top of page
  • Gambar penulisEditor

Tiga Keunggulan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Neo

Ada tiga keunggulan yang ditawarkan NMAX terbaru yaitu Desain Semaxin Mewah, Fitur Semaxin Canggih dan Performa Semaxin Garang. Seperti apa?


NMAX “Turbo” warna Elixir Dark Silver.


OTOPLUS-ONLINE I Generasi terbaru NMAX dihadirkan dalam dua varian, NMAX Neo dan NMAX “Turbo”. 


Perbedaan utama ada pada teknologi YECVT yang disematkan pada NMAX “Turbo”.


Perpaduan mesin Blue Core generasi ketiga, teknologi VVA, fitur mode berkendara dan YECVT diklaim akan memberikan sensasi seperti turbo.


NMAX Neo yang dihadirkan dalam 4 pilihan warna , Red, White, Black, Dull Blue ditawarkan dengan harga OTR Jakarta Rp32.700.000 (Standard) dan Rp33.700.000 (S Version).


Berikutnya NMAX “Turbo” dengan pilihan warna Elixir Dark Silver dan Magma Black harga OTR-nya Rp37.750.000 (Jakarta).


Sementara untuk NMAX “Turbo” Tech Max yang dilengkapi fitur paling lengkap dihargai Rp43.250.000 dengan pilihan warna tunggal, Magma Black.


“Ada tiga keunggulan yang ditawarkan NMAX terbaru yaitu Desain Semaxin Mewah, Fitur Semaxin Canggih dan Performa Semaxin Garang,” ungkap Ferry Nurul Fajar, Technical Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).


Mari kita ulas satu per satu.


Desain Semaxin Mewah

Headlight dengan dual projector LED.


Garis desain NMAX “Turbo” terlihat lebih tegas, elegan, mewah sekaligus modern dengan bentuk lampu depan baru berteknologi dual projector LED yang menghasilkan pencahayaan lebih optimal, terang dan fokus.


Desain lampu belakang seperti LED bar yang membuat buritan tampak futuristik secara keseluruhan.


Tail light bar LED menghadirkan kesan futuristik.


NMAX baru hadir dengan desain kokpit baru beraura futuristik lewat penggunaan instrument display baru yang menampilkan informasi lebih lengkap dan informatif. 


Yamaha mempertahankan posisi berkendara nyaman dengan ruang kaki luas ciri khas MAXi Yamaha membuat rasa berkendara dengan NMAX “Turbo” lebih rileks untuk jarak dekat atau jauh.


Tinggi jok tak berubah dari pendahulunya, masih di angka 770 mm.


Secara keseluruhan kecuali tinggi yang bertambah 40 mm jadi 1.200 mm, dimensi NMAX “Turbo” sama dengan sebelumnya yang punya panjang 1.935 mm dan lebar 740 mm.


Fitur Semaxin Canggih

Performance Damper mengoptimalkan pengendalian dan kestabilan.


NMAX Neo dibekali fitur-fitur unggulan seperti Y-Connect, Electric Power Outlet, Big Luggage (25 liter), Stop & Start System juga MAXi Comfort Seat.


Khusus varian Neo S mendapat imbuhan fitur Smart Key System.  


Sementara NMAX “Turbo” selain semua fitur tersebut juga ketambahan YECVT dan Traction Control System dan buat NMAX “Turbo” Tech Max yang merupakan varian tertinggi fiturnya makin lengkap lagi dengan imbuhan Dual Channel ABS System, Multi Infotainment Display With Y-Connect, TFT Navigation Display dan Special TECH MAX Seat. 


Nah dalam rangka 50th Anniversary, Yamaha Motor Indonesia menghadirkan Special varian hanya untuk pasar Tanah Air yaitu NMAX “Turbo” Tech Max Ultimate.


Harganya Rp45.250.000 dan yang membedakan varian ini adalah keberadaan chassis damper yang oleh Yamaha dinamai Performance Damper.


Perangkat ini diklaim dapat mengurangi vibrasi pada sasis sehingga aksi menikung, akselerasi jadi lebih halus yang ujung-ujungnya akan mengoptimalkan sisi pengendalian dan kestabilan berkendara. 


Performa Semaxin Garang

Tombol Y-Shift dengan tiga tingkatan.


NMAX Neo dan NMAX “Turbo” menggunakan mesin Blue Core generasi ketiga yang memiliki beberapa perbedaan dari mesin Blue Core sebelumnya seperti penggunaan hydraulic tensioner, jalur oli dan camshaft baru juga crankshaft dan magnet yang lebih ringan.


Diaplikasinya teknologi hydraulic tensioner membuat vibrasi mesin berkurang dan suara mesin lebih halus.


Sementara jalur oli baru membuat crankcase di NMAX “Turbo” dan NMAX Neo berbeda dengan versi 2019.


Die casting alumiunium silicon, mirror bore cylinder serta dudukan stasioner berbeda  sementara spesifikasi piston yang berbobot 80,8 gram, dengan diameter 58 mm dan tinggi 33,1 mm masih sama dengan sebelumnya.


Desain camshaft di NMAX ‘Turbo” baru, minim gesekan.


Kelebihan itu diraih dengan mengubah posisi dowel pin dan perubahan pada struktur poros cam.


Selain itu profil lebar pelatuk IN jadi 28,000 mm (“Turbo”) dan 28,020 mm (NEO)


Selain itu crankshaft assy dimensinya juga berubah, lebih ringan dan balance.


Lebar crankshaft di NMAX “Turbo” 301,4 mm di NEO 277,8 mm sebelumnya 283,8 mm (2019).


Perubahan juga menjamah rotor assy.


Berubahnya dimensi lebar menjadi 43,75 mm dari 44,2 mm membuat bobotnya terpangkas dari 1.250 gram jadi 1.130 gram.


Dikawinkan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), memang tenaga maksimal dari mesin Blue Core generasi ketiga ini masih sama dengan versi 2019 yakni 11,3 kW atau 15,15 DK/8.000 rpm sementara torsinya naik sedikit dari 13,9 Nm/6.500 rpm menjadi 14,2 Nm/6.500 rpm.


Untuk memaksimalkan performanya, di NMAX “Turbo” Yamaha membekalinya dengan mode berkendara; T (Town Commuting)  untuk penggunaan saat berkendara di perkotaan dengan kondisi jalan stop & go, gaya berkendara smooth dan eco riding. Lalu S (Sport Touring) saat membutuhkan akselerasi lebih cepat atau perjalanan luar kota.


Kedua pilihan mode tersebut beda mapping pengapian dan durasi injeksi bahan bakar.


Semua itu disempurnakan oleh kehadiran sensasi turbo yang disodorkan Yamaha Electronic Continuolsy Variabel Transmission (YECVT).


Mengenai YECVT akan OTOPLUS-ONLINE bahas terpisah.


Hasilnya NMAX terbaru ini memang lebih garang di semua parameter pengetesan:


Standing acceleration

NMAX terbaru unggul di semua parameter pengetesan dibandingkan pendahulunya.


0-50 meter, NMAX “Turbo” dapat berakselerasi hanya dalam 4,57 detik dengan kecepatan 62 km/jam sementara NMAX 2019 mencatatkan waktu 4,71 detik dengan kecepatan 59 km/jam


0-100 meter, NMAX “Turbo” dapat berakselerasi hanya dalam 7,2 detik dengan kecepatan 76 km/jam sementara NMAX 2019 mencatatkan waktu 7,43 detik dengan kecepatan 72 km/jam


0-200 meter, NMAX “Turbo” dapat berakselerasi hanya dalam 11,56 detik dengan kecepatan 90 km/jam sementara NMAX 2019 mencatatkan waktu 11,93 detik dengan kecepatan 86 km/jam


Passing acceleration dari kecepatan 50 km/jam

0-50 meter, NMAX “Turbo” dapat berakselerasi hanya dalam 3.01 detik dengan kecepatan 70 km/jam sementara NMAX 2019 mencatatkan waktu 3,05 detik dengan kecepatan 68 km/jam


0-100 meter, NMAX “Turbo” dapat berakselerasi hanya dalam 5,41 detik dengan kecepatan 80 km/jam sementara NMAX 2019 mencatatkan waktu 5,51 detik dengan kecepatan 78 km/jam


0-200 meter, NMAX “Turbo” dapat berakselerasi hanya dalam 9,58 detik dengan kecepatan 92 km/jam sementara NMAX 2019 mencatatkan waktu 9,81 detik dengan kecepatan 89 km/jam.


Teks & foto : Nugroho Sakri Yunarto




Kommentare


bottom of page