• Editor

Mesin Turbo Butuh Perlakuan dan Perawatan Khusus, Mitos atau Fakta?

Teknologi turbo pada mesin moderen sekarang ini lebih ditekankan pada tujuan penghematan bahan bakar, tanpa mengorbankan performa.

Mitsubishi New Pajero Sport mengusung mesin diesel 4N15 2.4L MIVEC dengan Turbocharged dan Intercooled yang ramah lingkungan, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 PS pada 3500 rpm, dan torsi 430 Nm pada 2500 rpm.


OTOPLUS-ONLINE I Mesin turbo sekarang ini banyak digunakan sebagai mesin standar mobil-mobil modern. Namun demikian, ada anggapan yang mengatakan mesin turbo butuh perlakuan dan perawatan khusus yang berbeda dengan mesin non turbo.


Anggapan ini memang fakta yang terjadi beberapa dekade silam. Pada waktu itu, mobil bermesin turbo harus ada perlakuan khusus. Untuk mematikan mesin saat parkir saja harus tunggu beberapa saat, karena harus menunggu piranti turbo sampai berhenti total.


Baca juga: New Daihatsu Rocky 1.0 TC CVT Ini Kami Tes di Tanjakan, untuk Jawab Keraguan Banyak Orang


Itulah kenapa, muncul keyakinan bahwa mesin turbo butuh perlakuan dan perawatan khusus adalah fakta. Tapi bagi sebagian orang yang paham dengan teknologi turbo pada mesin mobil modern sekarang, akan menganggap hal tersebut adalah mitos.


Ya, zaman telah berubah. Pabrikan mobil sudah mengatasi permasalahan tersebut, sehingga mobil dengan turbo sekarang ini dapat bekerja seperti mobil lainnya.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!

Mitsubishi New Pajero Sport mengusung mesin diesel kapasitas 2.4L yang bertenaga dan ramah lingkungan dengan Variable Geometry Turbo, sementara Eclipse Cross mengusung mesin bensin kapasitas 1.5L dengan teknologi Direct Injection Turbocharged


Dari website resmi Mitsubishi Motors didapat informasi, bahwa saat ini, teknologi turbo pada mesin mobil lebih ditekankan pada tujuan penghematan bahan bakar, tanpa mengorbankan performa mobil tersebut.


Artinya mobil dengan mesin 2.000cc tanpa turbo akan setara tenaganya dengan mobil bermesin 1.500cc turbo.

Paling penting, mobil 1.500cc turbo ini pastinya akan lebih irit bahan bakar dari mobil non turbo.


Baca juga: Begini Lho Performa Ayla Turbo Sesungguhnya


Kenapa bisa begini, sebab fungsi piranti turbo adalah memanfaatkan aliran udara panas dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.


Udara dari turbo tersebut didinginkan lewat intercooler, sebelum dikirim ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya, selain dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

Kapasitas mesin Eclipse Cross diminimalkan 1.5L atau 1.500cc bertujuan untuk efisiensi bahan bakar. Namun berkat teknologi Direct Injection Turbocharged membuat torsi lebih bertenaga pada putaran mesin (rpm) rendah hingga menengah


Sebagai perbandingan, mesin non turbo hanya mengandalkan kevakuman di dalam ruang mesin untuk menarik udara masuk ke dalamnya. Sehingga hasilnya tidak sepadat udara yang didorong oleh turbo. Begitu penjelasan dari pihak Mitsubishi Motors.


Selain itu juga dijelaskan, bahwa sebenarnya perawatan mobil bermesin turbo sekarang ini sama dengan mesin mobil lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini:


Periksa dan ganti oli mesin secara rutin

Sama seperti mobil pada umumnya, pemeriksaan oli mesin di mobil dengan turbo ini sangat diperlukan. Perhatikan juga spesifikasi oli mesin yang dianjurkan oleh pabrikan mobil.


Jangan sampai terlewat untuk mengganti oli mesin, karena piranti turbo ini sangat membutuhkan kualitas oli yang sangat baik untuk melumasi bagian-bagian penting di dalamnya.


Gunakan bahan bakar yang tepat

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga sangat dianjurkan bagi mobil bermesin turbo. Seperti diketahui, bahan bakar yang sangat dianjurkan pada mobil masa kini yaitu dengan kadar oktan di atas 92. Kenapa begitu?


Karena jika menggunakan oktan yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan, maka sistem pembakarannya akan lebih sempurna.


Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil akan lebih meningkat dan lebih irit bahan bakar.

Bagi pemilik mobil Mitsubishi, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima


Rajin bersihkan filter udara

Kinerja mesin turbo ini sangat ditentukan dari masuknya pasokan udara ke dalam mesin. Untuk itu sebaiknya Anda harus rajin membersihkan saringan udara ini. Jika sampai saringan udara kotor maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal.


Teks: Indramawan

Foto: Mitsubishi-Motors