• Editor

Rossi dan Vinales Hadiri Launching Tim Yamaha Racing Indonesia 2020


Suasana launching Tim Yamaha Racing Indonesia 2020 pada Yamaha Indonesia Motorsport Conference di Bandara International Hotel, Tangerang Banten (04/02).

Dua pembalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales menghadiri launching Tim Yamaha Racing Indonesia 2020 yang digelar di Bandara International Hotel, Tangerang Banten hari ini (04/02). Turut hadir pula pada kesempatan ini Lin Jarvis selaku Managing Director, Yamaha Motor Racing. Mereka hadir secara khusus untuk memberikan dukungan moral kepada para pembalap Yamaha Racing Indonesia dalam meraih hasil terbaik di kejuaraan nasional maupun internasional, sesuai dengan motto ‘Untuk Merah Putih Semakin di Depan’.

Semangat untuk meraih hasil terbaik di kejuaraan nasional maupun internasional, sesuai motto ‘Untuk Merah Putih Semakin di Depan’.

”Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan Yamaha Racing Indonesia telah bekerja sekian tahun lamanya untuk menghadirkan beragam aktivitas racing yang memang telah menjadi budaya serta DNA kuat Yamaha. Tujuan kami adalah untuk mengembangkan budaya balap yang kuat di Indonesia serta membina para pembalap professional untuk mencapai level kompetisi kelas dunia. Ya, kami ingin melahirkan local hero melalui aktivitas balap Yamaha, dan hari ini dengan bangga kami ingin memperkenalkan kepada Anda formasi lengkap untuk musim balap 2020,” sambut Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Formasi lengkap Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Pada kesempatan ini turut disampaikan pula agenda balap Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI), lengkap dengan formasi pembalapnya. Total ada 9 tim YRI yang akan berlaga di kompetisi Motoprix, serta 6 tim di ajang Oneprix yang menggeber motor MX-King 150. Sedangkan pada balapan IMS, Yamaha menurunkan 5 tim yang memacu motor sport unggulan Yamaha yaitu YZF-R15 dan YZF-R25.

Turut mempromosikan produk terbaru Yamaha, yakni XSR 155, All New Nmax 155, dan WR 155R.

Sementara itu, formasi tim YRI yang bertempur di ARRC menyodorkan nama-nama pembalap andalannya seperti Aldi Satya Mahendra, Wahyu Nugroho, serta M.Faerozi dan Anggi Setiawan yang merupakan anak didik Valentino Rossi di VR46 Master Camp.

Aldi Satya dan Wahyu Nugroho jadi ujung tombak di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas Underbone dan AP250.

Aldi Satya Mahendra yang telah menunjukkan tajinya di kelas Under Bone 150 (UB150) musim lalu dengan menempati peringkat 4 klasemen akhir berkat catatan naik podium 3 kali, akan kembali berjuang meraih hasil lebih baik lagi tahun ini.

Lain halnya dengan Wahyu Nugroho yang naik ke kelas Asia Production 250 (AP250). Bersama rekan setimnya Anggi Setiawan. Keduanya akan menggunakan YZF-R25 generasi terbaru.

M. Faerozi bakal menjajal kemampuan di kelas Supersports 600cc.

Lalu di kelas Supersports 600cc, tantangan baru menanti bagi M. Faerozi yang sudah menimba pengalaman di kelas AP250. Arek Lumajang, JawaTimur yang tahun ini akan menginjak usia 17 tahun tersebut sempat menjadi pembalap wild card di seri ke-9 World Supersport 300 yang digelar di sirkuit Losail, Qatar, 24-26 Oktober 2019 lalu menggunakan Yamaha YZF-R3 yang merupakan produk global buatan Indonesia.

Galang Hendra Pratama akan memulai babak baru perjalanan karier balapnya di pentas dunia dengan tampil perdana di World Supersport Championship (WorldSSP) bersama bLU cRU Yamaha WorldSSP by MS Team.

Di level lebih tinggi lagi, Galang Hendra Pratama akan memulai babak baru perjalanan karier balapnya di pentas dunia dengan tampil perdana di World Supersport Championship (WorldSSP). Bergabung dengan bLU cRU Yamaha WorldSSP by MS Team, pembalap muda asal Yogyakarta itu akan menggeber All New Yamaha YZF-R6 pada 13 seri balapan musim 2020. Skill dan talentanya bakal diuji di kompetisi yang lebih sengit ini setelah menjalani balap dua musim penuh di World Supersport 300 (WSSP300).

Galang (20 tahun) bakal membesut All New Yamaha YZF-R6 pada 13 seri balapan musim 2020.

Pada peluncuran tim YRI ini, sekaligus juga diinformasikan kalender balap Yamaha Cup Race 2020 yang akan digelar 6 seri di berbagai wilayah Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan.

Yamaha Cup Race (YCR) 2020 bakal digelar 6 seri di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan.

Yamaha pun konsisten memberikan wadah bagi komunitas pengguna YZF-R25 dan YZF-R15 untuk menyalurkan kecintaannya pada balapan di ajang Yamaha Sunday Race yang diadakan sebanyak 4 seri di Sentul International Circuit.

Yamaha Endurance Festival memasuki tahun ke-3 penyelenggaraan.

Di sirkuit yang sama juga akan dihelat kompetisi balapan yang makin populer Yamaha Endurance Festival yang memasuki tahun ke-3 penyelenggaraannya. Event racing itu merupakan balap ketahanan pertama yang diadakan oleh pabrikan sepeda motor di Indonesia. Tahun ini melombakan dua kelas berdurasi 2 jam balapan, yaitu Profesional & Community 250 (YZF-R25) dan kelas Community 155 (YZF-R15).


Teks: Indramawan

Foto: YIMM