• Editor

Toyota Rush dan Daihatsu Terios Langka Karena PPNBM Nol Persen, Suzuki XL-7 Jadi Alternatif?

Unit tidak ready stock, sehingga harus rela inden, namun jika unit diterima setelah 31 Agustus 2021, tidak akan dapat PPNBM 0%.

Suzuki XL7 bisa saja jadi alternatif pengganti All New Daihatsu Terios atau All New Toyota Rush untuk segmen Low SUV di rentang harga Rp 250 juta


OTOPLUS-ONLINE I Untuk membantu pemulihan ekonomi, pemerintah mendorong tingkat konsumsi masyarakat dengan mengeluarkan kebijakan relaksasi pajak di sektor otomotif berupa pembebasan PPNBM menjadi 0%.


Kebijakan yang berlaku sejak Maret 2021 hingga akhir Agustus 2021 ini berdampak pada terpangkasnya harga jual pada setidaknya 21 model yang memiliki kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc dan 8 model mobil berkapasitas mesin 1.500-2.500 cc.

Baca juga: Penjelasan Diskon 100% PPnBM DTP Diperpanjang Hingga Agustus 2021


Hal ini disambut positif masyarakat, ditunjukkan dengan penjualan mobil yang diklaim melonjak hingga 228 persen seperti yang diberitakan Kompas, 9 Juni 2021.


Sayangnya entah lantaran kurang antisipasi, saking tingginya permintaan atau bagian dari strategi perusahaan, saat ini beberapa model menjadi sulit didapatkan. Unitnya gak ready stock.


Baca juga: Varian Daihatsu yang Akan Terdampak Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)

Kalau tetap berminat harus rela inden meski tidak dapat dipastikan kapan akan menerima unitnya. Jika diterima setelah 31 Agustus 2021, otomatis tidak akan mendapatkan keringanan PPNBM 0%.

All New Daihatsu Terios kini sulit didapatkan


Seperti yang diutarakan Catur, warga Manukan, Surabaya. Ia berniat menebus Daihatsu Terios R AT sebagai ganti mobil lamanya. Tapi dari dua dealer Daihatsu yang dihubungi tidak dapat memastikan ketersediaan unitnya.

All New Toyota Rush juga tidak ready stock


Pilihan lantas dialihkan ke Toyota Rush G AT, hasilnya idem. Dua dealer yang juga dihubunginya memastikan kalau unit yang diinginkan tidak ready stock.

Robby Gunawan Goey, kepala cabang Asco Daihatsu Jemursari Surabaya mengatakan, “Semua tipa Terios banyak peminatnya. Untuk varian bertransmisi otomatis lebih susah dan lama mendapatkannya.”

Model bertransmisi otomatis lebih lama indennya


Senada dengan pernyataan Robby, Michael Hendro kepala cabang Daihatsu Sales Operation Waru Sidoarjo menuturkan, “Ada yang inden sejak bulan April, sampai saat ini belum mendapatkan unitnya.”

“Daripada gak dapat kepastian ketersediaan unitnya, akhirnya saya memindahkan pilihan ke Toyota Avanza Veloz 1.5 AT Lux,” tukas Catur dengan nada kecewa.


Baca juga: Komparasi Suzuki XL7 vs Daihatsu All New Terios (Bagian 1)


Sementara kalau menurut di rentang harga Rp 250 juta seperti yang diinginkan Catur, masih ada pilihan lain di kelas Low SUV yang tampilannya tidak kalah menarik, dan masuk dalam skema relaksasi PPNBM 0%.

Suzuki XL7 alternatif lain di kelas LSUV


Seperti Suzuki XL-7 varian Zeta AT yang dibanderol Rp 246,7 juta atau varian Beta yang harganya Rp 262,2 juta (OTR Surabaya). Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Dok. Otoplus-Online