top of page
  • Gambar penulisEditor

Tips Poles Headlamp Kusam Sendiri agar Bening Kembali ala Salon Mobil

Kalau dihitung, bahan yang digunakan enggak lebih dari Rp 30.000.

OTOPLUS-ONLINE I Sejak awal tahun 2000, headlamp dengan lensa plastik jamak digunakan. Selain ringan, headlamp dengan lensa plastik juga lebih murah dan mudah diproduksi mengikuti desain mobil-mobil masa kini yang semakin atraktif.


Kekurangannya, lensa plastik tidak seawet lensa kaca. Seiring bertambahnya usia, lensa plastik akan kusam, biasanya terlihat menguning.



Hal itu terjadi pada mobil-mobil berusia di atas 5 tahun. Selain karena panas dari dalam ruang reflektor kusam utamanya disebabkan oleh proses oksidasi yang dialami permukaan luar lensa headlamp.


Apabila dibiarkan, selain tak menarik dilihat, kemampuan pencahayaan dari lampu akan menurun. Solusi mudah adalah dengan mengganti headlamp. Kendalanya harga headlamp tidak murah. Sebagai contoh, harga headlamp Suzuki Ertiga 2012-2016 orisinal yang dijual pada kisaran Rp 845 ribu.



Rizky Firmansyah, punggawa Firman Detailing yang punya layanan home service mengatakan, sebenarnya kaca lampu mobil yang menguning bisa dipulihkan lagi menggunakan proses seperti halnya body repair.

"Sebelumnya siapkan dulu bahan-bahannya yaitu amplas semi halus 600, amplas halus 1000, kompon putih, kain woll, busa spon dan obat poles," kata Rizky Firmansyah.


Kalau dihitung gak lebih dari Rp 30.000. Berikut langkah pengerjaannya.

Basahi permukaan headlamp yang menguning dengan air lalu gosok pakai amplas 600, jangan terlalu ditekan, gosok perlahan saja sampai permukaan yang teroksidasi pupus.

Lanjutkan dengan amplas 1000 untuk menghaluskan sisa gosokan dari amplas 600. Agar maksimal, lanjut gosok headlamp dengan kain dan kompon, lap sisa kompon


Sebagai langkah pamungkas, gosok kembali permukaan headlamp namun kali ini menggunakan kain wol yang diberi obat poles. Silakan pakai obat poles merek apa saja seperti 3M, Meguiars, Sonax, Kit, Ultimate dan lain-lain.

Walau tidak sesempurna kondisi saat baru, setidaknya permukaan headlamp tak lagi menguning. Selain kemampuan pencahayaan lebih baik juga enak dilihat.

Bandingkan saja antara headlamp yang belum dipoles dan sudah dipoles ini. Kalau kalian ragu silakan kontak Firman Detailing di 081939316202 untuk berkonsultasi atau menanyakan layanan poles home service.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page