• Editor

Tiga Guru Ini Sisihkan 682 Peserta Kontes Mengajar Online AHM


Tiga guru pemenang Kontes Kreativitas Mengajar Online 2020.


Dalam upaya memperkuat kualitas pendidikan vokasi di masa pandemi Covid-19, PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.


Di mana dari 682 SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang tersebar di seluruh Indonesia, terpilih 3 (tiga) guru dengan kreativitas mengajar terbaik.

Abdul Maukup, Guru SMK Negeri 2 Kuripan - NTB sebagai juara pertama Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.


Juara pertama diraih Abdul Maukup, guru dari SMK Negeri 2 Kuripan, Nusa Tenggara Barat. Juara kedua Enggar Bayu Saputra, guru dari SMK Negeri 1 Badegan, Jawa Timur, dan juara ketiga Edi Putra Wirawan, guru dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Enggar Bayu Saputra, Guru SMK Negeri 1 Badegan, Jatim juara kedua Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.


Para pemenang ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp8.000.000 untuk juara pertama, Rp 6.000.000 untuk juara kedua, dan Rp 4.000.000 untuk juara ketiga.

Edi Putra Wirawan, Guru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, juara ketiga Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.


Selain itu, seluruh peserta yang lolos ke tahapan seleksi nasional juga berhak mendapatkan beasiswa dari AHM sebesar Rp 1.000.000 untuk masing-masing guru.


General Manager Corp. Comm AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020 menjadi wadah bagi guru-guru SMK yang menerapkan Kurikulum TBSM Astra Honda, dalam memacu kompetensinya di bidang kreativitas ajar.


“Sehingga pembelajaran jarak jauh dapat dilaksanakan dengan optimal, dan mendukung terjaganya kualitas pendidikan vokasi, terutama terkait otomotif roda dua,” ucap Muhib.


Proses seleksi kompetisi guru ini berlangsung ketat di masing-masing daerah. Pada proses ini, 27 guru terpilih menjalani seleksi final secara daring pada 13-20 Oktober 2020.


Didukung seluruh jaringan main dealer motor Honda, para guru kreatif ini beradu kompetensi mengajar di tengah komitmen pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di sekolah masing-masing.


Dalam kompetisi, peserta mempresentasikan 2 (dua) materi ajar selama masing-masing 20 menit. Yaitu materi wajib terkait teknologi Honda PGM-FI, dan satu pilihan materi mengenai alat ukur, sistem bahan bakar, wiring diagram, atau sistem pengereman skutik CBS.


Kontestan diuji oleh juri-juri profesional yang berpengalaman di bidang training pengajar, maupun dari segi teknis. Untuk menilai peserta dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.


Memang pembelajaran jarak jauh secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan siswa. Para pahlawan tanpa tanda jasa ini ditantang menyajikan materi menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa, dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung.


Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar untuk memastikan para siswa memahami, dan tetap fokus pada materi pelajaran.

"Melalui kontes kreativitas online ini, tidak hanya dapat belajar berbagi ilmu. Tetapi saya juga mendapat inspirasi bagaimana menyampaikan ilmu tadi dengan kreatif, dan edukatif," ujar Abdul Maukup, kontestan peraih juara pertama. Selamat ya Pak!


Teks: Setiawan AS

Foto: AHM

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online