• Editor

Rossi Bantah Telah Teken Kontrak Dengan Petronas SRT


Tak lama ini sempat beredar kabar, Valentino Rossi telah tanda tangani kontrak dengan tim satelit Yamaha Petronas SRT untuk musim 2021. Namun kemudian, Rossi membantah berita tersebut.


"Kabar yang mengatakan saya sudah tanda tangani kontrak itu tidak benar!” kata pembalap juara dunia 9 kali tersebut saat melakukan tes di Jerez (15/7) kemarin.


Namun demikian, Rossi membenarkan kata sepakat sudah dekat. “Saya ingin terus balap tahun 2021 nanti, dan saya sudah bicarakan dengan Yamaha, terutama dengan Razlan Razali (pimpinan Yamaha Petronas SRT), Wilco] Zeelenberg (pimpinan Yamaha MotoGP), dan Johan Stigifelt (dari Petronas selaku sponsor utama), dan saya cukup gembira dengan hasil pembicaraan kami,” terang Rossi.


Sepertinya, salah satu faktor yang jadi kendala tertundanya kesepakatan ini adalah tarik ulur keinginan Rossi untuk memboyong seluruh personelnya ke tim ini, hingga dikhawatirkan akan menggeser posisi orang-orang yang selama ini bekerja untuk Petronas SRT.

  • Meski belum 100%, tapi 99% Rossi akan bergabung ke tim Petronas SRT tahun 2021 mendatang.

Dan ini dibenarkan Rossi. “Kami ada beberapa hal untuk dibicarakan, terutama terkait dengan tim, atau orang-orang yang akan bekerja untuk saya. Tapi 99% saya akan membalap untuk Petronas tahun 2021, meski saya bekum tanda tangani apa-apa.”


Sebagai info, Rossi kehilangan kursinya di tim pabrikan Yamaha tahun depan, karena keputusannya menunda teken kontrak hingga balap berjalan beberapa seri. Ini dilakukan Rossi untuk melihat, apakah Yamaha telah melakukan perbaikan atas beberapa kelemahan pada besutannya. Ya, ,musim kompetisi lalu, performa M1 belum sesuai harapan karena masih banyak kekurangan.


Namun demikian, Yamaha khawatir keputusan Rossi menunda kontraknya ini akan menimbulkan permasalahan lain, terkait line up pembalap. Bursa pembalap 2021 jadi ramai karena banyak pembalap yang habis masa kontraknya.


Tak ada cara lain bagi Yamaha untuk segera mengamankan kontrak pembalapnya, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo (pembalap Yamaha Petronas SRT) lantaran Ducati mulai melirik keduanya.


Menurut rencana, jika jadi bergabung dengan tim Pertronas SRT, Rossi akan menerima support dari Yamaha berupa motor spek pabrikan.


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com