top of page
  • Gambar penulisEditor

Sumber Bunyi Aneh di Toyota New Agya Akhirnya Ditemukan Mekanik Auto2000 Kenjeran, Surabaya!

Muncul bunyi trrrrr.... seperti suara kumparan listrik yang aktif saat terkena aliran listrik pada Toyota New Agya!

All New Astra Toyota Agya G CVT.


OTOPLUS-ONLINE I Buat kalian pemilik All New Toyota Agya, coba sempatkan dengarkan dengan seksama bunyi aneh yang mungkin muncul pada mobil kalian.


Pengalaman ini dialami sendiri oleh awak redaksi OTOPLUS-ONLINE sendiri pada All New Agya G CVT yang dibeli awal Oktober 2023.


Seminggu setelah mobil dipakai beraktivitas, kami baru sadar ada bunyi aneh yang muncul ketika mobil ini digunakan.


Ceritanya, di antara jeda aktivitas liputan, mobil diparkir dan berhenti sekitar 30 menit untuk menjalankan ibadah sholat.

Mesin WA-VE milik Agya yang responsif dan irit BBM.


Saat akan kembali jalan, setelah menutup pintu mobil dan mesin mobil belum dihidupkan di tengah suasana di sekitar lokasi parkir yang sepi, awak redaksi baru sadar kalau muncul bunyi trrrrr.... seperti suara kumparan listrik yang aktif saat terkena aliran listrik.


Bunyi itu terdengar sekitar 10 detik kemudian menghilang lalu terdengar lagi dengan ritme yang sama terus menerus.


Karena penasaran, awak redaksi tidak langsung menghidupkan mesin dan terus mengamati sambil mencoba mencari sumber bunyi.


Nyatanya bunyi trrrr... itu terus muncul dalam ritme yang konsisten bahkan sepanjang 15 menit pengamatan kami.


Perkiraan awal kami sumbernya berasal dari balik dasbor. Menariknya, ternyata bunyi itu tak hanya muncul saat mesin mati, ketika mesin hidup dan kondisi mobil mulai jalan pun suara tetap terdengar.


Hal itu kami sampaikan di salah satu bengkel Auto2000 di Surabaya. Setelah 2 hari dianalisa dan melakukan beberapa langkah diantaranya melepas dan memasang kembali soket-soket di balik dasbor, mobil kembali kami gunakan namun ternyata bunyi itu masih muncul.


Kami pun memutuskan untuk menyambangi bengkel Auto2000 Kenjeran, Surabaya. Pertimbangannya di Auto2000 Kenjeran yang memiliki fasilitas Body & Paint memiliki mekanik yang spesialisasinya mencari sumber-bunyi-bunyi aneh.

Dari Canister Purge Valve ini suara trrr... muncul.


Dari analisa Hamdani, mekanik Auto2000 Kenjeran, sumber suara itu ternyata bukan berasal dari komponen kelistrikan melainkan dari ruang mesin tepatnya dari komponen Canister Purge Valve.

Dari Canister Purge Valve, uap bensin dialirkan ke charcoal canister.


Komponen ini berfungsi sebagai katup yang menyalurkan uap bahan bakar menuju charcoal canister agar tidak terlepas begitu saja ke udara bebas.

Posisinya di fire wall sehingga terdengar seolah bersumber dari balik dasbor.


Untuk memastikan, pihak bengkel Auto2000 meminjamkan komponen Canister Purge Valve dari unit All New Agya test drive dan memang setelah diganti bunyi itu tak lagi muncul.


Untuk saat ini komponen dengan part number 17660-BZ110 yang harganya Rp69.930 belum ready stock jadi kami harus menunggu sekitar 10 hari untuk mendapatkannya.

Harganya tak lebih Rp70.000 tapi saat kami klaim awal November lalu belum ready stock.


Tapi tak usah khawatir karena masih dalam masa garansi, spare part dan biaya penggantian masih free. Coba ya cermati kondisi All New Agya kalian.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page