top of page
  • Gambar penulisEditor

Tips Persiapan Agar Liburan Tahun Baru Aman dan Menyenangkan

Lakukan pemeriksaan kendaraan untuk memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga.
Buat yang akan melakukan roadtrip salah satu yang wajib menjadi perhatian adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan roadtrip tahun baru.

OTOPLUS-ONLINE I Libur tahun baru akan segera tiba, dan jika Anda berencana menikmati momen libur tahun baru sebaiknya persiapkan segala keperluan dengan matang agar momen liburan bersama keluarga atau sahabat semakin menyenangkan dan sesuai rencana. Mumpung masih awal bulan nih!


Buat yang akan melakukan roadtrip salah satu yang wajib menjadi perhatian adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan roadtrip tahun baru. Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, kamu bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan.


Oleh karena itu sebelum memulai roadtrip, untuk memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga lakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh meliputi: 


Kondisi dan Kelayakan Mesin untuk Memastikan Performa Kendaraan Optimal 

Selain memeriksa volume oli melalui dipstick, amati apabila ada tanda rembesan atau kebocoran oli.

Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cek kondisi mesin secara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oli. Pastikan level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum. Lewat oli juga kita dapat mengetahui kondisi bagian dalam mesin, apabila tak lagi terlihat bening artinya oli sudah terkontaminasi oksidan yang mengurangi kemampuannya dalam melumasi komponen-komponen mesin.


Kelistrikan

Waspadai jika usia aki sudah lebih dari 2 tahun.

Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter.


Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, untuk yang masih mengadopsi aki tipe basah, lakukan pemeriksaan volume dari air aki.


Untuk aki tipe Maintenance Free atau kering, sebaiknya cek tegangan aki. Pastikan tidak berada di bawah 12,6 Volt, pasalnya apabila sudah ada di bawah angka itu artinya aki tidak mampu menyuplai daya untuk menghidupkan mesin sehingga potensi mogok mendadak semakin besar.


Ban dan Rem

Selain tekanan dan kondisi tapak, usia ban juga sangat mempengaruhi faktor keselamatan. Jika usia ban sudah mendekati 5 tahun meski tapaknya belum menipis sebaiknya diganti karena karetnya mulai getas.

Pada perjalanan jauh ini, rem akan bekerja lebih keras imbas pengereman pada kecepatan tinggi atau jalan menurun dengan beban yang umumnya lebih berat. Karenanya, penting untuk melakukan pengecekan kampas rem, rotor, juga volume minyak rem. Jangan tunda untuk melakukan penggantian bila diperlukan karena menyangkut keselamatan seluruh penumpang. Pastikan juga tekanan ban sesuai dengan panduan yang terpampang pada label rangka pintu pengemudi . Selain tekanan ban, amati juga ketebalan tapak ban dengan mengacu Tread Wear Indicator (TWI) yang terdapat di dinding ban.


Kaki-kaki

Kenyamanan berkendara sangat ditentukan dengan kesehatan komponen kaki-kakinya.

Konstruksi kaki-kaki mobil modern semakin kompleks selaras dengan fungsinya yang memastikan kenyamanan dan keamanan penumpangnya. Satu komponen kaki-kaki akan terkait dengan komponen lainnya oleh karenanya jika muncul bunyi-bunyi yang tidak wajar, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk menghindari kerusakan yang terjadi agar tidak menjalar ke komponen lain selain untuk mengantisipasi berbagai kondisi jalan yang akan dihadapi. 


Jika dirasakan setir bergetar atau arah laju kendaraan tidak sinkron dengan posisi lingkar kemudi atau juga ban aus tidak rata itu petunjuk kalau kalian perlu melakukan proses balancing dan spooring. Balancing untuk memastikan keseimbangan roda ketika berkitir, sementara spooring merupakan langkah penyelarasan lewat penyetelan sudut camber, toe dan caster.


Perlengkapan Darurat untuk Mengantisipasi Situasi di Luar Dugaan

Bengkel resmi memiliki layanan pemeriksaan menyeluruh untuk persiapan perjalanan jauh.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan, pastikan kamu menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, baik untuk mengantisipasi kondisi tidak mengenakkan terhadap kendaraan maupun anggota keluarga.


Beberapa perlengkapan darurat yang perlu tersedia di antaranya adalah segitiga pengaman, perangkat pemadam api, dan P3K.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comentários


bottom of page