top of page
  • Gambar penulisEditor

Tips Merawat Cat Dof Agar Lebih Awet

Secara alamiah cat dof lebih cepat terlihat kusam dibandingkan cat glossy.

Motor-motor Yamaha dengan pilihan cat dof membuat tampilan terlihat elegan dan modern


OTOPLUS-ONLINE I Tren cat dof makin marak. Semua brand motor saat ini menghadirkan pilihan warna cat tak mengilap tersebut.


Produk-produk Yamaha contohnya, mulai tipe sport sampai matik low end punya pilihan warna dof. Dengan balutan cat dof, tampilan motor dapat terlihat modern, elegan sekaligus agresif juga selaras dengan garis desain bodi kebanyakan motor saat ini.


Tetapi ada yang perlakuan khusus yang perlu diperhatikan. “Secara alamiah cat dof akan lebih cepat terlihat kusam dibandingkan cat glossy,” ungkap Suhabbudin, pemilik salon S-Kid autodetailing di Letjen S.Parman No.99, Malang, Jawa Timur.



Hal itu dikarenakan permukaan cat dof yang berpori kasar sehingga mudah membuat debu mudah menempel yang menyebabkan tampilannya terlihat kusam.


Oleh karena itu melakukan pencucian pada bodi perlu diagendakan secara rutin agar tampilan motor selalu terjaga.

Gunakan sampo khusus untuk kendaraan


“Untuk sampo bisa menggunakan sampo seperti yang dipakai untuk mencuci cat dengan permukaan glossy,” tukas Rizky Firmansyah, pemilik salon mobil perorangan yang memiliki layanan home service di 081939316202.


“Musuh utama cat, terutama jenis cat dof yaitu matahari dan air hujan,” sambung Suhab. Sinar terik matahari akan mempercepat kusamnya cat sementara air hujan berpotensi membuat waterspot yang sulit dihilangkan apabila tidak segera dibersihkan.



“Untuk menghilangkan waterspot bisa menggunakan alkohol atau jika terlalu parah gunakan obat jamur,” kiat Firman.

Hindari penggunaan wax untuk cat glossy pada permukaan cat dof


Lalu bagaimana menjaga agar permukaan cat tetap awet? Caranya bisa dengan melakukan pemolesan. “Syaratnya hindari jenis wax yang abrasif atau yang diperuntukkan untuk cat jenis glossy karena wax jenis ini dapat membuat permukaan cat dof terkikis,” pesan Firman.


Pastikan menggunakan wax khusus untuk cat dof yang saat ini sudah banyak dijual di marketplace. Cara lain, “Bisa dengan melakukan coating. Cara ini membuat permukaan cat dof terjaga lebih lama. Obat coating yang dipilih tentunya yang diperuntukkan khusus untuk cat dof,” ujar Suhab.


Jadi, siap punya motor bercat dof?


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page