top of page
  • Gambar penulisEditor

Tim Apatte Elang Perkasa Unibraw Malang Siap Ikuti Shell Eco-marathon 2022 di Mandalika

Kirimkan Marsela EV bertenaga baterai Lithium Ion dan Anagata FCV berbahan bakar hidrogen.

OTOPLUS-ONLINE I Tim Apatte Elang Perkasa dari Universitas Brawijaya Malang akan mengirim dua tim perwakilannya dalam kompetisi mobil hemat energi berskala internasional, Shell Eco-marathon 2022 yang akan digelar pada 11-15 Oktober 2022 mendatang di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.


Dalam kategori UrbanConcept, Tim Apatte Elang Perkasa 1 akan mengirim kendaraan yang diberi nama Marsela EV. Kendaraan ini ditenagai baterai Lithium Ion dan chasis berbahan aluminium.


Berdasarkan hasil terbaik test drive pada Shell Eco-marathon Asia sebelumnya, kendaraan Marsela EV mampu mencatatkan rekor hingga 149,49 km/Kwh.


Selain itu, tim mahasiswa Universitas Brawijaya Malang juga akan mencatatkan sejarah baru dengan menghadirkan mobil prototype hidrogen Anagata FCV.

Mobil Anagata FCV dikembangkan dengan menggunakan bahan bakar hidrogen yang diharapkan akan menjadi bahan bakar masa depan.


“Kami telah menantikan Shell Eco-marathon 2022, agar dapat menunjukkan komitmen inovasi kami dalam menciptakan mobil hemat energi,” kata Heaven Josiah Harvan, Team Manager Apatte Elang Perkasa 2.



"Di kompetisi ini, kami akan mengikutsertakan mobil hasil riset terbaru kami, yaitu prototype fuel-cell hydrogen," lanjut pria yang saat ini berkuliah di jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya.


Turut disampaikan bahwa Tim Apatte Elang Perkasa 2 yang akan bertanding dalam kategori prototype ini juga mengembangkan teknologi yang mengedepankan aspek keberlanjutan dalam desain dan spare part kendaraan.


Selain itu, mereka juga menggunakan chasis berbahan karbon fiber dengan berat kendaraan 54 kilogram.

“Kami berupaya menjadi bagian dari masa depan energi yang lebih bersih di Indonesia dan dunia, serta melakukan aksi nyata dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global melalui inovasi teknologi kendaraan kami.

Walaupun ini akan menjadi kali pertama kami berkompetisi di kelas ini, kami akan berusaha semaksimal mungkin menampilkan performa terbaik kami,” tambah Heaven.


Sebagai informasi, Shell Eco-marathon 2022 merupakan bentuk dukungan Shell untuk mendorong penggunaan energi lebih bersih di masa depan.


Kompetisi ini menantang peserta untuk merancang dan membuat kendaraan hemat energi yang dapat menempuh jarak terjauh dengan penggunaan bahan bakar paling efisien.



Seperti yang disampaikan Susi Hutapea, Deputy Country Chair dan Vice President Corporate Relations Shell Indonesia.


"Kami berharap berbagai inovasi yang diciptakan mahasiswa peserta Shell Eco-marathon dapat menjadi solusi bagi mobilitas masa depan yang lebih hemat energi dan rendah emisi,” tutur Susi Hutapea.


Teks: Indramawan


bottom of page