• Editor

Selamat Datang di MXGP of Indonesia 2022!

MXGP of Indonesia digelar 25-26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa yang baru!

OTOPLUS-ONLINE I FIM Motocross World Championship kembali ke Asia akhir pekan ini untuk pertama kalinya sejak 2019.


MXGP of Indonesia yang digelar pada 25-26 Juni 2022 menjadi seri ke-12, di mana para pembalap akan menjajal untuk pertama kalinya Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa yang baru!

Sebagai info, sirkuit ini dibangun khusus untuk menjadi tuan rumah putaran ke-12 putaran MXGP dan MX2, dengan lokasi eksklusif dekat dengan laut, di wilayah Samota.


Baca juga: Yamaha Indonesia Sponsori Monster Energy Yamaha Factory Team di MXGP 2019


Lintasan medium-hard sepanjang 1.740m dan dikelilingi oleh lima danau yang berfungsi sebagai sistem pengairan alami dan memiliki dua struktur paddock besar yang dilengkapi dengan AC.

Acara ini akan menghadirkan berbagai konser, pertunjukan udara, dan sambutan hangat khas yang selalu diterima MXGP dari para penggemar Indonesia yang bersemangat.


Baca juga: 1.000 Bikers Sambut MXGP di Indonesia dengan National Honda Roadventure


Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka MXGP of Indonesia 2022 di Kantor Bupati Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Dalam kegiatan ‘Welcome Ceremony’ ini, Menpora Amali menyampaikan salam hangat dari Kepala Negara kepada seluruh masyarakat NTB.

“Atas nama Presiden Republik Indonesia membuka MXGP 2022 di Sumbawa. Bapak Presiden menyampaikan salam hangat untuk masyarakat NTB, khususnya masyarakat di Sumbawa,” kata Menpora Amali dilansir dari situs resmi Kemenpora pada Jumat, 24 Juni 2022.


Baca juga: Warna Baru Yamaha X-ride Diperkenalkan Pembalap Monster Energy Yamaha Factory Team


Sementara Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku sangat senang karena daerahnya kembali menjadi tuan rumah pada event balap internasional. Sebelumnya, diselenggarakan MotoGP Mandalika.


“Selamat datang di Sumbawa, kami senang menyambut Anda semua. Sebelumnya kami menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika. Lokasi disini sangat bagus. Jadi saya harap para peserta MXGP tahun ini bisa menikmatinya. Terima kasih,” ujarnya.

Indonesia memiliki empat wakil dalam seri Kejuaraan Dunia Motocross 2022 tersebut. Farhan Hendra Fahrodjie bersaing di kelas utama, MXGP. Sedangkan Ananda Rigi Aditya, Muhammad Delvintor Alfarizi, dan Diva Ismayana berlaga di MX2.


Terakhir kali MXGP mengunjungi Indonesia adalah pada tahun 2019, yaitu MXGP Indonesia dan Asia. Grand Prix Indonesia dimenangkan oleh Tim Gajser dari Tim HRC di MXGP dan Jorge Prado dari Red Bull GasGas Factory Racing di MX2.


Teks: Indramawan

Foto: mxgp.com, kemenpora.go.id