• Editor

Porsche Perkenalkan New Taycan Cross Turismo, Mobil Sport Elektrik Serbaguna di Indonesia

Empat varian model Taycan Cross Turismo akan segera tersedia setelah peluncuran.

Memperkenalkan Taycan Cross Turismo sekaligus mini workshop mengenai sistem charging di Taycan


OTOPLUS-ONLINE I Melengkapi keluarga New Taycan, rangkaian produk all-electric Porsche, Porsche Indonesia memperkenalkan New Taycan Cross Turismo, versi off-road serbaguna dari New Taycan pada acara Media Exclusive Preview yang bertempat di Hutan Kota Plataran, Jakarta Pusat.

Fitur Gravel Mode meningkatkan kemampuannya di medan off-road


Tampilan visualnya, Taycan Cross Turismo sangat mirip dengan mobil konsep Mission E Cross Turismo yang dipresentasikan di Geneva Motor Show 2018. Siluetnya ditentukan oleh sporty garis atap miring ke bawah ke belakang yang disebut 'flyline' oleh desainer Porsche.

Nuansa interiornya identik dengan Porsche Taycan


Desain off-road elemen termasuk trim lingkar roda, apron bawah depan dan belakang yang unik dan kusen samping. Cross Turismo memiliki flap khusus di sudut bumper depan dan belakang juga pada ujung kusen sebagai bagian dari paket off-road design. Ini membuat eksterior yang mencolok sekaligus memberikan perlindungan dari percikan kerikil atau batu.

Jason Broome, Managing Director Porsche Indonesia


Jason Broome, Managing Director Porsche Indonesia dalam sambutannya mengatakan, “Kami sangat bersemangat menghadirkan Taycan Cross Turismo ke Indonesia. Dengan volume penjualan Taycan yang mengesankan, kami yakin Cross Turismo akan mendapatkan lebih banyak antusiasme pasar.”

Dilengkapi dengan arsitektur pengisian hingga 800 volt untuk proses pengisian ulang daya lebih cepat


Pada acara tersebut, Porsche Indonesia juga menghadirkan mini workshop sistem charging pada Taycan. Saat ini Porsche Indonesia bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Deltas sedang mengembangkan charging station untuk kendaraan listrik di beberapa kota besar Indonesia.


Ini selaras dengan komitmen Porsche untuk masa depan yang berkelanjutan, sekaligus mendukung dan mempromosikan kampanye kendaraan listrik di Indonesia.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (2): Lebih Terasa Sport Car Ketimbang SUV!


Seperti sedan sport Taycan, Taycan Cross Turismo mendapat manfaat dari penggerak listrik inovatif dengan arsitektur pengisian hingga 800 volt, sasis berteknologi tinggi baru dengan penggerak semua roda dan suspensi udara adaptif juga memastikan dinamika off-road tanpa kompromi.


Desain bodinya menciptakan 36 milimeter ruang kepala lebih leluasa pada kursi belakang penumpang serta kapasitas bagasi yang mencapai volume lebih dari 1.200 liter dengan akses pintu belakang yang besar, membuat Cross Turismo merupakan kendaraan serbaguna sesungguhnya.


Taycan Cross Turismo Model Range

Empat varian model Taycan Cross Turismo akan segera tersedia setelah peluncuran. Satu satu fitur unggulan Taycan Cross Turismo adalah penggunaan Performance Battery Plus berkapasitas 93,4 kWh sebagai standar.

Khusus untuk Taycan Cross Turismo, Porsche telah mengembangkan carrier belakang hingga tiga sepeda yang dapat digunakan secara universal untuk yang berbeda jenis sepeda


Keempat modelnya tersebut adalah sebagai berikut:


• Taycan 4 Cross Turismo dengan 280 kW (380 PS; gabungan emisi CO₂ (NEDC) 0g/km, gabungan emisi CO₂ (WLTP) 0 g/km, Konsumsi daya listrik* gabungan (NEDC) 28,1 kWh/100 km, Konsumsi daya listrik* gabungan (WLTP) 26,4 – 22,4 kWh/100 km, gabungan jangkauan listrik (WLTP) 389 – 456 km), tenaga yang lebih besar untuk Launch Control 350 kW (476 PS), akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,1 detik, kecepatan tertinggi 220 km/jam, jangkauan (WLTP) 389 – 456 km


• Taycan 4S Cross Turismo dengan 360 kW (490 PS; gabungan emisi CO₂ (NEDC) 0 g/km, gabungan emisi CO₂ (WLTP) 0 g/km, Konsumsi daya listrik* gabungan (NEDC) 28,1 kWh/100 km, Konsumsi daya listrik* gabungan (WLTP) 26,4 – 22,6 kWh/100 km, gabungan jangkauan listrik (WLTP) 388 – 452 km), daya yang lebih besar dengan Launch Control 420 kW (571 PS), akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,1 detik, kecepatan tertinggi 240 km/jam, jarak (WLTP) 388 – 452 km


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


• Taycan Turbo Cross Turismo dengan 460 kW (625 PS; gabungan emisi CO₂ (NEDC) 0 g/km, gabungan emisi CO₂ (WLTP) 0 g/km, Konsumsi daya listrik* gabungan (NEDC) 28,7 kWh/100 km, Konsumsi daya listrik* gabungan (WLTP) 25,9 – 22,6 kWh/100 km, gabungan jangkauan listrik (WLTP) 395 – 452 km), daya yang dilebih-lebihkan dengan Launch Control 500 kW (680 PS), akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,3 detik, kecepatan tertinggi 250 km/jam, jarak (WLTP) 395 – 452 km


• Taycan Turbo S Cross Turismo dengan 460 kW (625 PS; gabungan emisi CO2 0 g/km, konsumsi listrik gabungan 29,4 kwh/100 km), daya overboost dengan Launch Control 560 kW (761 PS), akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik, kecepatan tertinggi 250 km/jam, jarak tempuh (WLTP) 388 – 419 km.

Tersedia paket off-road opsional yang akan meningkatkan ground clearance 30 mm sehingga lebih aman di medan off-road


Di keempat model tersebut, Taycan Cross Turismo memiliki sasis berteknologi tinggi dengan penggerak semua roda dan suspensi udara adaptif hadir sebagai standar. Tersedia paket off-road opsional yang akan meningkatkan ground clearance hingga 30 mm.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!


Artinya Cross Turismo juga dapat dikendarai di medan off-road yang menantang. Terdapat fitur Gravel Mode sebagai standar untuk meningkatkan pengendalian di jalan yang berkerikil kasar.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche