top of page
  • Gambar penulisEditor

Siap-Siap! VinFast Produsen Raksasa Mobil Listrik di Asia Tenggara Bakal Ramaikan IIMS 2024 Jakarta

VinFast akan hadir di Indonesia dan membangun  pabrik ketiganya di Indonesia dengan total nilai investasi sekitar Rp18,4 Triliun. 

Produk mobil listrik VinFast di antaranya adalah VinFast VF 5 dan VinFast VF e34.


OTOPLUS-ONLINE I VinFast akan tampil perdana di ajang Indonesia International Motor Show 2024 yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 15-25 Februari 2024.


Pada ajang IIMS 2024 itu , VinFast akan memiliki area test drive khusus yang akan memberi nilai diferensiasi, karena tidak semua brand atau OEM punya area test drive khusus.


Jika ditotal luasan area indoor + area outdoor VinFast mencapai 1.432 m2, jauh lebih besar dari booth brand Jepang atau Cina.


Dengan menyediakan area test drive khusus, merupakan bukti keseriusan VinFast untuk memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan pelanggan.


Sebagai informasi, VinFast merupakan satu-satunya raksasa produsen mobil listrik (EV) yang murni berasal dari Asia Tenggara, sehingga bisa dibilang VinFast adalah first ASEAN EV Car.


Pabrik utama VinFast di Hai Phong  memiliki luas 400 hektar. Hai Phong dipilih karena letak geografisnya yang berada di teluk yang sangat besar dengan kondisi laut yang sangat tenang.


Vinfast membangun ekosistem dengan menempatkan banyak pabrik supplier komponen di bagian area depan kawasan industri Hai Phong sebagai bagian dari strategi canggih untuk mengintegrasikan supply chain industri agar tercapai tiga hal utama yaitu, Quality, Cost dan Delivery (QCD).


VinFast bahkan memiliki armada kapal sendiri, mudah untuk mengekspor kendaraannya dari Hai Phong ke berbagai negara seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa seperti Kanada, Jerman, Belanda, Italia, Prancis.


Dalam waktu dekat, VinFast dipastikan akan hadir di Indonesia. Tak hanya melakukan penjualan, VinFast bahkan akan membangun  pabrik ketiganya di Indonesia dengan total nilai investasi sebesar 1,2 Milliar US Dollar atau sekitar 18,4 Triliun rupiah. 


Pabrik ketiga di Indonesia menyusul kehadiran pabrik utama VinFast di Hai Phong, Vietnam seluass 400 hektar dan pabrik kedua di North Carolina, AS. Di AS, VinFast telah memiliki 15 showroom yang tersebar di beberapa negara bagian.


Foto atas: Dalam kunjungannya ke pabrik VinFast di Hai Phong, Presiden Jokowi menyatakan kekagumannya setelah melihat sendiri bagaimana pabrik megah dengan luas lahan mencapai 400 hektar tersebut dibangun dengan sangat canggih dan didukung sistem serba otomatis, dan jumlah robot mencapai 120.000. 


Foto bawah: Presiden Jokowi beserta rombongan beberapa Menteri dan pejabat pemerintah berkunjung ke kantor pusat VinFast di Hanoi. Pejabat yang mendampingi kunjungan Presiden diantaranya adalah, Bapak Erick Tohir, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Ibu Retno Marsudi dan juga kepala KSP Bapak Moeldoko


“Rencana investasi VinFast di Indonesia tidak setengah-setengah, kami sangat serius untuk menyediakan produk berkualitas global dengan harga yang dapat terjangkau oleh sebanyak mungkin kalangan, sehingga mobil EV bisa diakses semua orang,” ungkap Surachman Nugroho, Network dan Sales Director PT VinFast Automobile Indonesia.


Untuk itu Surachman menegaskan PT VinFast Automobile Indonesia hanya menjalin mitra dengan dealer yang memiliki visi jangka panjang yang sama dengan VinFast.


"Saat ini kami sudah memiliki 21 lokasi calon showroom, tersebar dari Medan, Batam, Pekanbaru, Bandung, Jabodetabek, Bali dan kota besar lainnya," pungkasnya.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: VinFast Indonesia

bottom of page