top of page
  • Gambar penulisEditor

Sambut BMW Social Week 2022, BMW Group Indonesia Resmikan BMW SAFE SPACE

Donasikan dana senilai Rp350.000.000 kepada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rorotan Indah yang disalurkan melalui Save the Children Indonesia pada 16 November 2022.

OTOPLUS-ONLINE I BMW Group Indonesia ikut menyambut BMW Social Week, pekan berbagi yang diinisiasi oleh BMW Group Global yang dilakukan serentak di seluruh negara, di mana BMW beroperasi dengan meresmikan BMW SAFE SPACE di RPTRA Rorotan Indah.


RPTRA Rorotan Indah menghadapi berbagai masalah yang dapat membahayakan anak-anak dan masyarakat sekitar.


Misalnya, yang pertama, RPTRA dikelilingi oleh rawa dan saluran banjir tanpa dinding beton. Kedua, area bermain yang sudah rusak akibat banjir dan tidak layak digunakan.


Ketiga, fasilitas umum seperti aula yang harus mendapat perbaikan, terutama atapnya yang terbuat dari asbes dapat berisiko bagi masyarakat yang menggunakan aula.


Keempat, absennya program berkelanjutan yang dilakukan di RPTRA. Padahal, program berkelanjutan sangat penting, tak hanya sebagai peningkatan layanan RPTRA, tetapi untuk kegiatan positif anak dan orang muda sekitar. Misalnya, menciptakan sistem perlindungan terpadu berbasis masyarakat (PATBM), mengampanyekan STOP Kekerasan di lingkungan RPTRA, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut BMW Group Indonesia mendonasikan dana senilai Rp350.000.000 kepada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rorotan Indah yang disalurkan melalui Save the Children Indonesia pada 16 November 2022.


Bantuan difokuskan untuk revitalisasi bangunan RPTRA sebagai wadah pengembangan kapasitas perempuan dan anak.


Selain itu seluruh karyawan BMW Group Indonesia juga mengumpulkan keperluan anak-anak berupa pakaian, buku, dan mainan untuk diserahkan ke RPTRA Rorotan Indah dan berpartisipasi secara aktif dengan melakukan sesi diskusi dengan warga sekitar RPTRA mengenai “Healthy Lifestyle” dan membagikan Health and Sanitation Kit.

“BMW Group Indonesia menjadikan Sustainability yang memiliki 3 pilar: Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (Tata Kelola) sebagai inti dari semua yang kami lakukan. Hari ini, kami berfokus pada Social Sustainability - komponen yang sangat penting untuk kesejahteraan sebuah komunitas. Untuk memberikan anak-anak, termasuk penyandang disabilitas, akses ke ruang komunitas yang aman dan nyaman hingga akhirnya meningkatkan kualitas hidup. Kami menyebut program ini BMW SAFE SPACE, sebuah kolaborasi strategis antara BMW Group Indonesia dan Save the Children Indonesia. Kami bertujuan untuk merevitalisasi fasilitas dasar dan mengembangkan sistem perlindungan anak berbasis masyarakat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak disingkat RPTRA di Indonesia, untuk meningkatkan kualitas hidup anak di bidang pendidikan dan kesehatan,” ungkap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.


Pritawati, Finance Director Save the Children Indonesia menyambut baik inisiatif BMW yang telah menjadi mitra strategis Save The Children.


“Save the Children sangat mengapresiasi inisiatif BMW SAFE SPACE. Dengan donasi yang disalurkan oleh BMW Group Indonesia, kami dapat melakukan intervensi perbaikan RPTRA dan bekerja bersama masyarakat agar tercipta lingkungan yang sehat dan aman untuk anak-anak di sekitar RPTRA Rorotan Indah. Kami percaya, setiap anak berhak mendapat kesempatan yang setara untuk tumbuh dan berkembang. Pemenuhan hak anak, terutama perlindungan anak, adalah hak dasar yang harus dipenuhi oleh semua orang dewasa,” tegas Pritawati.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: BMWIndonesia

bottom of page