• Editor

Perawatan Emblem Mobil


  • Banyak ditemukan kotoran pada emblem di grill.

Aktivitas car care sebaiknya rutin dilakukan agar mobil selalu tampil resik terawat, Selain bersih, dengan melakukan perawatan kita dapat memantau kondisi mobil secara menyeluruh dan memperbaikinya apabila ada kerusakan. Untuk perawatan bodi, idealnya dilakukan dua kali seminggu agar terlihat selalu fresh.


Pada perawatan bodi, perawatan emblem atau logo jadi salah satu menu yang kerap terabaikan. Emblem biasanya ada di gril, buritan hingga lingkar kemudi. Padahal kalau diperhatikan, akan banyak ditemukan kotoran, kerak dan bahkan jamur yang bersarang di celah-celahnya.

  • Emblem pada lingkar kemudi kerap terabaikan.

Umumnya kotoran macam itu akan menumpuk pada mobil yang usia pakainya lebih dari tiga tahun namun akan bergantung pada pemakaian juga. Mobil yang sering dipakai ke  luar kota biasanya akan lebih banyak menumpuk kotoran ketimbang mobil yang hanya dipakai di jalanan kota saja. Ciri emblem yang butuh perawatan adalah bila terlihat kusam lantaran sudah berlapis ragam noda.


Membersihkannya mudah dan bisa dilakukan sendiri. Alat yang diperlukan cukup cairan All Purpose Cleaner (APC) yang memang diperuntukkan untuk produk otomotif, sikat gigi bayi dan cotton buds. Produk All Purpose Cleaner banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil.

  • Alat yang diperlukan cukup cairan All Purpose Cleaner (APC) yang memang diperuntukkan untuk produk otomotif, sikat gigi bayi dan cotton buds.

“Hindari obat pengusir kerak yang biasa dijual di toko kimia,” wanti Samsudin, National Technical Advisor Astra Peugeot. Pasalnya cairan pembersih kerak biasanya mengandung unsur acid. Cairan ini dikhawatirkan akan merusak lapisan kilap pada emblem metal apalagi plastik.


Awali membersihkan area sekitar logo dengan air bersih. Lalu semprotkan cairan APC secara merata dibagian logo yang akan dibersihkan. Jika kotoran terlihat menumpuk semprotkan lebih banyak. Setelah dibiarkan beberapa saat lanjut dengan menggosokkan sikat gigi pada celah-celah emblem, tanpa perlu ditekan biasanya kotoran akan luruh. “Jika jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, bisa dibantu dengan menggunakan cotton bud,” tukas Samsudin.


Jika sudah terlihat bersih, bilas emblem air bersih. Untuk kotoran yang membandel biasanya perlu diulang agar kerak dan jamurnya benar-benar hilang.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.