• Editor

Peresmian Gresini MotoGP Racing Team: Beralih dari Aprilia Jadi Tim Satelit Ducati

Ada 4 sponsor asal Indonesia yakni Federal Oil, Aspira, Antangin dan Bold Rider.

Seluruh keluarga Gresini Racing Team bertekad meneruskan warisan mending Fausto Gresini untuk terus berkiprah di balap. Untuk musim komppetisi MotoGP 2022, pembalap Enea Bastianini dan Fabio Di Giannatonio jadi ujung tombak tim


OTOPLUS-ONLINE I Gresini Racing menjadi tim MotoGP pertama yang mengumumkan formasinya pada 15 Januari 2022 di Faenza, markas besar Gresini Racing yang terletak sekitar 267 kilometer arah Tenggara dari Milan, Italia.


Tim asal Italian ini mengumumkan lembaran baru dalam sejarah mereka dengan berpisah dari Aprilia dan menjadi tim satelit Ducati.


Gresini Racing bukanlah pemain baru di kelas para raja. Tim ini telah menorehkan banyak prestasi sejak berkiprah di 1997 bersama Honda. Melalui pembalap-pembalap bertalenta seperti Sete Gibernau, Marco Melandri, Toni Elias, dan Marco Simoncelli setidaknya 14 kemenangan berhasil mereka raih.

Carlo Merlini, selaku Marketing & Commercial Director dan Michele Mesini selaku Sporting Director


Pada acara unveiling atau peresmian tersebut sekaligus memperkenalkan secara lengkap seluruh formasi tim. Dimulai dari Nadia Padovani, istri mendiang Fausto Gresini yang kini menjabat sebagai Gresini Racing Team Owner, Carlo Merlini, selaku Marketing & Commercial Director, Michele Masini sebagai Sporting Director, dan tentunya dua pembalap muda mereka, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannatonio


Sebagai informasi, Enea Bastianini maupun Fabio Di Giannatonio yang akrab disapa Diggia bukanlah wajah baru di tim Gresini karena mereka merupakan rekan satu tim di Gresini Moto3. Enea gabung dengan Gresini Moto3 pada 2014-2018 sementara Digia pada musim balap 2015-2018.


Tahun lalu, merupakan kiprah perdana Enea di ajang MotoGP bersama tim Ducati Avintia Esponsorama, sementara Diggia tahun lalu merupakan skuad dari Gresini Federal Oil Moto2.


Baca juga: Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2022 Jadi Perhatian Besar Presiden Jokowi


"Menyenangkan bisa kembali ke Gresini, tim yang sudah seperti keluarga bagi saya dan sangat percaya pada saya sejak lama. Kami pernah bekerja sama selama tiga tahun dan saya hanya punya kenangan manis bersama mereka," ungkap Enea.


“Ini adalah tim yang hebat. Ini akan jadi perubahan besar, namun saya siap dan saya sudah tak sabar,” tutur Diggia bersemangat.

“Gresini sangat penting bagi Ducati,” kata Gigi Dall’igna, Ducati Corse General Manager.


Carlo Merlini mengatakan, “Momen ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim Gresini. Sepuluh bulan yang lalu kami belum tahu bagaimana masa depan kami, belum tahu motor apa yang akan dipilih, begitu juga anggaran dari sponsor yang dibangun dari nol. Namun berkat kerja kerasa Nadia,Luca dan Lorenzo (saudara Fausto Gresini, Red.) yang mengambil alih dengan berani dan tak terduga demi tekad meneruskan warisan Fausto ke masa depan, semua ini bisa terwujud. Hal itu sangat penting dan emosional.”

GP21 milik Gresini MotoGP Racing Team terlihat unik dengan tampilan retro


Di musim balap 2022 Enea dan Diggia akan membesut Ducati Desmosedici GP21. Menjawab pertanyaan OTOPLUS-ONLINE tentang setup motor terkait perbedaan postur antara Enea yang berpostur 168cm/64 kg dengan Diggia yang 175cm/68 kg Diggia menjelaskan kalau Ducati memiliki special part untuk menyesuaikan berbagai postur pembalap.


Pada kesempatan ini, OTOPLUS-ONLINE adalah satu dari beberapa media nasional yang diundang pada acara peresmian secara virtual ini.

Ducati Desmosedici GP21 Gresini ketika menjalani tes di Jerez akhir tahun 2021 lalu


Sementara untuk livery-nya, didesain oleh Aldo Drudi. Drudi tak hanya dikenal sebagai desainer livery motor-motor balap tapi juga helm. Pembalap yang jadi salah satu pelanggan Drudi adalah Valentino Rossi.


Drudi sendiri telah menjadi sahabat lama Fausto Gresini sejak ia masih jadi pembalap. Drudi coba menggabungkan aura Gresini dan Ducati dengan paduan warna biru retro dan merah. Warnanya tidak terlihat umum tapi akan unik di grid.

Aldo Drudi, owner Drudi Performance bersama Elisabetta Franchi, President & Owner Betty Blue Spa


“Kami coba mencari satu warna yang dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana Gresini menghadapi tantangan berikutnya,” ujar Drudi.


Hal yang menarik dari livery Gresini MotoGP Racing Team jelas pada tampilnya logo 4 sponsor asal Indonesia yakni Federal Oil, Aspira, Antangin dan Bold Rider.


Baca juga: Gresini Racing Bersama Federal Oil Melangkah ke MotoGP


Mengenai sponsor, Carlo Merlini menambahkan, “Sangat emosional melihat bagaimana para sponsor kami ingin menjadi bagian dari babak baru dari Gresini Racing. Kami berkomitmen memberikan yang terbaik dengan semangat dari partnership tersebut.”


Pada unveiling kemarin Gresini MotoGP Racing Team bahkan juga mendesain secara khusus seragam umbrella girl yang desainnya dipercayakan kepada Elisabetta Franchi, President & Owner Betty Blue Spa. Tim ini menjadi all-Italian line-up dengan tim, pembalap, dan motor berikut supporting team yang semuanya berasal dari Italia.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto