• Editor

Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!

Mobil listrik ini gelontorkan tenaga 761 HP, dan torsi 1050 Nm. Tenaga sebesar itu didapat dari awal atau 0 rpm hingga top speed 260 Km/jam, tanpa perpindahan gigi!
  • Taycan merupakan sports car listrik murni pertama buatan Porsche

OTOPLUS-ONLINE I Itulah gambaran varian tertinggi mobil listrik Porsche Taycan, yakni Turbo S yang diperkenalkan pada para jurnalis oleh Eurokars Group Indonesia di dealer Porsche Indonesia, Jl. Sultan Iskandar Muda No.51, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (13/2) lalu. Bakal hadirnya Porsche Taycan ini sendiri telah kami beritakan sebelumnya pada pertengahan Desember 2020 lalu.


Baca juga:


Jurnalis yang datang dibatasi secara kelompok, masing-masing perwakilan empat media. Tentunya ini adalah bagian dari protokol kesehatan yang relatif ketat. Mulai dari masker, berlapis face shield, dan diharuskan memakai sarung tangan yang disediakan pihak Eurocars.

  • Showroom Porsche Indonesia

Menjejakkan kaki di ruangan showroom, OTOPLUS-ONLINE langsung menjumpai berbagai tipe Porsche dengan warna-warni memukau tampak berjajar di ruangan display, siap menyambut para penggemarnya. Hanya Porsche Taycan yang akan diperkenalkan yang tidak terdapat di ruangan display tersebut.

  • Porsche Cayenne Hybrid

  • Kendaraan listrik sudah dikembangkan Porsche sejak awal abad 20

Sebelum memasuki ruang launching, awak media diajak melihat tembok sejarah Porsche dari masa ke masa. Ternyata kendaraan listrik sudah dikembangkan Porsche sejak awal abad 20 melalui Porsche P1.


Awak media kemudian diajak mengenal Porsche Cayenne Hybrid berwarna putih. Inilah kendaraan hybrid pertama buatan Porsche yang teknologinya kemudian dikembangkan untuk digunakan Taycan.


Setelah memasuki ruang launching yang dikonsep menyerupai bioskop mini dengan hanya 4 kursi, kami disuguhi video teaser Porsche Taycan, dan tak lama kemudian disusul kehadiran Taycan yang muncul dari balik tembok bioskop ini tersebut.

  • Porsche Taycan Turbo S adalah versi terkuat dan tercepat

Unit yang dipamerkan ini merupakan varian tertinggi, Porsche Taycan Turbo S. Dibawah varian Turbo S ada varian Taycan Turbo, Taycan 4S dan Taycan (Basic).


Jason Broome, Managing Director Eurokars Group Indonesia menuturkan, Porsche Taycan Turbo S adalah versi Taycan terkuat dan tercepat.

  • Spoiler belakang dan aksen karbon membedakan dengan varian-varian di bawahnya

Eksterior dibedakan dari adanya aksen karbon di bagian depan bawah dan spoiler belakang. Taycan Turbo S mengusung Sport Design Package yang mengedepankan desain yang agresif dan aerodinamis.

  • Electric opening charging port, sentuh bagian bawahnya, cover electric charging port akan terbuka

Taycan Turbo S dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 93,4 kWh yang dinamakan Performance Battery Plus. Bandingkan dengan baterai Hyundai Ioniq yang hanya 37,3 kWh. Sementara model Basic dan Taycan 4S mengadopsi Performance Battery yang memiliki kapasitas 79.2 kWh.

  • Konsumen dapat menentukan rona interior sesuai seleranya

"Untuk mengisi baterai raksasa itu, Porsche mengembangkan teknologi speed charging (pengisian daya cepat) hingga daya 250 kWh, dengan kemampuan sebesar itu pengisian daya bisa dilakukan dalam waktu 15-20 menit," kata Broome.

  • Seperti ini bagian dalam Taycan Turbo S

Kendalanya kondisi infrastruktur Tanah Air saat ini belum mendukung. Kemampuan fast charging maksimal saat ini terbatas di 50 kWh. Dengan kemampuan pengisian sebesar 50kWh pengisian daya di Taycan Turbo S (0-100%) akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit, sementara untuk pengisian baterai 0-50% butuh waktu sekitar 1 jam.

  • Rem keramik (Porsche Ceramic Composite Brake) untuk mengawal kemampuan supernya

Motor listrik di Taycan dan Taycan 4S dapat menghasilkan tenaga sebesar 530 dk, di Taycan Turbo tenaganya mencapai 680 dk sementara Taycan Turbo S menyentuh 761 dk dengan torsi 1.050 Nm.


“Torsi sebesar itu hadir dari 0 rpm! Sensasinya 1.050 Nm bisa dirasakan instan tanpa perpindahan gigi, tanpa kopling, ibarat didorong jin. Top speed-nya dibatasi 260 Km/jam,” ujar Rico Boen, Trainer dari Eurokars Group Indonesia.


Baca juga:


Broome menambahkan. "Penumpang akan merasakan sensasi berbeda mengendarai mobil berperforma tinggi yang melaju tanpa suara. Mengendarai Taycan, seperti naik karpet ajaib melesat cepat tanpa suaranya. Ya, mobil ini seperti karpet ajaib!" ucapnya.

  • Porsche Taycan Turbo S, varian tertinggi yang dihargai Rp 5 - 6 Milyar

Untuk harga, sangat bergantung pada option yang dipilih. Namun harga dasar untuk Porsche Taycan (basic) adalah Rp 2,5-2,7 miliar rupiah sedangkan Taycan Turbo S sebagai varian top off the line Harganya Rp 5-6 miliar rupiah. Porsche Indonesia menggaransi baterai hingga 8 (delapan) tahun tanpa batasan kilometer.


Teks & Foto: Setiawan AS

Editor: Nugroho Sakri Yunarto

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.