• Editor

The New SUV Peugeot 3008 dan 5008 Siap Launching di Indonesia

September 2020 lalu, versi facelift dari 3008 SUV dan 5008 SUV sudah lebih dulu diperkenalkan di Eropa.

New 3008 SUV kemungkinan tetap akan tersedia dalam varian Allure Plus & GT Line


OTOPLUS-ONLINE I Bersama Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV adalah pemimpin pasar segmen SUV kompak di Eropa.

Desain pelek baru, ukurannya 19 inci


Sejak diluncurkan tahun 2016, Peugeot 3008 SUV telah terjual sebanyak 800.000 (2020) unit, sementara Peugeot 5008 SUV yang diluncurkan tahun 2017 terjual sebanyak 300.000 unit (2020).

New 5008 SUV, buat yang membutuhkan fleksibilitas lebih


Kehadiran keduanya menghasilkan performa penjualan yang sangat baik di Eropa dan dunia bahkan sampai mendapatkan penghargaan Car of The Year 2017.

Dengan bodi lebih panjang, Peugeot 5008 SUV menawarkan kabin lebih fleksibel dengan konfigurasi kursi 3 baris yang dapat disesuaikan, sehingga mampu mengangkut obyek berpanjang hingga 3,2 meter. Kapasitas bagasinya sendiri berkisar 740-1.940 liter.


Di Indonesia, pada tahun 2020, Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV terjual sebanyak 212 unit, naik signifikan dari raihan tahun 2019 yang 129 unit.

Gril tanpa bingkai mampu menyimbolkan gaya modern namun dengan tetap mempertahankan desain yang mengalir


Tahun lalu tepatnya di awal bulan September, versi facelift dari 3008 SUV dan 5008 SUV diperkenalkan di Eropa dengan desain tampak depan baru yang terkena sentuhan modern, namun tetap terlihat elegan.

Headlamp terlihat agresif dengan DRL yang didesain menyerupai sirip menghubungkan seluruh elemen di bagian depan


Selain tampilan, Peugeot juga telah membekali New 3008 SUV dan 5008 SUV dengan teknologi cerdas.

Panel berwarna piano black menghubungkan lampu belakang kanan dan kiri


Sebut saja generasi terbaru sistem bantuan kemudi, Peugeot i-Cockpit yang disempurnakan dengan display 12,3 inci baru berkualitas tinggi.

Lampu belakang full LED termasuk lampu mundur yang dibungkus mika rona smoke desainnya tetap mempertahankan bentuk cakar 3D


Sistem bantuan kemudi ini sepenuhnya dapat dikastemisasi dan dikonfigurasi sesuai keinginan pengguna dengan layar multimedia 10 inci baru berdefinisi tinggi, yang dapat terkoneksi ke smartphone melalui Apple Carplay dan Android Auto.

Layar sentuh 10 inci baru, dibawahnya ada 7 ‘tuts’ piano keys yang dinamai "toggle switches" memberi akses langsung dan permanen ke fungsi radio, AC, sistem navigasi dengan perintah suara, setting kendaraan, telepon, aplikasi bergerak dan lampu peringatan hazard


Generasi terbaru system bantuan kemudi yang disematkan di antaranya, Night Vision, teknologi inframerah yang dapat mendeteksi obyek berjarak 200-250 meter, sehingga sangat membantu saat berkendara ketika pencahayaan minim atau bahkan gelap gulita.

Dilengkapi dengan driving mode selector yang memberi keleluasaan pengemudi untuk memilih antara mode Normal, Sport dan Eco


Ada juga fitur Adaptive Cruise Control yang dikawinkan dengan fitur Go Function, Lane Position Assist, Automatic Emergency Braking dengan Collision Risk Warning.

Layar instrument 12,3 inci baru yang mudah dikontrol dan dapat dikastemisasi


Juga fitur-fitur bantuan kemudi lain seperti: Extended recognition of traffic signs (stop, one-way, no overtaking, etc.), Visiopark 1 with 180° rear view camera atau Visiopark 2 with 360° front and rear cameras.


Tak ketinggalan Park Assist, active assistance in parallel or perpendicular parking, Active warning of unintentional lane (or roadside) departure with trajectory correction, Driver Warning Alert, to detect driver alertness over long driving times yang berfungsi pada kecepatan di atas 65 km/jam dengan mendeteksi pergerakan mikro dari kemudi.


Baca juga: Jajal Peugeot 3008 SUV Allure Plus (5-Habis): Impresi Berkendara


Masih ditambah pula dengan fitur Automatic switching to and from high beam, Speed sign recognition and recommendation, Active blind spot monitoring system (dengan koreksi arah lintasan). Fitur ini akan aktif mulai kecepatan 12 km/h, dan Advanced Grip Control, untuk mengoptimalkan traksi dengan 4 grip modes (Normal, Snow, Mud, Sand).


Selain itu ada juga Hill Assist Descent Control (HADC), Hands-free tailgate, Dual-pane sunroof, Multi-point massage seats, dan Electric parking brake.


Baca juga: Astra Peugeot Perkenalkan 3008 dan 5008 Allure Plus di Surabaya


Mengamati postingan @astrapeugeot di Instagram pada 2-3 September 2021 terendus kalau versi facelift 3008 SUV dan 5008 SUV agaknya tak lama lagi akan segera dihadirkan.

Versi Eropa mesin turbo 1.6 liter THP bertenaga 163 dk digantikan Pure Tech yang bertenaga 180 dk, kita nantikan saja apakah versi Indonesia juga akan mendapatkan mesin baru


Dikuatkan juga dengan promo terima inden untuk kedua unit tersebut dari akun beberapa sales Peugeot.


Menanggapi gelagat itu, Rokky Irvayanti, CEO Astra Peugeot mengatakan, “Mudah-mudahan dalam waktu dekat, sosok Duo SUV Peugeot bisa terwujud.”

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Peugeot