• Editor

Scan MyPeugeot Apps Gantikan Buku Manual Konvensional


Kebanyakan dari kita enggan membaca buku manual kendaraan. Bukan karena tidak ingin tahu informasi kendaraan kita tapi karena wujudnya yang kadang tebal dan terlihat membosankan...

Pada mobil-mobil sekarang, umumnya fitur yang tersemat semakin banyak. Otomatis membutuhkan petunjuk mengenai cara penggunaan atau mengaktifkannya agar fungsinya dapat maksimal. Wiraniaga umumnya hanya menjelaskan cara kerja dan petunjuk pemakaian pada fitur-fitur umum yang digunakan sehari-hari, untuk memaksimalkan fungsi dari fitur yang ada, pemilik mobil bisa mendapatkannya dari buku manual yang selalu menjadi paket di setiap mobil.

Manual book seluruh model Peugeot dalam satu aplikasi.


Masalahnya tidak semua pemilik punya waktu atau berminat untuk membacanya. Lebih banyak buku manual yang umumnya tebal itu masih mulus tersimpan di laci dasbor atau lemari rumah. Nah, Peugeot melakukan terobosan dengan mengemas buku manual tersebut dalam aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone kalian. Nama aplikasinya Scan MyPeugeot Apps.  Aplikasi ini dapat di temukan di Play Store untuk pengguna sistem operasi Android dan App Store bagi pengguna sistem operasi IOS.

Seluruh fitur dan fungsi dijabarkan secara detail.


“Saluran ini sejalan dengan program digitalisasi Astra Peugeot. Interaksi publik dengan Peugeot bisa diakses lewat telepon seluler dengan kemudahan Scan MyPeugeot Apps,” tukas Fredy Jeo, Head of Sales Astra Peugeot.


Cukup dengan men-download aplikasi pada Smartphone pada Apple (iOS) dan Android (Play Store). Dengan manual book versi digital ini pada smartphone, diharapkan untuk memudahkan konsumen mengenal lebih dekat juga paham akan fitur dan teknologi serta perawatan pada mobil Peugeot 3008 SUV & 5008 SUV. Adapun cara menggunakan aplikasi ini cukup sederhana. Scan MyPeugeot App diunduh dan pilih Negara (Indonesia-red), lalu pilih model Peugeot yang dimiliki.

Informasi Detail Setiap ‘Di-Klik’

Laman pada aplikasi ini cukup informatif. Melalui Scan MyPeugeot App, semua informasi yang terkandung dalam buku manual dikumpulkan dalam satu aplikasi perangkat lunak bernama smartphone. Makanya aplikasi ini disebut dalam satu genggaman karena konsumen dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan dalam waktu singkat.

Penjelasan seperti yang tercetak di buku manual.


Menariknya, pada menu utama aplikasi berkapasitas 4,5MB ini bisa mengidentifikasi serta menginformasikan keunggulan teknologi dan fitur-fitur Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV. Konsumen hanya menekan tanda yang tertera dan informasi langsung tersaji. Begitupun gambar dari simbol-simbol pada dasbor yang bisa langsung terbaca melalui layar ponsel.


“Misal ketika menekan gambar kunci kontak pada menu Visual Search, maka akan muncul info seputar fungsi kunci juga keunggulannya. Atau menekan salah satu simbol ‘segitiga’ di menu Indicator And warning Lamps, maka di layar aplikasi akan memberi semua info tentang simbol tersebut dalam bentuk penjelasan detail. Meskipun bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris atau negara dimana kendaraan tersebut ada,” ujar Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto