• Editor

Teknologi Automatic Wiper Juga Perlu Dirawat


Peugeot 3008 dan 5008 varian GT Line dan Allure Plus dibekali standar keamanan dan kenyamanan khas mobil Eropa. Salah satunya dukungan fitur dan teknologi Auto Wiper. Fitur ini akan mengaktifkan wiper secara otomatis, saat kaca depan mobil terkena tetesan air hujan.


“Untuk mengaktifkan fitur ini posisikan saklar wiper di tuas sebelah kanan kolom kemudi pada posisi Auto,” buka Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot

  • Indikator petunjuk kalau fitur Auto Wiper aktif.

Jika sudah aktif pengemudi tak perlu lagi mengatur kecepatan wiper meskipun intensitas hujan semakin deras. Sensor membaca dan menyesuaikan kecepatan sapuan wiper dengan curah hujan yang turun dengan begitu pandangan ke depan dapat selalu terjaga dengan baik.

  • Rain Sensor (bentuk bulat) di kaca depan.

Agar performa Auto Wiper selalu sempurna, komponen pendukungnya harus rajin dirawat.  Salah satunya karet wiper. Karet wiper yang mulai getas akan menyebabkan sapuan pada kaca depan tidak sempurna dan jika diabaikan, karet wiper dapat melukai kaca depan mobil.


“Untuk menghindari hal yang tersebut, sebaiknya jadwalkan penggantian karet wiper setiap 20.000 km atau 2 tahun berjalan idealnya. Aturan ini biasanya dipakai buat mobil yang sering parkir di area indoor seperti garasi. Tapi kalau sering berada di tempat terbuka maka otomatis waktu penggantian akan lebih singkat,” terang Samsudin


Trik menggantung wiper saat mobil parkir di area terbuka yang panas dapat menghindari karet wiper yang kontak langsung dengan kaca mobil lekas getas. Kemudian pastikan untuk selalu memantau dan mengisi ulang reservoir washer wiper menggunakan air bening yang bebas bau. Air yang kotor berisiko menyebabkan pompa washer mampat sehingga aliran air menuju kaca depan melalui slang washer terhambat. Tanpa air yang membasahi kaca depan, sapuan wiper dapat melukai kaca mobil.

  • Cek rutin reservoir washer dan pastikan washer menyembur air.

“Ini berlaku untuk wiper di kaca depan dan belakang. Dan pemilik ingin menambahkan cairan pembersih wiper, disarankan pilih produk yang dipilih tidak meninggalkan kerak atau korosi di kaca. Produk yang baik, tidak meninggalkan bercak atau noda kerak,” tutup pria ramah ini.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Astra Peugeot, Nugroho Sakri Yunarto

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.