• Editor

Reflektor Headlamp Peugeot Lawas Menguning

Selain faktor usia, dan cuaca masih ada sebab lain. Apakah itu?

Headlamp menguning selain kemampuan pencahayaan berkurang, juga kurang enak dipandang


OTOPLUS-ONLINE I Sejak tahun 1990 penggunaan headlamp berkaca mika semakin jamak digunakan. Kami ingat di Indonesia tren itu diawali oleh Honda Accord Maestro. Selain biaya produksi yang lebih murah dan ringan, headlamp mika mudah dibentuk menyesuaikan desain mobil-mobil modern yang kian atraktif.


Tapi headlamp mika punya kelemahan, permukaan mikanya bisa menguning, tidak seperti headlamp dengan permukaan kaca yang awet.

Bila sering dijemur, headlamp akan lebih cepat menguning


Seiring bertambahnya usia, sebenarnya hal itu wajar. Umumnya untuk mobil yang sering dijemur di bawah paparan sinar matahari langsung yang kaya dengan sinar ultraviolet (UV), headlamp akan menguning setelah 3-4 tahun pemakaian. Untuk mobil yang jarang dijemur sih bertahan lebih dari 10 tahun.


Jika menguning, otomatis kualitas pencahayaan yang dihasilkan kurang optimal akibatnya ketika digunakan berkendara di malam terlebih dalam kondisi hujan jalanan akan terlihat kurang jelas.


Sehingga menjadi keharusan bagi pemilik kendaraan untuk memahami cara membersihkan dan merawat lampu depan mobil. Sejatinya, hal ini dapat dilakukan secara mandiri karena sangatlah mudah, dan bisa dilakukan sendiri di rumah.


“Langkah diawali dengan menyiapkan perlengkapan, proses pembersihan dan menghilangkan bekas baret jika ada,” jelas Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot.


Selain faktor usia, cuaca faktor-faktor seperti munculnya jamur pada permukaan mika, goresan, faktor pemakaian juga dapat menjadi penyebab turunnya kualitas headlamp.

Karet penutup bohlam, jarang terpantau karena letaknya yang tersembunyi


Coba perhatikan karet penutup bohlam yang ada di pantat headlamp. Karena letaknya yang tersembunyi, tanpa disadari kadang-kadang karet penutup bohlam ini sudah sobek atau getas.


Bila begitu, air dapat dengan mudah masuk ke rumah lampu, begitupun debu atau kotoran. Jika alami hal ini, segeralah ganti atau merapikan seal agar tidak ada celah yang memungkinkan air ataupun debu merangsek masuk.


Masih ada lagi pemicu menguningnya headlamp. Perubahan warna pada mika lampu mobil bisa jadi disebabkan oleh karena panas yang muncul dari bohlam lampu.


Panas ini terjadi bisa akibat sirkulasi udara di dalam headlamp yang mampat karena kesalahan pemasangan sil karet penutup bohlam.


Atau pemilik kendaraan dengan sengaja mengganti kemampuan bohlam dengan daya yang lebih besar. Misal dari standarnya yang 55/60 watt menjadi 90/100 watt.


“Akibatnya panas yang dihasilkan juga lebih tinggi yang efek dominonya akan menyebabkan mika lampu berubah menjadi kekuningan,” tutup Roni.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto