• Editor

Rifat Sungkar Ungkap Penyebab Kecelakaan Sean Gelael dan Bamsoet

Insiden terjadi pada Kejurnas Sprint Rally 2021 berlangsung di Meikarta, Karawang pada Sabtu, 27 November 2021

OTOPLUS-ONLINE I Hari pertama putaran 4 atau putaran terakhir dalam kalender Kejurnas Sprint Rally 2021 yang berlangsung di Meikarta, Karawang pada Sabtu, 27 November 2021 kemarin diwarnai kecelakaan cukup fatal menimpa Sean Gelael pada SS2 yang dimulai pada siang hari.


Mobil Citroen C3 yang dikendarainya jungkir balik dan membuat mobil andalan tim Citroen WRC itu hancur. Untung saja, Sean dan Bambang Soestayo, Ketua PP IMI, yang menjadi navigatornya tidak mengalami cedera.


Bahkan Bamsoet yang juga adalah Ketua MPR RI tersebut sempat mengunggah video yang mempertontonkan terjadinya insiden itu melalui instagram-nya.


Baca juga: Bamsoet Resmikan Drone EHang 216 Jadi Kendaraan Resmi IMI, Apa Saja Kelebihannya?


Tampak dalam video tersebut, mobil Citroen terlempar ke depan dan terguling-guling. Setelah evakuasi, Bamsoet yang masih mengenakan pakaian balap menyampaikan dirinya dan Sean Gelael dalam kondisi baik.

Bamsoet beberapa saat setelah insiden kecelakaan


"Alhamdulillah saya serta Sean selamat tanpa mengalami luka-luka. Selain karena kendaraan Citroen C3 R5 yang terkenal memiliki tingkat safety level internasional, yang di homologasi World Rally kelas 2, saya dan Sean bisa selamat dari kecelakaan karena Sean yang berada di balik kemudi bisa tetap tenang walau posisi mobil terbalik."


"Bahkan Sean keluar membalikkan sendiri mobil yang miring, sementara saya tetap berada di dalam dan Sean membantu saya keluar tanpa bantuan orang lain."

Sean Gelael bersama Bambang Soesatyo turun dengan status eksibisi di bawah tim Citroen WRC dalam Kejurnas Sprint Rally 2021 di Meikarta


"Di situ saya menyaksikan langsung mental Sean sebagai pembalap level dunia. Meski mobil terbalik, ia tetap tenang. Menanyakan keadaan saya, dan kemudian mengarahkan agar saya tidak bergerak, Sean keluar mobil dulu, baru membantu saya keluar dari mobil," ujar Bamsoet dalam keterangannya, usai membuka serta mengikuti Kejurnas Sprint Rally 2021 di Meikarta, Bekasi, Sabtu, 27 November 2021, dikutip dari instagram-nya.


Menanggapi insiden kecelakaan yang menima Sean/Bamsoet tersebut, Rifat Sungkar, pereli nasional andalan Mitsubishi Xpander Rally Team mengatakan, lokasi dimana Sean mengalami kecelakaan memang sempat menjadi sorotan para pereli.

Tangkapan layar video insiden kecelakaan yang dialami Sean Gelael dan Bambang Soesatyo pada Kejurnas Sprint Rally 2021 yang berlangsung di Meikarta, Karawang pada Sabtu, 27 November 2021


Pasalnya area gravel yang menjadi penghubung dengan trek aspal itu cukup berbahaya dengan kehadiran lumpur yang cukup dalam.


“Gravel di bagian itu memang cukup berbahaya, lintasannya bergelombang dan terdapat lumpur yang cukup dalam,” papar Rifat dalam keterangannya.

Rifat Sungkar berpasangan dengan M. Redwan dalam Mitsubishi Xpander Rally Team


Di area itu pula Rifat yang berpasangan dengan M. Redwan sedang bersaing meraih mahkota juara melawan Ryan Nirwan/Adi Indiarto, dan H. Rihans Variza/Andy Rendy di kelas M1 ini sempat mengalami kendala. Mobilnya sempat mati akibat throttle sensor-nya bergeser gara-gara terbanting keras di area, dimana Sean mengalami kecelakaan.

Menurut Rifat, karakter lintasan Meikarta kali ini terbilang tidak beraturan. Keberadaan area gravel dengan permukaan bergelombang dan kehadiran lumpur menjadi rintangan yang membahayakan.


Baca juga: Kejurnas Sprint Rally 2021 Putaran 2: Mitsubishi Xpander Rally Team Hadapi Tantangan Berat


Di sisi lain, lintasan kali Meikarta yang baru ini membutuhkan perhitungan yang matang dalam pemilihan setup kendaraan. Lintasan aspalnya yang mulus sangat berlawanan dengan bagian gravel yang bergelombang.


Bamsoet Tak Kenal Jera, Langsung Drifting!

Setelah alami insiden kecelakaan Kejurnas Sprint Rally 2021, Bamsoet langsung lanjut menjadi navigator Akbar Rais dalam Kejurnas Drifting 2021 yang juga digelar di Meikarta, Bekasi, pada hari yang sama


Menariknya, usai insiden yang menimpa dirinya, Bambang Soesatyo menekankan tidak ada kata jera untuk ikut serta memeriahkan kejuaraan balap.


Walaupun baru saja mengalami kecelakaan tunggal bersama Sean Gelael saat turun dengan status eksibisi dalam Kejurnas Sprint Rally 2021 di Meikarta, dirinya tetap melanjutkan menjadi navigator Akbar Rais

dalam Kejurnas Drifting 2021 yang juga digelar di Meikarta, Bekasi, pada hari yang sama, Sabtu, 27 November 2021.


"Sensasi drifting bersama Akbar Rai sangat luar biasa. Tidak heran jika Akbar Rais menjadi drifter papan atas Indonesia, bahkan juga untuk level internasional. Walaupun sempat mengalami kecelakaan bersama Sean Gelael saat menjadi eksibisi di Sprint Rally, namun saya tetap bisa mengikuti drifting dengan nyaman. Tidak ada ketakutan sama sekali," ujar Bamsoet dalam keterangannya usai menjadi navigator Akbar Rais melawan drifter andal Dani Ferdito.


Teks: Indramawan

Foto: Instagram @bambang.soesatyo, Mitsubishi XpanderRallyTeam