• Editor

Trooper Indonesia Gelar Gathering ke-19 di Pantai Goa Cemara Jogjakarta

Diramaikan lebih dari 150 mobil Chevrolet Trooper dari berbagai varian dari berbagai kota di Indonesia.

OTOPLUS-ONLINE I Pada tanggal 1-3 Juli 2022 lalu, Komunitas Trooper Indonesia (KTI) sukses menggelar Trooper Indonesia Gathering ke-19. Event tahunan tersebut kali ini diadakan di Pantai Goa Cemara, Jogjakarta, Jawa Tengah. Istimewanya, jika biasanya pada acara komunitas para peserta dipungut biaya partisipasi maka ajang TIG 19 ini gratis!


Acara yang digelar selama 3 hari tersebut setidaknya diramaikan oleh lebih dari 150 mobil Chevrolet Trooper dari berbagai varian. Peserta yang hadir di acara TIG 19 kali ini tercatat ada lebih dari 250 orang. Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia.

Pihak pengelola Wisata Pantai Goa Cemara sudah menyiapkan lokasi bagi para keluarga yang berniat camping di Goa Cemara. Seluruh peserta mengaku senang lantaran bisa menikmati camping bersama anggota keluarga dan member dari chapter lain di lokasi tersebut.


Ferdians Reza Alviza, Ketua Umum KTI Nasional mengatakan jika konsep gratis kepada para peserta TIG ini baru pertama kali dilakukan. Konsep tersebut sengaja digagas demi membangkitkan semangat dan meringankan biaya peserta yang ingin mengikuti gelaran TIG ke-19.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Kisah 20 Tahun Lebih Bersama Si Polisi Hutan


"Kenapa gratis? Karena saya ingin membangkitkan semangat para pemilik Trooper untuk mengikuti acara ini setelah lama vakum akibat pandemi. Peserta yang hadir cukup membeli kaos kepada panitia saja sebagai modal mengikuti acara," ujar pria yang karib disapa Alvis.


Sepanjang pelaksanaannya, acara ini disisipi dengan beragam aktivitas menarik bagi seluruh peserta. Salah satunya adalah senam bersama, penanaman pohon di kawasan pantai Goa Cemara, pelepasan tukik, hingga makan malam bersama.

Achonk, Ketua Pelaksana TIG 19 mengaku jika acara tersebut berlangsung sukses dan meriah. "Ini kali pertama event TIG bisa digelar lagi dengan sukses dan meriah setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi. Banyak peserta yang merasa senang bisa merasakan aktivitas kembali bersama dengan KTI, apalagi event ini gratis," sambungnya.


Pada malam puncak di hari kedua, Alvis turut memberikan penghargaan berupa cinderamata kepada perwakilan chapter yang sudah hadir ke lokasi. Acara kemudian dilanjut dengan napak tilas oleh Founder KTI yang diisi oleh Ayah Nasiful, Pak Tono, dan Hanung Triwiyoso.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Berjasa Sukseskan PON XI Jakarta 1985


"Sebagai komunitas yang kental dengan rasa kekeluargaan, para peserta juga harus tahu bagaimana sejarah komunitas ini berdiri. Supaya ke depannya generasi penerus tetap ingat dan tahu tentang sejarah berdirinya Komunitas Trooper Indonesia," kata Ayah Nasiful.

Sebagai acara penutup, konvoi bersama dilakukan di hari Minggu pagi. Para rombongan segera berjejer melakukan sesi foto di tepi jalan sembari berpisah untuk melanjutkan perjalanan pulang ke chapternya masing-masing.


"Semoga ke depannya para pemilik Chevrolet Trooper tetap semangat untuk memelihara kendaraannya dan antusias mengikuti berbagai kegiatan yang digelar oleh KTI dimanapun. Semoga KTI semakin guyub dan maju lagi," tutup Alvis.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Trooper Indonesia