top of page
  • Gambar penulisEditor

Test Drive Honda HRV Varian SE yang Terlaris di Indonesia, Ternyata Ini Alasannya

Honda HRV Varian SE terjual 9.556 unit sepanjang Januari sampai April 2023.

Tampangnya tidak dramatis tapi keren.


OTOPLUS-ONLINE I Sepanjang periode Januari-April 2023, GAIKINDO mencatatkan penjualan wholesales New Honda HR-V sebanyak 12.518, dimana 9.556 unit di antaranya disumbang oleh penjualan New HR-V varian SE.


Sebagai informasi, Honda Prospect Motor melansir New Honda HR-V pada April 2022 lalu dalam empat pilihan varian.



S sebagai varian entry level (Rp 380.400.000), E (Rp 400.400.000), SE (Rp 420.600.000) dan RS yang selalu jadi top of the line (Rp 534.400.000). Semua harga itu OTR Surabaya.


Berikut uraian kelebihan SE sehingga mendominasi penjualan New HR-V di Tanah Air.


Desain

Lebarnya bertambah 18 mm dari generasi sebelumnya.


Desain New HR-V terlihat rapi, modern, futuristik sekaligus tangguh tanpa aksen dan ornamen berlebihan yang mubazir.

Varian SE dengan gril sewarna bodi, dan atap seluruhnya panel kaca


Model seperti akan memenuhi selera mayoritas penggemar medium SUV di Indonesia. Meski sekilas lebih kompak, nyatanya dimensi New HR-V lebih panjang 36 mm, lebih lebar 18 mm dan lebih tinggi 10 mm dari pendahulunya.

Sideskirt dengan aksen panel silver di varian SE.


Sedangkan jarak sumbu roda masih sama di angka 2.610 mm.


Posisi Mengemudi

Jok dilapis bahan kombinasi kulit dan kain.


Seperti kebanyakan produk Honda, New HRV juga menyodorkan posisi mengemudi dan ergonomi tempat duduk yang baik.

Layout dasbor simpel, intuitif dan mudah dioperasikan lantaran mengandalkan tombol fisikal.


Keuntungannya, pengemudi mudah melakukan manuver apalagi didukung desain jok semi bucket New HRV yang dilapis material kombinasi fabric-leather yang bikin pengguna jadi betah berlama-lama di balik kemudinya.


Pengendalian

Jarak sumbu roda tak berubah (2.610 mm) dengan ground clearance 210 mm.


Seperti posisi mengemudi, karakter pengendalian Honda jadi kelebihan, tak terkecuali di HR-V baru ini. Untuk sebuah medium SUV dengan ground clearance 210 mm, karakter pengendaliannya tergolong presisi dan tajam meski lingkar roda yang digunakan berukuran 18 inci dibalut ban 225/50R18.



Spesifikasi gigi pada rack steer dan karakter suspensi yang cenderung kaku punya peran dominan pada keunggulan sektor ini.


Irit BBM

Mesin berkode L15Z tenaganya tidak jauh berbeda dari pendahulunya yang menggunakan L15B tapi mesin baru New HR-V lebih irit BBM.


New HR-V ditenagai mesin 1.5 liter DOHC VTEC dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm yang dapat dihidupkan menggunakan fitur Remote Engine Start.

Direkomendasi menggunakan bensin beroktan 90 ke atas, Pertalite aman.


Dari tes yang kami lakukan dijalanan dalam kota Surabaya dengan simulasi penggunaan normal sebagaimana penggunaan sehari-hari, raihan konsumsi BBM rata-rata yang tertera pada layar information display berkisar 12,4-12,8 km/liter.


Legroom belakang

Lokasi handel pembuka pintu dipertahankan. Jok belakang idealnya buat dua orang penumpang. Selain ruang kaki yang lega, varian SE juga dilengkapi dengan rear AC ventilation dan 2nd row power outlet


Dengan jarak sumbu roda 2.610 mm memungkinkan para desainer Honda untuk memaksimalkan ruang kabin. Hasilnya ruang kaki penumpang depan dan belakang sangat memadai bahkan kalaupun jok depan dimundurkan mentok ke belakang, ruang kaki untuk penumpang belakang masih cukup memadai.


Fitur

Electrostatic LED Map Light, sentuh kacanya dan LED akan otomatis menyala. Canggih!


Sistem keamanan HondaSensing telah terpasang di semua varian New HR-V. Bedanya di varian SE, kelengkapannya lebih advance dengan keberadaan Honda Lane Watch.

Infotainment display 8 inci di varian SE, varian S dan E mendapatkan display ukuran 7 inci


Fitur-fitur lain yang hanya dapat dijumpai di varian SE yaitu Sequential LED Turning Signal, Panoramic Glass Roof, LED Fog Light, Piano Black Power Window Panel, Infotainment Display berukuran 8 inci, Electrostatic LED Map Light, Multiangle Rear View Camera.

Teknologi HondaSensing sudah dilengkapi dengan Honda Lane Watch. Panoramic Glass Roof di varian SE tidak bisa dibuka.


Fitur-fitur melengkapi Illuminating light, cooling seat, drive mode, traction mode, wireless charging, paddle shift, leather shiftknob, rear AC Ventilation, 2nd Row Power Outlet.


Kekurangan

Karakter suspensi

Lingkar roda 18 inci menyumbang stabilitas saat melaju di kecepatan tinggi. Karakter suspensinya mengedepankan stabilitas.


Untuk mendapatkan karakter pengendalian yang tajam dan presisi, idealnya suspensi disetting kaku. Imbasnya, karakter redaman suspensi New HR-V terasa keras. Tidak senyaman HR-V sebelumnya.


Belum Electric Seat

Idealnya dengan harga di atas 400 juta, penyetelan jok sisi pengemudi di New Honda HR-V varian SE seharusnya sudah elektrik namun kenyataannya, pengemudi masih harus melakukan penyetelan secara mekanis.


Headroom Terbatas

Meski headroom terbatas tapi bukaan pintu bagasi lebar dan tinggi.


Sebagai konsekuensi desain atap ala kupe, membuat headroom terutama di kabin belakang jadi terbatas. Buat OTOPLUS ONLINE yang berpostur 180 cm, celah yang tersisa hanya sekitar dari 2 jari.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comentários


bottom of page