• Editor

Suzuki Hadirkan Motor Sport 150cc Awal Tahun 2021 Ini, Tapi Bukan Katana 150cc!


"Kekecilan kalau mesin 150 cc untuk Suzuki Katana. Tapi kalau untuk tipe sportnya, iya betul," (Yohan Yahya - Sales & Marketing 2W Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales)

OTOPLUS-ONLINE I Saat ngobrol santai dengan OTOPLUS-ONLINE di sebuah cafe yang berlokasi di Kota Wisata, Cibubur, Jakarta Timur, tempat digelarnya acara test ride Suzuki Nex Crossover beberapa waktu lalu, Yohan Yahya selaku Sales & Marketing 2W Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengiyakan bahwa Suzuki akan hadirkan produk motor sport di awal tahun 2021 ini.


Baca juga: Riding Impression Suzuki NEX Crossover: Seperti Naik Motor Adventure, Sob!


Kira-kira motor apa ya? Apakah Suzuki Katana 150cc yang sudah santer terdengar akhir tahun lalu? Namun ketika dikonfirmasi pada kesempatan yang berbeda, seputar Katana 150 cc yang digadang-gadang mengusung mesin GSX150 ini, Yohan mengatakan kalau untuk Katana, mesin 150 cc itu kekecilan.


"Kekecilan kalau mesin 150 cc untuk Suzuki Katana. Tapi kalau untuk tipe sportnya, iya betul," ucap lelaki ramah ini melalui pesan singkat kepada OTOPLUS-ONLINE.


Namun ketika ditanya, berapa kapasitas mesin yang ideal untuk Suzuki Katana ini? Yohan mengatakan, "Next lagi saja kita bahas ya," ujarnya singkat.

Suzuki Katana 1000cc generasi terbaru 2020 saat dipamerkan di GIIAS Jakarta 2019


Sebagai info, wacana Suzuki mendatangkan Katana ke Indonesia ini sudah berhembus sejak GIIAS Jakarta 2019 lalu. Waktu itu, Yohan Yahya mengatakan, "Kami berencana mendatangkan Suzuki Katana kemari pada Januari 2020 mendatang. Syukurlah ada respon pasar juga. Ini sudah ada 10 pesanan yang masuk ke kami." Begitu jawaban Yohan Yahya.


Namun waktu itu, harga belum dipastikan. "Tapi kalau untuk estimasi harga, sepertinya di kisaran angka Rp 500 Juta," lanjut Yohan Yahya.

Mewarisi mesin 4 silinder sebaris kapasitas 999 cc, DOHC punya Suzuki GSX-R1000 yang legendaris


Sebagai informasi, Suzuki Katana beredar pertama kali tahun 1981, dengan mengusung mesin 1000 cc. Nama “Katana” ini terinspirasi dari pendekar pedang (Samurai) 'Katana' yang serba ramping dan tajam sehingga menghadirkan tampilan moderen dan sporty.


Sebenarnya di Indonesia pernah beredar 'versi lokal' untuk Suzuki Katana ini. Disebut lokal karena sebenarnya motor yang dipasarkan 1984 - 1985 ini adalah generasi Suzuki TRS, dengan kapasitas mesin 125 cc.


Sementara Suzuki Katana yang dimaksud ini mewarisi mesin 4 silinder sebaris Suzuki GSX-R1000 yang legendaris, dengan kapasitas 999 cc DOHC.


Teks: Setyawan AS / Indramawan

Foto: Dok. OTOPLUS-ONLINE