• Editor

Tidak Terdampak Corona, GIICOMVEC 2020 Dibuka Hari ini


Isu keselamatan kendaraan komersial yang menjadi fokus pameran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) tahun ini.
  • GIICOMVEC dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan yang diwakili oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan didampingi Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi serta Ketua III GAIKINDO, sekaligus Ketua Penyelenggara GIICOMVEC 2020 Rizwan Alamsjah.

Kekhawatiran masyarakat terhadap dampak penyebaran virus Corona ke Indonesia memang sudah seharusnya tidak terlalu dibesar-besarkan. Hari ini (5/3), pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang sempat diisukan bakal terdampak Corona, bahkan dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan yang diwakili oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan didampingi Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi serta Ketua III GAIKINDO, sekaligus Ketua Penyelenggara GIICOMVEC 2020 Rizwan Alamsjah.

  • Isu yang menjadi fokus pameran GIICOMVEC tahun ini adalah keselamatan kendaraan komersial.

Justru keselamatan di jalan yang menjadi isu pada penyelenggaraan kedua GIICOMVEC yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) ini. Seperti yang disampaikan Ketua GAIKINDO Yohannes Nangoi. “Isu yang menjadi fokus pameran GIICOMVEC tahun ini adalah keselamatan kendaraan komersial. Hal ini menjadi isu yang sangat penting karena bagi GAIKINDO, keselamatan bukanlah pilihan. Namun merupakan sebuah keharusan,” jelas Yohannes dalam sambutannya.


Sementara Kementerian Perhubungan RI juga menginformasikan pentingnya mengutamakan keselamatan dengan melakukan Normalisasi Kendaraan Over Dimension and Over Loading (ODOL). Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi yang hadir mewakili Menteri Perhubungan RI menekankan bahwa Kementerian Perhubungan mengambil langkah serius dalam mengatasi pelanggaran ODOL, serta sepakat untuk mengawali penerapan kebijakan terkait ODOL pada awal 2023 nanti.


“Kita sudah siapkan semacam blueprint dari itu semuanya dan kita harapkan pada saat raker Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kemarin, sekaligus kegiatan GAIKINDO yang sekarang ini, kita dari pemerintah berkomitmen dan serius untuk menangani itu semua,” jelas Dirjen Perhubungan Darat mewakili Menteri Perhubungan.

  • Pemeriksaan dengan thermal scanner di depan pintu masuk hall oleh petugas kepada pengunjung.

Dari pantauan OTOPLUS-ONLINE, pada hari pertama yang merupakan press day ini memang semuanya berjalan normal. Hanya saja terlihat ada petugas yang mengoperasikan thermal scanner di depan pintu masuk hall, dan beberapa pengunjung yang tampak memakai masker.

  • Hanya beberapa pengunjung yang tampak memakai masker.

Bahkan ketika sejumlah media menanyakan isu virus Corona ini kepada Dony Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada saat prosesi launching varian tertinggi Suzuki New Carry Pick Up, yaitu New Carry Luxury, diterangkan bahwa Corona tidak berdampak pada proses produksinya.

  • Dony Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, Corona tidak berdampak pada proses produksi.

“Apalagi 87% komponen Suzuki New Carry Pick Up ini merupakan produk lokal. Hanya 13 persen yang non-lokal. Tapi kami belum menerima data, apakah ada komponen yang masih diimpor dari Tiongkok,” tutur Dony Saputra.


GIICOMVEC 2020 yang digelar 5 - 8 Maret 2020 ini diikuti oleh puluhan merek dari industri kendaraan komersial dan pendukung. Dari industri kendaraan komersial ada Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, KIA, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, dan lainnya.


Sedangkan dari industri pendukung ada Alcoa Wheels, Aspira, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, Indoprima, MRF Tyres, PanaOil, Regency, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor, dan masih banyak lagi, yang akan membawa suku cadang, aksesoris, fitur teknologi, dan perlengkapan otomotif lainnya untuk melengkapi kebutuhan kendaraan komersial pebisnis. Termasuk untuk karoseri, dengan hadirnya Adiputro.


Teks: Indramawan/Wave

Foto: Wave/Istimewa