padahal tidak semua bengkel mengerti lho spesifikasi pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mobil kita. Khususnya bengkel-bengkel non resmi. Untuk itu setidaknya pemilik perlu mengetahui panduan dasar memilih pelumas kendaraannya.


Paling utama perhatikan viskositas atau nilai kekentalan oli yang disimbolkan dengan angka. Maksudnya semakin tinggi angkanya, semakin kental olinya. Pelumas di pasaran pun tersedia dalam dua jenis tingkat kekentalan, yaitu kekentalan tetap (single-grade) dan kekentalan dinamis (multi-grade).

  • SAE merupakan panduan dasar memilih oli

“Untuk mengukur tingkat kekentalan pelumas otomotif digunakan standar SAE (Society of American Engineering). Tingkat kekentalan atau angka viskositas ini ditunjukkan dalam bentuk angka. Makin kecil angka, pelumas makin encer,” terang Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.


Pelumas dengan kekentalan tunggal (monograde) seperti SAE 40W umumnya digunakan sebagai oli girboks. Lalu kekentalan multigrade seperti 5W-30 atau 0W-20 diperuntukkan sebagai oli mesin. Oli dengan SAE 5W-30 berarti memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin (Winter), dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat Celcius.


Umumnya, mesin-mesin modern saat ini membutuhkan pelumas dengan spesifikasi tingkat kekentalan pelumas yang encer.


“Mesin mobil dengan tekonologi terkini seperti Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV memiliki kompresi tinggi, lebih banyak komponen dengan celah antar komponen yang sangat rapat, lubang saluran oli halus dan mengadopsi turbo. Mesin seperti ini membutuhkan pelumas dengan viskositas kecil yang encer,” tambah Roni.


Karena encer, oli lebih cepat mengalir dan tidak banyak merintangi gerakan komponen mesin. Beberapa pelumas dengan spesifikasi viskositas rendah contohnya SAE 10W-30, 10W-40, 15W-30 dan 5W-30 yang kini jadian acuan all varian terbaru mobil Peugeot.

  • Astra Peugeot menggelar program spesial selama Februari

Selama bulan Februari ini berkaitan dengan Anniversary Astra, Astra Peugeot menggelar program spesial ‘Beli 4 Liter Oli Astra Shell Helix 5W-30, Gratis 1 Liter Oli’ yang tersedia di seluruh cabang bengkel resmi Astra Peugeot di Sunter, Cilandak, BSD, Solo, dan Surabaya.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Istimewa

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.