top of page
  • Gambar penulisEditor

Piaggio Indonesia Jawab Semua Pertanyaan Tentang Vespa Batik

Apakah Vespa Batik ada di negara lain? Kenapa harganya mahal?

Start dari dealer Satya Motoplex Jalan Raya Jemursari 270 Surabaya


OTOPLUS-ONLINE I Vespa Batik merupakan produk Vespa pertama yang diciptakan dan dipersembahkan Piaggio Group spesial untuk masyarakat Indonesia. Produk ini diperkenalkan PT Piaggio Indonesia saat pembukaan pabrik perdana Piaggio Group di Indonesia pada 13 Desember 2022 lalu.


Vespa Batik Special Edition memadukan dua budaya ikonik dan kekayaan warisan yang membanggakan asal Indonesia dan Italia. Melalui proyek kolaborasi bersama rumah desain batik premium, Iwan Tirta Private Collection ini, merek Vespa terus menyelaraskan diri agar relevan dengan pasar lintas generasi. Misinya melestarikan warisan batik melalui desain batik yang premium dan inovatif.

Awak media diajak merasakan impresi city ride naik Vespa dengan berkeliling Surabaya


Untuk lebih mengenalkan Vespa Batik, PT Piaggio Indonesia mengadakan sharing session bersama awak media di Surabaya pada 3 Februari 2023. Melalui acara ini diharapkan akan menjawab semua pertanyaan mengenai seluk beluk dan detail Vespa Batik.


Mengapa Vespa Batik berwarna hijau?

Ayu Hapsari, BTL, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia & Yolanda Goretty, PR & Communication Officer PT Piaggio Indonesia


Ayu Hapsari, BTL, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia menjelaskan, “Warna hijau itu ciri warna Vespa. Seperti diketahui di Indonesia, Piaggio Group menghadirkan 4 brand yaitu Piaggio dengan ciri warna biru, Vespa warna hijau, Aprilia warna merah dan Moto Guzzi warna hitam.”


Mengapa Vespa LX?

Vespa LX merupakan salah satu tipe ikonik yang dihadirkan pada perayaan ulang tahun Vespa ke-60 (LX). Tipe ini juga merupakan model yang dirakit untuk pertama kalinya di pabrik Piaggio Group di Indonesia.


Kenapa memilih motif batik seperti itu?

Vespa Batik ditawarkan satu set lengkap dengan Genuine Vespa Batik helmet yang eksklusif dan top box Vespa Batik dengan warna dasar Green Relax


Motif yang dihadirkan tidak asal tempel. “Motif batik dibuat dengan penuh perhitungan ada doa dan cita-cita di situ,” tambah Ayu. Motif yang merupakan kolase dari beberapa motif batik melambangkan Indonesia secara komplet dari Sabang sampai merauke.


“Pola batik kreasi Iwan Tirta ini merupakan adaptasi dari pola tradisional yang kemudian dinamai “Tambal Jagad”. Pola ini memiliki makna filosofis yang mendalam dengan menggambarkan kolase berbagai pola batik tradisional, yang terinspirasi oleh beragam latar belakang dan budaya, mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar,” terang Yolanda Goretty, PR & Communication Officer PT Piaggio Indonesia.



Desain pola yang melekat pada Vespa Batik menampilkan perpaduan 7 pola tradisional yang melambangkan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, yang mewakili luas wilayah Indonesia dari Barat ke Timur.


Adapun, ketujuh motif dan filosofi batik tersebut adalah:

1. Sokowani – dari area Sumatra: simbol pesona dan kharisma

2. Megamendung – dari Jawa Barat: simbol kemakmuran dan sumber kehidupan

3. Kawung – dari Jawa Tengah: simbol kepemimpinan dan kebijaksanaan

4. Perisai – dari area Kalimantan: simbol perlindungan dan kegigihan

5. Poleng – dari Bali: simbol keseimbangan hidup

6. Tenun Ikat Menjangan – dari area Nusa Tenggara: simbol penghormatan kepada leluhur

7. Ayam Kasuari – dari area Papua: simbol kekuatan dan umur panjang


Ketujuh motif ini punya filosofi yang mirip dengan filosofi Vespa.


Apakah Vespa Batik ada di negara lain?

Saat ini Piaggio Indonesia sedang menggelar promo dimana setiap pembelian Vespa Batik akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp 16 juta dan flyscreen genuine


“Kita harus bangga karena Satu-satunya Vespa yang dipersembahkan untuk suatu negara. Tidak ada dalam sejarah Piaggio Group menciptakan suatu produk untuk suatu negara. Vespa Batik merupakan simbol cinta Piaggio Group kepada Indonesia. Ini merupakan persembahan khusus dari Indonesia untuk Indonesia,” tandas Ayu Hapsari.

Namun tidak seperti beberapa model limited yang pernah dihadirkan, Vespa Batik meski berstatus Special Edition, sengaja diproduksi lebih banyak agar lebih banyak dengan waktu pemasaran yang lebih panjang.



Tujuannya dengan akses lebih lama masyarakat jadi punya peluang untuk memilikinya. Tidak seperti produk limited yang belum dipajang di dealer sudah habis terjual.


Meski sudah dibuat di Indonesia, kenapa harganya mahal?

Piaggio Indonesia sedang mengadakan program khusus untuk pembelian Vespa Batik yang dipasarkan dengan harga Rp 80.300.000 (OTR Surabaya)


Untuk diketahui, Vespa LX produksi Indonesia menggunakan komponen yang sama dengan yang diproduksi dari pabrik Piaggio di Italia atau Vietnam.



Jadi skuter ini didatangkan dalam kondisi CKD (Completely Knock Down) yang kemudian dirakit di pabrik Piaggio di Karawang.


Di Surabaya, Vespa Batik dipasarkan dengan harga OTR Rp 80.300.000. “Mahal itu relatif karena Vespa dan Batik masing-masing adalah mahakarya. Mahakarya yang bernilai investasi,” pungkas Yolanda.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Piaggio Indonesia

Bình luận


bottom of page