• Editor

Scoopy Terkoneksi Dengan Smartphone?


"Jadi ketika fitur smartphone notification connect ini diaplikasikan ke Scoopy, bisa jadi akan berpengaruh ke harga jualnya.” (Suhari - Marcomm & Development Division Head MPM Honda Jatim).

Ketika akan melakukan pengembangan produk, pihak Honda selalu melihat dari sisi customer. Entah itu melalui survei lapangan, forum discussion, deep interview, dan lain-lain. Termasuk pada All New Honda Scoopy generasi ke-5 yang baru saja diperkenalkan kemarin (21/11).


“Dari masukan konsumen yang masuk kepada kami, preferable feature atau fitur yang diinginkan konsumen, paling utama adalah smart key (31%), karena di model Scoopy sebelumnya memang belum ada. Karena itulah pada All New Honda Scoopy sekarang, fitur smart key ini sudah ada, meskipun masih untuk tipe Prestige dan Stylish saja,” ujar Suhari selaku Marcomm & Development Division Head MPM Honda Jatim saat melakukan presentasi All New Honda Scoopy di depan media dan blogger.

Suhari selaku Marcomm & Development Division Head MPM Honda Jatim.


Dilanjutkannya, preferable feature kedua yang paling banyak diminta adalah oil change indicator (17%). Dan ini juga menjelaskan, kenapa fitur indikator penggantian oli ini sekarang sudah ada di All New Honda Scoopy.


Paling menarik perhatian OTOPLUS-ONLINE adalah fitur urutan ketiga yang paling diinginkan konsumen, yakni smartphone notification connect, atau notifikasi yang terhubung dengan smartphone. Terhitung 13% konsumen menginginkan fitur ini ada pada All New Honda Scoopy. Di luar itu ada average fuel consumption (12%), automatic U-box lamp (9%), USB charger (7%), dan full digital panel meter (4%).

Beberapa fitur baru yang muncul di All New Honda Scoopy ini berasal dari masukan konsumen terkait dengan preferable feature .


Pertanyaannya, kenapa fitur smartphone notification connect ini belum tampak pada All New Honda Scoopy. Padahal preferable feature seperti USB charger, dan full digital panel meter yang prosentase peminatnya lebih rendah, sudah ada di model terbaru ini.


Dari pandangan OTOPLUS-ONLINE, harusnya fitur smartphone notification connect ini dimunculkan pada All New Honda Scoopy. Ingat! Dari sisi segmentasi yang dilakukan Honda, Scoopy masuk ke dalam skutik fashionable. Artinya skutik ini menyasar segmen konsumen yang menyukai gaya hidup sebagai trendsetter. Dan jika berbicara konsumen di segmen ini, maka mereka adalah orang-orang (terutama kaum muda) yang dinamis, energetic, kreatif, dan tak bisa lepas dari gadget, salah satunya smartphone.

Konsumen di segmen skutik fashionable adalah orang-orang (terutama kaum muda) yang dalam gaya hidupnya tak bisa lepas dari gadget, salah satunya smartphone.


Menjawab pertanyaan OTOPLUS-ONLINE ini, Suhari memberikan penjelasan, “Ketika bicara mengenai segmentasi product, maka ada beberapa hal terkait segmen Scoopy ini. Selain fashionable, ada juga pricing. Nah dalam hal pricing (harga) ini, Scoopy ada di segmen middle atau menengah. Jadi ketika fitur smartphone notification connect ini diaplikasikan ke Scoopy, bisa jadi akan berpengaruh ke harga jualnya,” jelas Suhari mantap.

Ketika kebutuhan konsumen akan sepeda motor yang terkoneksi dengan smartphone semakin tinggi, bukan tidak mungkin akan muncul tipe baru di atas Scoopy pada segmen skutik fashionable, atau justru Scoopy yang di-upgrade. Kita tunggu saja.


Namun demikian, Suhari mengatakan, semua keinginan dan masukan konsumen ini pasti ditampung. “Namun yang kita prioritaskan adalah keinginan atau masukan sesuai segmentasi dasar Scoopy. Tapi kita tunggu saja pengembangan ke depannya dari AHM (Astra Honda Motor). Karena untuk segmen skutik fashionable ini, di atas Scoopy memang masih belum ada…”


Baca juga: Apa Saja Fitur Terbaru All New Honda Scoopy?


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan/AHM


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online