• Editor

Gresini Racing Bersama Federal Oil Melangkah ke MotoGP

Dari Federal Oil Gresini Racing Moto2 (FOGM2) berubah nama menjadi Federal Oil Ducati Gresini Racing Team, seiring status sebagai tim satelit Ducati di MotoGP 2022 mendatang.

Tahun 2022 mendatang, Federal Oil Gresini Racing Moto2 (FOGM2) naik ke kelas MotoGP


OTOPLUS-ONLINE I Tahun 2022, tim Federal Oil Gresini Racing Moto2 resmi pamit dari kelas menengah ini dan naik ke MotoGP bersama Ducati sebagai tim satelit, dengan nama Federal Oil Ducati Gresini Racing Team.


Hal itu diungkapkan Carlo Merlini, Commercial and Marketing Director Team Gresini Racing pada teleconference bersama media Indonesia, termasuk OTOPLUS-ONLINE hari ini, Kamis, 8 Juli 2021.


Sebagaimana diketahui Federal Oil telah menjalin kerjasama dengan Gresini Racing sejak 10 tahun yang lalu, sehingga keputusan menjadi sponsor utama menjadikannya sebagai sponsor utama pertama dari Indonesia di ajang MotoGP.


Baca juga: Wawancara Eksklusif: Indonesia MotoGP Gresini Racing Dipastikan Siap Berlaga 2022


“Kami sebenarnya menawarkan kesempatan yang sama kepada sponsor lain seperti Bold, Antangin, Astra Otopart, GS Astra, Aspira, Indonesia Racing, Riding Style, namun Federal Oil paling cepat mengambil kesempatan untuk menjadi sponsor utama tim. Namun kami masih terbuka bila ada sponsor lain asal Indonesia yang akan bergabung sehingga menjadi tim Indonesia yang utuh,” kata Carlo.

Carlo Merlini, Commercial and Marketing Director Team Gresini Racing


Sebelum memutuskan berduet dengan Ducati, Gresini sebelumnya juga telah menjalin komunikasi dengan Suzuki, KTM dan Aprilia. Namun Suzuki dan KTM agaknya belum siap untuk membangun tim satelit.


Baca juga: Federal Oil Kembali Jadi Sponsor Utama Gresini Racing di Kejuaraan Moto2 2021


“Sehingga dari parameter riding aspect, technical, sporting dan financial kami memutuskan untuk bekerjasama dengan Ducati,” jelas Carlo sembari menyebut masa kontrak selama dua tahun bersama Federal Oil.

Enea ‘Bestia’ Bastianini saat ini membalap untuk tim Ducati Avintia Esponsorama


Posisi rider dipercayakan kepada Enea Bastianini dan Fabio di Giannantonio. Enea Bastianini yang akrab dipanggil Bestia juara Moto2 2020 saat ini merupakan pebalap Ducati Avintia Esponsorama di ajang MotoGP.

Fabio ‘Diggia’ di Giannantonio menempati podium ketiga pada Moto2 Barwa Grand Prix of Qatar (28 Maret 2021)


Sementara Fabio di Giannatonia yang panggilan akrabnya Diggia saat ini membela Federal Oil Gresini Moto2. “Keduanya akan menjadi tim yang sangat kuat,” tukas Carlo.


Keduanya dipastikan akan membesut Ducati Desmosedici GP21 evolusi terakhir yang dipakai pada penutupan musim 2021 di Valencia. “Seperti kita ketahui, GP21 adalah motor yang sangat kompetitif sehingga memungkinkan pebalap mengeluarkan seluruh potensi terbaiknya,” yakin Carlo.


Baca juga: Federal Oil Gresini Racing Moto2 Siap Unjuk Gigi di Musim 2021


Menurutnya, perbedaan spesifikasi dengan Desmosedici GP22 yang nantinya akan dipakai Jack Miller, Fransesco Bagnaia, Johann Zarco dan Jorge Martin tidak akan terlalu signifikan dikarenakan tidak adanya major change seiring dengan pembatasan pengembangan untuk memotong biaya tim selama masa pandemi Covid-19.


Untuk desain grafik, Gresini Racing mempercayakan kepada Drudi Performance yang sudah lebih dari 10 tahun mendesain motor Gresini. “Kami pastikan hasilnya akan menjadi very cool design,” promonya.


Ketika ditanya sampai seberapa besar peran Federal Oil, Carlo mengatakan, untuk saat ini akan menjadi alat marketing dan promosi. Namun tidak tertutup kemungkinan nantinya motor balap Ducati akan menggunakan pelumas Federal Oil.

Baca juga: UMKM Bandung Ini Jadi Technical Supplier Gresini Racing di MotoGP 2021!


Seperti diketahui kalau induk perusahaan Federal Oil adalan Exxon Mobil yang merupakan perusahaan industri pelumas raksasa. Exxon Mobil memiliki teknologi penting, R&D department dan segalanya untuk memproduksi pelumas untuk motor MotoGP. Ada pembicaraan mengenai pengembangan dan penggunaan pelumas Federal Oil yang mana dapat digunakan Ducati.


“Pastinya kami tidak sabar menanti musim balap 2022 dimulai dan turun di GP Mandalika. Tentunya akan sangat membanggakan bagi tim untuk berlaga di sana,” tutup Carlo.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: MotoGP, Dok. OTOPLUS-ONLINE